bbPress adalah salah satu plugins yang sangat populer untuk platform Wordpress, karena fungsi dari plugins ini adalah membuat halaman forum yang dapat terintegrasi dengan daftar pengguna Wordpress dan template yang digunakan.

Awalnya plugins ini datang dengan fitur yang terbatas dan saat itu juga masih belum dapat mengintegrasikan template yang digunakan pada bbPress. namun dengan seiringnya perkembangan dan tren dunia website, tampilannya sekarang sudah dapat di integrasikan dengan template apapun hanya saja cara mengkustomisasi templatenya agak sedikit rumit jika tidak mengetahui dasarnya.

Cara 1

Cara mengkustomisasi pertama yaitu dengan mengubah tampilan global halaman bbPress, secara default bbPress menggunakan template halaman globalnya pada file "page.php". namun sebenarnya bbPress juga membaca file "bbpress.php" yang berguna untuk mengubah tampilan global halaman bbPress secara default tanpa mengubah halaman depan maupun halaman artikel.

adapun file lainnya juga seperti :

  • 'plugin-bbpress.php',
  • 'bbpress.php',
  • 'forums.php',
  • 'forum.php',
  • 'generic.php',
  • 'page.php'

Namun kalian hanya cukup menggunakan satu file dan ini mungkin dapat cara ini tidak berfungsi dengan baik karena adanya pembaruan versi pada bbPress.

Cara ini cocok untuk digunakan pada pengguna yang masih awam dan masih belum mengerti tentang beberapa komponen yang terdapat pada bbPress.

Cara 2

Cara kedua mengkustomisasi template bbPress ialah mengcopy isi dir yang terdapat pada wp-content/plugins/bbpress/templates/ ke  wp-content/themes/nama-theme/bbpress/ dan secara default bbPress akan menload tampilan komponen yang ada pada direktori wp-content/themes/nama-theme/bbpress/.

Jika kalian telah menggunakan template yang telah mensupport plugins bbPress namun kalian ingin ada beberapa komponen yang ingin dimodifikasi, maka kalian juga dapat melakukan modifikasi dengan memasuki direktori tersebut dan mulai menyesuaikan dengan selera masing-masing.

Cara ini tidak diperuntukan untuk pengguna awam, selalu perhatikan seluruh perubahan yang ada pada template bbPress kalian. karena sedikit saja ada kesalahan maka akibatnya bisa saja fatal dan membutuhkan backup jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Untuk lebih lengkapnya kalian dapat mengunjungi halaman yang terdapat pada halaman dokumentasi bbPress.