Kemarin saya sempat memposting mengenai apa itu konsep User Generated Content pada sebuah Website, kali ini saya akan kembali mengulas tentang User Generated Content pada platform Wordpress.

Wordpress sebenarnya juga bisa dibuat untuk menjadi situs User Generated Content, hanya saja kamu harus menggunakan cara tersendiri mulai dari menggunakan code dalam sebuah halaman atau menggunakan plugins dalam Wordpress.

Karena tidak semua orang dapat mengerti cara mengutak - atik code secara keseluruhan, disini saya ingin berbagi plugins - plugins apa saja yang bisa kamu gunakan untuk mendukung pembuatan website wordpress dengan konsep UGC atau User Generated Content ini.

1. WP User Front End

screenshot-11

[button color="" size="" type="" target="" link="https://wordpress.org/plugins/wp-user-frontend/"]Klik untuk mendownload / melihat info[/button]

Salah satu plugins Powerfull yang dikembangkan oleh Tareq Hasan ini merupakan salah satu plugins yang benar - benar mendukung fungsi User Generated Content, selain memiliki kemampuan untuk melakukan posting di luar back-end atau di front-end plugins ini mampu memanage pengguna bahkan terdapat halaman edit profile pada halaman front-end.

Plugins ini terdiri dari dua versi yang diantaranya adalah versi free yang dapat kamu download dari situs Wordpress atau versi berbayar yang memiliki beberapa kelebihan User Login, Custom Registration Form dan lain sebagainya.

2. BuddyPress Simple Front End Post (BuddyPress Plugins)

buddypress-simple-frontend

[button color="" size="" type="" target="" link="http://buddydev.com/plugins/bp-simple-front-end-post/"]Klik untuk mendownload atau melihat info[/button]

Selain plugins WP User Front End ada juga plugins yang lain seperti BuddyPress Simple Front End, yang membedakan dari kedua plugins diatas adalah dari persyaratannya dimana WP User Front End tidak membutuhkan plugins lain namun BuddyPress Simple Front End sudah jelas membutuhkan plugins BuddyPress.

Namun saya akui plugins ini bisa dijadikan pilihan alternatif jika ingin merasakan fitur WP User Front End dengan menggunakan BuddyPress. karena plugins ini berintegrasi dengan BuddyPress tanpa adanya hambatan apapun, plugins ini bisa menggantikan WP User Front End versi berbayar.

Namun disetiap plugins pasti ada kekurangannya yaitu halamannya menyatu dengan BuddyPress atau plugins ini tidak bisa ditempatkan di halaman yang tidak ada hubungannya dengan BuddyPress.

3. Frontend Publishing

frontend-publishing-pro

[button color="" size="" type="" target="" link="https://wordpress.org/plugins/front-end-publishing/"]Versi Free[/button] [button color="" size="" type="" target="" link="http://codecanyon.net/item/frontend-publishing-pro/8517990"]Versi Premium[/button]

Frontend Publishing merupakan plugins yang dibuat oleh khaxan yang memiliki fungsi yang sama seperti plugins - plugins yang sebelumnya saya sebutkan, pada awalnya saya mengira bahwa plugins ini hanya tersedia dalam versi premium atau berbayar. namun setelah diselidiki ternyata versi free dari plugins buatannya ternyata sudah ada tetapi plugins tersebut hanya mendapatkan update pada tahun lalu dan tidak ada update terbaru untuk Wordpress 4.3.1 (Wordpress versi Terbaru).

Plugins Frontend Publishing ini sangat cocok untuk kamu yang menginginkan seluruh aktivitas yang berhubungan dengan artikel baik itu post, edit, sampai delete, ataupun save as draft. Plugins ini sangat membuat saya terpukau bahkan saya sendiri menggunakannya di situs ini pada bagian halaman Kirim Artikel.

Harganya yang murah dari WP User Frontend yaitu sekitar Rp. 229500 atau $17 maka kalian bisa mendownloadnya secara bebas dan menggunakan plugins tersebut dengan lancar.

Hebatnya Frontend Publishing ini juga mendukung penggunaan bbPress untuk mengirim thread baru bahkan ini bisa melebihi fitur WP User Frontend jika ditandingkan fitur - fitur yang sejenis.

Plugins ini sangat saya rekomendasikan bagi kamu yang ingin menekuni website wordpress dengan konsep UGC karena ini sangat murah dan mudah untuk digunakan.

Bagaimana apakah kamu sudah memilih plugins yang tepat untuk situs wordpress kamu ?, usahakan jangan salah memilih sebelum menyesal di kemudian hari.