Menurutmu bagusan server Singapore, Indonesia, atau Amerika Serikat untuk dijadikan lokasi data centre untuk situs yang kamu kelola ?, mungkin diantara mereka memiliki jawaban yang berbeda-beda dan sudah pasti mayoritas memilih Singapore karena kecepatan datanya sangat kencang dibanding yang lain.

Namun server dengan data centre disingapore bukanlah sebuah pilihan yang baik jika tidak diimbangi oleh beberapa faktor yang mungkin menyebabkan beberapa pengunjung merasa terganggu, tapi ada yang bilang ke saya bahwa lebih mahal lebih baik namun belum tentu pelayanannya baik.

Berkaca dari pengalaman yang saya alami, saya juga pernah mencoba beberapa server dengan lokasi data centre yang berbeda-beda yaitu Indonesia, Singapore, sampai Amerika Serikat yang saat ini masih saya gunakan untuk menompang situs Kolombaru ini.

Kali ini saya ingin memberikan beberapa tips untuk memilik bagaimana mencari server yang tepat berdasarkan lokasi data centre, jadi mari kita ulas sekarang.

1. Melihat dari situs jenis apa yang dibuat

Why ?, karena setiap jenis situs memiliki spesifikasi yang berbeda-beda contohnya seperti situs Web Blog, situs portal berita, situs berupa layanan, situs forum diskusi dan lain sebagainya sehingga kalian pun akan bingung jika tidak mengerti.

Bagi situs berupa layanan baik itu layanan video streaming, portal download, maupun radio online. lebih baik kalian memilih server lokal seperti Indonesia atau menggunakan server luar negeri dengan jangkauan yang tidak jauh dari Indonesia seperti Singapore. namun sangat disarankan untuk menggunakan Server Indonesia, bukan karena koneksi datanya yang lemot namun jangkauan dari pengguna ke server cukup dekat jadi tidak perlu waktu banyak-banyak untuk mentransfer data.

Ingat ! kecepatan data berbanding lurus dengan jarak antara client (pengguna layanan) ke server, jadi jika kalian ingin membuka radio online di server luar mungkin saja pengguna akan mendapat kecepatan koneksi 50 Kbps/sec padahal di Indonesia sendiri kalian sudah mendapatkan kecepatan koneksi yang lebih dari itu.

Namun bagaimana untuk Web Blog atau Forum Diskusi ?, apapun jenis websitenya jika sifatnya tidak bersifat realtime atau streaming seperti Radio Online atau Video Streaming maka kalian bisa menggunakan data centre selain Indonesia untuk menekan biaya sewa server. Mungkin untuk server Indonesia memang memiliki harga yang relatif mahal, jadi jika website kalian kebanjiran pengunjung dari penduduk lokal maka kalian harus menggunakan Server Lokal.

Jumlah pengunjung juga biasanya menjadi masalah tersendiri, jadi lebih baik timbang jumlah pengunjungnya sebelum menggunakan server seperti VPS maupun Dedicated Server.

2. Darimana pengunjung berdatangan ?

Ini masih ada kaitannya dengan poin pertama, nah biasanya pengunjung menginginkan akses ke dalam sebuah situs itu cepat dan biasanya kalau prosesnya agak lambat maka ada kemungkinan pengunjung bisa pergi dalam waktu sekejap dan sudah pasti kita bakal kehilangan pundi - pundi keuntungan.

Ada mungkin yang tidak setuju dengan poin ini, namun kita lihat kaskus yang sudah memiliki server sendiri di Indonesia. mereka telah mengerti bahwa tujuannya terbangunnya situs tersebut untuk membuat sarana komunikasi antar penduduk Indonesia jadi bukan tidak mungkin poin ini menjadi sangat penting dibanding poin pertama.

Namun jika kalian menargetkan pengunjung luar Indonesia mungkin pilihan memilih server dengan data centre diluar Indonesia bukanlah hal yang buruk, karena setiap situs juga mempunyai target apakah kita mengkhususkan pengunjung dari Indonesia atau dari luar Indonesia itu tergantung dari kalian sendiri selaku admin dari sebuah situs.

3. Perhatikan biaya

Tips terakhir yang mungkin tidak kalah pentingnya dari poin sebelum - sebelumnya adalah berapakah anggaran yang kalian miliki untuk menompang situs yang kalian buat itu ?, terkadang ini yang membuat beberapa admin sebuah situs agak galau bahkan mulai berkonsultasi kepada mbah dengan keyword "saya harus pake si a atau si b ?"

Ya disini mungkin kita tidak mungkin mewajibkan kepada seluruh pemilik situs untuk menggunakan data centre Indonesia untuk situsnya, namun jika kalian sudah kepepet dan tidak ada lagi biaya tambahan untuk mempertahankan situs bisa jadi pilihan data centre Amerika Serikat menjadi pilihan terakhir.

Saya juga terkadang tidak mengerti dengan provider dalam negeri, padahal koneksi data sendiri namun ntah mengapa harganya mungkin lebih mahal dari Server Singapore. ya mungkin karena infrastruktur di negara kita belum begitu maju makanya harga data centre di Indonesia agak mahal dibanding yang lain.

Namun jika kalian bisa memanfaatkan situs yang susah payah anda bangun untuk mendapatkan keuntungan, maka tidaklah salah untuk menggunakan server yang lebih bagus bahkan server dengan data centre yang tidak jauh - jauh dari wilayah kita.

Bagaimana apakah artikel ini sudah cocok untuk dijadikan referensi pada saat kalian ingin memutuskan untuk memilih Server A daripada Server B ?.

Keputusan tetap ditangan kamu.