Membuat halaman 404 atau bisa dibilang adalah halaman yang dapat diakses jika pengunjung salah memasukan link url pada situs yang kita miliki, tak jarang 404 adalah salah satu halaman yang paling dibenci oleh pengguna search engine google termasuk google bot sendiri.

Nah kadang kala halaman 404 ini juga bisa membuat pengunjung langsung pergi dalam sekejap dan melanjutkan pencarian lewat search engine, kadang juga pengguna mengklik beberapa tautan untuk mencari apakah konten yang dibutuhkan tersedia disitus kita, dan kadang juga halaman ini bisa membuat trafik kita anjlok dengan waktu yang cukup cepat.

Maka dari itu hindari link yang berbau halaman 404 error ini agar kalian bisa bebas dari semua masalah yang menimpa situs kalian. namun bagaimana tips membuat halaman 404 yang dapat menarik pengunjung atau membuat pengunjung lebih tertarik lagi menjejalah situs kamu ?, mungkin ini belum pernah dibahas pada situs lain tapi setelah dicari-cari hanya ada beberapa saja yang membahas hal ini dengan konten yang serupa.

#1 Manfaatkan widget di halaman Error 404

Memanfaatkan widget, mungkin kata-kata ini tidak pernah hilang dari para pengguna blogger namun widget sendiri bisa diartikan sebagai salah satu fitur kecil yang dapat membantu pengunjung untuk mengakses situs yang kamu buat dengan susah payah ini.

Widget ada banyak sekali jenisnya dari pemutar video, melihat artikel terakhir yang baru dirilis, dan lain sebagainya. jika kalian bisa memanfaatkan cara ini bukan tidak mungkin pengunjung akan lebih betah mengunjungi situs kamu tanpa takut lagi tersesat dihalamn error 404.

Namun ada sedikit kerugian jika kalian tidak bisa memanfaatkan widget dengan baik ataupun widget pada halaman ini terlalu banyak sehingga memaksa untuk mengambil lembar halaman yang lebih lebar dan luas sedikit, mungkin saja pengunjung akan sedikit kebingungan namun tak sedikit cara ini masih belum begitu berhasil jika hanya mengikuti tips ini saja.

#2 Pasangkan search box pada halaman 404

Halaman 404 ini memang dirancang untuk pengunjung yang tidak dapat mengakses url tertentu pada situs karena konten tersebut sudah dihapus ataupun memang tidak ada, tetapi kalian juga bisa memberikan sedikit variasi pada halaman ini dengan memasangkan search box pada halaman 404.

Fungsi search box ini sebenarnya hanya satu yaitu mencari data atau konten berdasarkan keyword yang diinput oleh pengunjung sehingga apapun hasilnya pengunjung pasti akan tau kalau konten tersebut memang ada atau memang tidak ada disitus kamu.

Penggunaan search box ini sangat efektif digunakan pada halaman 404 agar pengunjung tidak menggunakan search engine untuk mencari data atau konten yang sudah dimuat disitus kamu, namun ada sedikit konsekuensi jika menggunakan tips ini dalam trafik yang cukup padat maka ada sedikit kemungkinan para pengunjung akan mendapati pesan error 503 / 508 Resource Limit Is Reached.

Jika kalian mendapati pesan tersebut sangat disarankan untuk menggunakan hosting dengan spesifikasi yang lebih tinggi atau menggunakan VPS agar aman dari peraturan yang dibuat oleh pihak hosting.

#3 Gunakan variasi gambar atau CSS untuk mempercantik halaman

Kedua tips diatas akan sedikit hambar jika tidak diisi sedikit variasi gambar atau css untuk membuat halaman 404 ini sangat menarik untuk dilihat, ada banyak cara untuk membuatnya seperti beberapa contoh dibawah.

[gallery type="slideshow" ids="1934,1935,1936"]

Hal yang mungkin harus diperhatikan dalam membuatnya adalah ukuran file gambar atau file html yang nantinya akan dimuat oleh browser, hal ini harus bahkan wajib diperhatikan jika kalian ingin menambahkan sedikit variasi pada halaman 404.

jangan karena ukuran yang terlalu besar maka koneksi internet yang kamu miliki tidak sanggup memuat halaman error 404 ini, bahaya untuk kalian karena dipastikan pengunjung bisa pergi begitu saja setelah mendapatkan kejadian ini.

Bagaimana apakah artikel ini bisa dijadikan tips untuk membuat halaman 404 yang dapat menarik pengunjung, namun yang terpenting kurangi konten yang berbau link 404 error karena itu akan membuat situs kalian mendapatkan ranking rendah bahkan google bot akan tidak kesusahan untuk melakukan crawl.