Setiap orang pasti menginginkan sebuah pembaruan seperti fitur, penutupan celah keamanan, ataupun lain sebagainya pada sebuah update terbaru pada setiap software yang ada. namun bagaimana jika baru - baru ini Wordpress mulai melakukan kesalahan fatal yang menyebabkan beberapa situs berplatform Wordpress mati ditelan resource.

Baru - baru ini saya mendengar kabar bahwa Wordpress 4.3 memiliki performa yang sangat memakan banyak resource dan tak tanggung-tanggung situs Portal seperti WinPoin sempat down karena masalah ini, ya ini adalah masalah yang tergolong baru karena baru pertama kali terjadi dalam hidup saya setelah mulai berjalan menggunakan Wordpress.

Ya bug Cron Job pada file /wp-include/taxomony.php mengubah Wordpress menjadi lebih ganas untuk menambah cron job baru pada setiap menitnya, ini mungkin tidak berdampak besar pada situs berplatform Wordpress yang memiliki jumlah pengunjung sedikit namun ini menjadi masalah untuk jumlah pengunjung yang banyak bahkan ribuan.

Persiapan :

Untuk menambal bug ini kalian membutuhkan sedikit persiapan diantaranya :

  1. Koneksi Internet
  2. Akses kedalam server
  3. Berdoa

Proses penambalan bug

Karena file taxomony.php ini membuat masalah maka untuk menambalnya kalian perlu membuka file taxomony.php pada :

wp-includes/taxonomy.php

Pastikan kalian sudah membukanya, setelah kalian membukanya maka cari baris ke 4448 dengan code yang kurang lebih seperti ini :

wp_schedule_single_event( 'wp_batch_split_terms', time() + MINUTE_IN_SECONDS );

ganti seluruh baris code tersebut dengan code seperti ini :

wp_schedule_single_event( time() + MINUTE_IN_SECONDS, 'wp_batch_split_terms' );

Bersihkan Cron Event Database

Bug ini juga meninggalkan bekas yang memiliki dampak yang luar biasa sehingga penambalan bug saja tidaklah cukup untuk mengatasi masalah ini, untuk mengatasinya kalian harus menghapus seluruh data cron event untuk menghilangkan cron job tidak penting yang secara otomatis dibuat karena kesalahan penulisan code atau bug ini.

UPDATE wp_options SET option_value = '' WHERE option_name = 'cron'

Credits : Febian

Ini penting untuk pengguna hosting

Jangan sepelakan masalah yang sudah terlanjur diterima oleh pengguna Wordpress, ini dapat menyebabkan penutupan hosting karena pada setiap hosting ada beberapa yang memiliki kebijakan untuk membatasi jumlah cron job yang ada sehingga ini tidak akan membebani CPU Server untuk memproses data.

Bagaimana sudahkah kalian mengatasi hal ini ?