UGC atau kepanjangan dari User Generated Content merupakan salah satu konsep website yang memiliki cara untuk populer dengan memperbolehkan seluruh pengunjung atau anggotanya berkontribusi dalam membuat sebuah content, cara kerja UGC hampir mirip seperti Sosial Media yang kita kenal saat ini.

Menggunakan konsep UGC dalam sebuah website bukanlah hal yang mudah karena kita melibatkan pengunjung atau anggota sebuah komunitas atau situs untuk membuat sebuah konten di website yang anda kelola.

wikipedia.com adalah salah satu contoh situs besar yang menggunakan konsep UGC untuk memperkaya content yang dimiliki, UGC lebih menekankan pengguna front-end daripada back-end karena menggunakan back-end hanya membuat pengguna kebingungan dalam membuat konten.

Selain wikipedia.com ada juga website besar lainnya yang menggunakan UGC dengan media lainnya seperti youtube.com yang memperbolehkan penggunanya untuk mengupload dan mempublikasikan videonya dalam situsnya.

Keuntungan User Generated Content ?

Konsep User Generated Content ini memiliki banyak keuntungan yang dapat menyebabkan datangnya trafik dari seluruh penjuru mesin pencari, nah jika kamu ingin menggunakan konsep User Generated Content maka kamu akan mendapatkan beberapa keuntungan diantaranya :

  1. Sebagai admin kamu tidak perlu lagi menyewa penulis atau pembuat content yang handal untuk memperkaya content dalam website, karena dengan adanya UGC kamu bisa mendapatkan banyak content dari seluruh pengguna kamu meskipun keuntungan ini terjadi jika website kamu memiliki banyak pengguna.
  2. Dengan adanya User Generated Content maka kamu dapat dengan mudahnya untuk merekrut seseorang yang sering aktif dalam membuat content untuk menjadi penulis professional versi website kamu.
  3. Memudahkan admin ketika kamu membuat sebuah event dengan perlombaan membuat konten, karena data - data mengenai penulis adalah asli milik si pembuatnya.

Kekurangan User Generated Content ?

Disamping ada keuntungan pasti ada sedikit kekurangan dari penggunaan konsep User Generated Content ini yaitu :

  1. Pembuatan website UGC lebih menekankan pada bagian Front-End bukan Back-End, buatlah sebuah interface dan fungsi - fungsi pendukung yang menurutmu simple dan mudah dimengerti atau dioperasikan.
  2. Konten SPAM mungkin akan lebih banyak lewat namun ini sangat jarang terjadi.
  3. Butuh banyak team untuk memonitoring aktivitas UGC agar tidak menyalahi seluruh peraturan yang telah dibuat.
  4. Banyaknya anggota yang terdaftar dalam website kamu menjadi faktor suksesnya User Generated Content berjalan.
  5. Butuh biaya besar jika penggunaan User Generated Content ini besar atau banyak yang menggunakan fitur ini dalam website kamu.

Kesimpulan

Menggunakan konsep User Generated Content pada website kamu bukanlah hal yang salah dan hal yang mudah untuk diterapkan, karena komunitas dalam sebuah website akan menjadi faktor utama keberhasilan User Generated Content dan siapa tau website kamu populer karena konsep ini.

Bagaimana apakah kamu punya bayangan dengan konsep pembuatan website yang satu ini ?.