Ingin mudah dan cepat untuk membuat tampilan wordpress, dibutuhkan template atau theme yang sangat bagus dan bisa kamu gunakan agar situs yang kamu punya terlihat lebih menarik. namun bagaimana jika template atau theme tersebut premium atau hanya bisa didownload jika kamu membayar sejumlah uang ke pembuatnya, ini mungkin hal yang akan membuat kamu berpikir 2x apalagi theme tersebut cukup mahal untuk kita nikmati.

Memang, tidak semua theme atau template wordpress yang kita gunakan cocok untuk digunakan pada situs yang kamu kelola. terlebih lagi jika kebutuhannya sangat banyak, mungkin theme atau template framework yang akan kamu gunakan dan pastinya itu berbeda dengan theme atau template wordpress yang sudah jadi.

Apa jenis situs kamu ?

Untuk memilih theme atau template dibutuhkan sedikit informasi tentang apa yang kamu buat pada situs yang kamu kelola, situs berbasis wordpress memiliki jenis yang berbeda - beda seperti contohnya : Blog, Megazine, Community, eCommerce, Photo Gallery dan masih banyak lagi yang tidak bisa dijelaskan satu - satu dalam artikel ini.

Seluruh theme atau template yang dibuat pasti memilih jenis dan kegunaannya sendiri - sendiri, maka dari itu sebelum kamu membeli atau memilih pastikan konsep dari situs kamu sama dengan konsep yang ada di template yang kamu pilih.

Tapi bagaimana jika situs saya memiliki konsep yang banyak ?

Kegalauan terjadi jika seluruh konsep sebuah website menumpuk jadi satu situs, seperti contohnya kamu membuat situs yang berisi Megazine, eCommerce, Q&A, dan lain sebagainya ini akan membuat anda tambah bingung lagi dalam memilih template atau theme.

Disini saya sarankan untuk menggunakan template framework atau template yang setengah jadi, template framework ini seperti salah satu produk bongkar - pasang layaknya mainan lego. pada template ini kalian diberikan beberapa module yang sangat berguna untuk memodifikasi tampilan situs anda agar terlihat lebih baik, namun tidak semua template framework bisa begitu.

ada beberapa template framework yang tidak menyertakan pengaturan UI untuk melakukan itu secara instan, ada yang menggunakan full codding atau ada juga yang bisa membuat ini itu dengan pilihan menu.

Berapa anggaran untuk menggunakan template tersebut ?

Pada poin ini kita harus bisa memilih template apa yang cocok untuk situs kita tapi tidak membuat dompet kita kempes layaknya ban motor, anggaran mungkin menjadi salah satu opsi harus diperhatikan karena jika anda memilih template yang salah maka rugilah kita :D.

Namun bagaimana jika template tersebut gratis ?, ohh ini juga harus diperhitungkan karena pasti kita akan mengubah tampilannya dan sudah dipastikan kita akan menambah anggaran yang lebih besar jika server tidak kuat menjalan template yang kita gunakan.

Jadi sebelum kamu menggunakan sebuah template, ukur dahulu apakah template tersebut berat untuk digunakan pada hosting anda atau tidak. jika tidak kuat maka gunakanlah VPS atau Dedicated Server, namun jika tidak kuat lagi maka anda harus ganti ke template yang lain.

Carilah Template yang SEO Friendly

Ya SEO, salah satu lauk paling dicari - cari dalam dunia website. SEO bisa dianggap nasi dari sebuah makanan, karena tanpa adanya SEO Friendly maka kalian akan cukup kesulitan dalam memancing pengunjung dari mesin pencari yaitu si mbah.

Back to topic, SEO Friendly ini bukanlah sebuah plugins melainkan template yang bersahabat dengan mesin pencari. didalam SEO Friendly penggunaan code meta atau penggunaan schema dapat membantu mesin pencari untuk melakukan pendataan, seperti judul, konten yang terdapat didalamnya, sampai nama penulis dari artikel ini.

Tanpa adanya SEO Friendly mungkin kita akan kesulitan dalam memancing pengunjung untuk masuk ke situs wordpress yang kita buat, jadi cobalah untuk mencari template yang sudah SEO Friendly dan pastikan itu tidak menyalahi aturan dari si mbah.

Template anda harus User Friendly

Dan yang terakhir dari beberapa poin diatas adalah template anda harus bersahabat dengan pengunjung, jangan biarkan ada banyak iklan melayang - layang sehingga menutupi konten yang ada di blog.

Template yang User Friendly ini adalah template yang sangat susah untuk dicari, bahkan keberadaannya sangat langka dan hanya bisa dibuat oleh orang yang berpengalaman pada bidangnya. Template yang User Friendly adalah sebuah Template yang sangat mudah digunakan oleh Pengunjung sehingga bukan tidak mungkin pengunjung tidak akan kesusahan untuk bernavigasi pada blog anda.

Anda tidak perlu template yang menggunakan banyak gambar, anda juga tidak perlu menggunakan template yang terlalu modern, cukup gunakan template yang sederhana tapi terlihat modern dan mudah digunakan oleh teman anda sendiri.