Dalam membuat sebuah website, pada umumnya si pendiri website tersebut memiliki tujuan kenapa dan mengapa website itu dibuat. selain itu juga ditujukan kepada siapa saja website tersebut dibuat ?, orang awam, orang biasa, orang lokal, atau orang interlokal ?.

Jawaban itu hanya kalian yang mengetahuinya, kita akan sedikit berbicara dengan tujuan dibuatnya website untuk orang lokal atau interlokal, banyak yang mengatakan bahwa situs yang kita akan buat dilirik oleh orang lokal saja namun terkadang itu bisa menjadi terbalik jika kalian tidak menerapkan suatu penargetan internasional yang sudah ditetapkan oleh google ini.

Apa itu penargetan internasional ?

Penargetan Internasional merupakan salah satu cara untuk menargetkan beberapa negara yang diprediksi akan mengunjungi situs yang kita buat, dengan adanya penargetan ini para pengunjung akan mendapatkan hasil pencarian yang relevan sehingga membuat jumlah pengunjung sedikit meningkat.

Jika pemiliknya bisa menggunakan fitur ini dengan baik, saya bisa memprediksi bahwa tidak akan ada orang selain orang lokal yang akan mengunjungi situs yang kalian buat. meskipun begitu memang masih saja ada yang dapat mengaksesnya, akan tetapi jumlah akses tersebut tidak sebanyak pengunjung lokal yang sering mengakses situs yang kalian buat.

Keuntungan menggunakan penargetan internasional

Ada banyak keuntungan yang bisa kita ambil dalam menggunakan fitur ini diantara lain yaitu :

  1. Dapat menampilkan data yang sesuai dengan yang diinginkan pengunjung
  2. Hanya orang dengan negara yang ditentukan yang akan mengakses situs kalian, namun kunjungan dari negara lain juga dapat dilakukan.
  3. Menimalisir aksi spam yang sering dilakukan

Penggunaan tag hreflang

Tag hreflang ini berfungsi sebagai penambahan tag untuk menentukan bahasa pada laman, yang akhirnya google secara otomatis akan menambahkan tag ini sebagai acuan bahasa pada halaman blog. sehingga penargetan internasional berdasarkan penggunaan tag hrefleng ini dapat berjalan dengan baik.

Google sendiri menggunakan atribut rel="alternate" hreflang="x" yang biasa digunakan untuk menyediakan bahasa atau URL regional yang benar dalam hasil Penelusuran, namun bagaimana jika kita aplikasikan ke Wordpress ?.

Pemasangan tag hreflang

Dalam menggunanakan tag hrefleng terdapat 3 cara pemasangan dengan benar antara lainnya yaitu :

  1. Menggunakan elemen tautan HTML di header
  2. Header HTTP
  3. Peta Situs

Menggunakan elemen tautan HTML di header pada wordpress

Secara default penggunaan tautan HTML di header dapat menggunakan atribut rel="alternate" hreflang="x" namun kalian juga bisa menggunakan atribut hreflang='x-default' rel='alternate' untuk menetapkan satu bahasa default yang sudah tersedia di halaman website kalian.

Untuk mengaplikasikannya kalian harus memasukkan code HTML ini pada bagian <head>...</head> ini dilakukan agar google dapat mendeteksi bahasa yang digunakan pada halaman situs kalian.

<link href="<?php echo site_url(); ?><?php echo $_SERVER['REQUEST_URI']; ?>" hreflang='x-default' rel='alternate'/>

Namun jika kalian menargetkan pengunjung yang berasal dari Indonesia dan situs kalian menggunakan bahasa indonesia, maka kalian dapat menggunakan code ini.

<link href="<?php echo site_url(); ?><?php echo $_SERVER['REQUEST_URI']; ?>" hreflang='id-id' rel='alternate'/>

(Update) Menggunakan Wordpress Codex

Menelusuri komentar yang diberikan oleh agenwisatakarimunjawa, ternyata memang cara pertama tidak begitu efektif dan agak begitu lama google webmaster meresponnya. jadi disini saya memberikan cara kedua yaitu menggunakan codex yang telah disediakan oleh wordpress.

Buka file header.php lalu pada bagian atas masukkan code ini tepat diatas tag <head> :

<html <?php language_attributes(); ?>>

Kurang lebih screenshotnya seperti ini :

snip_20151009114238

Jika masih gagal juga silahkan buka pengaturan wordpress lalu ubah bahasa wordpress yang kamu gunakan menjadi bahasa indonesia.

Jangan sampai salah menggunakan tag hreflang

Ingat penggunaan tag hreflang ini tidak boleh sampai salah, ada beberapa masalah yang mungkin akan didapatkan oleh si pemilik website tersebut. namun jika kalian menggunakan domain dot id (.id) mungkin kalian bisa menimalisir kesalahan ini atau jika format kode yang dimasukkan benar maka tag hreflang bisa meningkatkan ke akuratan data sehingga dapat sedikit meningkatkan pengunjung dari daerah lokal.