Dalam membuat sebuah website mungkin salah satu yang mungkin akan menjadi bahan pertimbangan yang sangat matang adalah untuk pengunjung manakah yang dapat mengunjungi website yang kita buat ?, apakah itu hanya untuk pengguna desktop atau pengguna mobile atau keduanya ?.

Mungkin beberapa orang akan menganggap itu adalah hal yang sulit untuk dilakukan jika seorang pembuat website ingin membuat websitenya agar bisa diakses pada perangkat PC atau Laptop sekaligus juga pada perangkat Mobile seperti layaknya smartphone dan tablet yang ada dipasaran, kalian mungkin tidak akan memerlukan keahlian khusus dalam membuat hal seperti ini jika telah mendengar istilah Responsive.

Apa itu responsive ?

Responsive bisa kita katakan sebagai template website yang dapat menyesuaikan dirinya dengan lebar suatu layar pada sebuah perangkat, baik itu PC maupun Smartphone dia akan dengan mudah dan tanpa disuruh untuk menyesuaikannya.

Sebuah website dapat dikatakan telah menerapkan responsive jika halaman website tersebut dapat dibuka pada berbagai device tanpa adanya suatu ukuran yang lewat dari layar, Responsive bukanlah template yang dapat dilihat dengan cara melakukan zoom in dan zoom out pada browser kenapa bisa begitu ?.

Karena browser juga harus menyesuaikan halaman website tersebut agar terlihat rapi jadi jika kalian menggunakan teknik ini maka semua template web juga akan dapat di zoom in dan zoom out jika property width pada suatu css menggunakan presentase.

Ada banyak framework css yang tersedia dan sudah responsive

Jika kalian tidak begitu bisa membuat sebuah website yang menggunakan template responsive, maka kalian dapat menggunakan beberapa atau salah satu framework css dari seluruh framework yang ada seperti contohnya Bootstrap maupun Semantic UI.

Untuk mengaplikasikannya juga sangat mudah karena semua sudah bisa kita lihat cara pembuatannya atau instruksinya pada situs masing-masing, sehingga kalian hanya cukup menggunakan komponen dan mengubah komponen tertentu untuk membuat website yang kalian buat menjadi lebih menarik.

Kelemahan responsive dibanding website yang telah dirancang untuk mobile ?

Setiap teknik pembuatan website pasti ada saja kelemahan - kelemahan yang terdapat didalamnya termasuk responsive yang kita bahas hari ini. jika kelemahan sebuah website yang dirancang untuk pengguna mobile adalah kita harus merancang code yang baru sehingga orang awam mungkin belum tentu tahu cara membuatnya, maka pada responsive kelemahannya iyalah beban load yang diterima dari device PC dan smartphone sama.

Kenapa bisa begitu ?, karena biasanya template responsive dapat dibuat menggunakan css media on screen yang fungsinya hanyalah mengubah ukuran atau penampilan suatu website sehingga isi konten yang tidak dapat diakses menggunakan PC maka mau tidak mau konten tersebut juga akan termuat pada situs mobile meskipun konten tersebut sudah di hidden.