Dalam pengembangan sebuah website baik dalam bentuk web portal, web forum dan web blog sama-sama membutuhkan rancangan kode yang sesuai agar kita dapat membuat SEO suatu website menjadi baik. Bukan hanya kode meta, heading, maupun title. ternyata ada juga yang bisa memberikan dampak luar biasa seperti contohnya menerapkan data terstruktur.

Data Terstuktur dalam Search Engine merupakan kumpulan kode yang memuat data-data seperti URL, Nama, isi Artikel hingga gambar sekalipun. Menerapkan data terstruktur memang sangat bagus untuk meningkatkan trafik dari Search Engine seperti Google, namun penerapan data terstruktur yang tidak sesuai juga dapat membuat trafik dari Search Engine turun.

Data Terstruktur juga bukan kunci dari meningkatkan visitor dari search engine, karena pastinya beberapa pengunjung yang mencari keyword lalu terdapat satu hasil pencarian yang mengarahkan ke website anda dan pastinya pengunjung tidak mengharapkan isi konten dari a dan b sama dengan isi konten web anda.

Jika kalian bingung cara menerapkan Data Terstruktur pada website yang kalian kelola, maka kali ini saya akan memberikan caranya khusus untuk pengguna kolombaru.

Tentukan bagian apa saja yang mau diterapkan pada data terstuktur

Cara pertama adalah menentukan bagian apa saja yang ada di website kalian untuk menerapkan data terstruktur ini. baik di bagian header, content, footer maupun widget. lalu cari daftarnya pada halaman ini, pastikan kategori data terstruktur sudah sama dengan bagian website kalian. Untuk cara pemasangan kalian dapat mengikuti instruksi ini, misalnya saya ingin memberikan data terstruktur pada content article (body article).

Data content ini akan masuk kedalam data terstruktur

di buat tanggal : 01-02-2015 dan ditulis olehSabunColek

Tentukan bagian-bagian dari kategori tersebut

Jika kalian telah memasukan cara pertama maka pada cara kedua kalian juga harus menentukan nama-nama bagian dari kategori tersebut, contohnya seperti tanggal dan waktu sekaligus penulisnya. namun jika kalian tidak tahu dari apa-apa saja bagiannya , kalian dapat melihatnya pada link yang kalian masukan pada code diatas contohnya seperti http://schema.org/Article.

Data content ini akan masuk kedalam data terstruktur

di buat tanggal : 01-02-2015 dan ditulis olehSabunColek

Coba periksa di google webmaster

Untuk memastikan benar tidaknya code yang kalian masukkan, kalian dapat menggunakan Penguji Data Terstuktur milik Google Webmaster. caranya cukup mudah yaitu hanya memasukan url halaman yang tadinya telah diterapkan data terstrukturnya di form tersebut. jika kalian sudah benar melakukannya maka kalian akan mendapatkan pesan kurang lebih seperti ini :

Screenshot (57)

Kalian juga dapat memasukan code secara manual, jadi kalian tidak perlu khawatir adanya kerusakan sebelum diterapkan ke website kalian. bagaimana apakah artikel ini bermanfaat untuk kalian ?.