Dalam dunia website pasti kalian dihadapkan dengan dua kesulitan yaitu menggunakan atau membuat platform dan menyesuaikan dengan device yang sudah beredar saat ini. namun pada kenyataannya membuat website agar mensupport semua device memang menjadi prioritas jika ingin websitenya ramai dikunjungi, baik oleh pengunjung yang menggunakan Komputer Desktop maupun Perangkat Mobile seperti smartphone.

Disini platform yang mungkin saat ini masih populer yaitu Wordpress masih banyak digunakan oleh semua kalangan, baik para pemilik blog maupun perusahaan yang berjuang dalam bidang pemberitaan. namun tampaknya ada masalah jika Wordpress tidak difungsikan sebagai blog pribadi yaitu tidak supportnya wordpress di versi mobile.

Secara default Wordpress digunakan untuk blog pribadi dan tema yang digunakan sudah support dengan mobile device, namun jika kalian berpikir lagi tema tersebut tidak cocok digunakan untuk para blogger yang terus membuat artikel yang tidak berkaitan dengan blog pribadi.

Maka dari itu disini saya akan berbagi sedikit tips mengenai cara membuat Wordpress agar kompatible dengan semua device.

Menggunakan Plugins

Penggunaan Wordpress tidak bisa selalu lepas dengan adanya plugins atau extensi yang fungsinya menambah beberapa fitur yang tidak ada pada wordpress pada kondisi defaultnya. banyak sekali plugins yang mungkin kita jumpai seperti SEO All In One, bbPress, BuddyPress, hingga Akismet, namun bagaimana jika plugins tersebut difungsikan agar wordpress  dapat diakses melalui perangkat mobile.

Ada beberapa plugins yang memiliki fungsi tersebut seperti contohnya Wordpress Mobile Pack yang menyediakan beberapa tema wordpress yang khusus digunakan untuk perangkat mobile, ada juga JetPack yang menyediakan beberapa tema mobile untuk pengguna perangkat mobile.

Namun ada sedikit kelemahan jika kalian menggunakan plugins jenis ini yang tidak lain adalah mematikan beberapa fungsi plugins lainnya yang bersifat front-end, contohnya seperti bbPress maupun BuddyPress. mungkin saja beberapa plugins tersebut tidak akan berjalan maksimal jika diakses melalui perangkat mobile.

Menggunakan Syntax WP User Agent

Selain menggunakan plugins kalian juga dapat menggunakan Syntax WP User Agent yang mungkin diberi nama wp_is_mobile. syntax code wp_is_mobile merupakan salah satu code yang berguna untuk menyesuaikan konten apa yang seharusnya ditampilkan pada pengunjung yang menggunakan perangkat mobile dan apa yang seharusnya ditampilkan pada pengunjung yang menggunakan perangkat desktop.

Cara mengaplikasikannya juga cukup mudah seperti :

<?php
if ( wp_is_mobile() ) {
    echo 'Konten untuk pengguna mobile';
}
?>

atau bisa juga seperti ini :

<?php if ( wp_is_mobile() ) { ?>
    <p>Konten Mobile</p>
<?php } else {?>
    <p>Konten Desktop</p>
<?php } ?>

Kelemahan dari menggunakan metode seperti ini yaitu code yang harus ditulis akan semakin banyak dan mungkin saja performa dari website itu sendiri akan menurun.

Membuat template responsive

Cara selanjutnya agar wordpress dapat diakses menggunakan situs mobile yaitu membuat template wordpress agar dapat responsive dengan ukuran layar dari setiap perangkatnya, cara ini adalah salah satu cara termudah yang sering digunakan oleh perancang web khususnya Wordpress.

Keuntungannya tidak diterima oleh 1 perangkat saja akan tetapi akan diterima oleh seluruh perangkat baik perangkat yang berukuran besar maupun perangkat yang berukuran kecil seperti smartphone, lebih dari itu pengguna juga akan merasa nyaman dengan tampilan yang sesuai dengan ukuran layar.

Kelemahan dari menggunakan cara ini yaitu data yang diterima akan selalu sama sehingga jika diakses menggunakan smartphone yang masih menggunakan teknologi dibawah 3G akan mengalami kesulitan, apalagi konten tersebut memiliki banyak gambar.