Pada umumnya ada beberapa komponen yang harusnya ada di website seperti kode meta, media pendukung seperti video dan gambar, dan kotak share untuk akun sosial media pengunjung atau official. namun kadang kala ada juga komponen yang seharusnya tidak ada pada website yang baru dibangun namun tetap saja komponen itu tetap dipasang karena alasan untuk pelengkap ataupun untuk mengikuti trend saat ini.

Sekarang saya akan membahas tentang komponen yang seharusnya tidak ada pada website yang baru dibangun, artikel ini dibuat berdasarkan pengalaman yang saya dapatkan jadi jika kalian membacanya saya harapkan agar artikel ini menjadi sumber referensi dan pembanding dari artikel lainnya.

1. Musik Player Otomatis

Kasus ini sering terjadi pada blog yang baru saja dibangun bahkan saya juga pernah melakukan ini setelah 3 jam saat pertama kali membuat sebuah akun blogger, musik player yang dimainkan otomatis biasanya agak mengganggu pengunjung yang bekerja dikantoran namun tidak pada yang tidak menggunakan speaker.

Selain mengganggu konten yang sebenarnya harus dimuat karena pengunjung ingin membacanya harus menunggu lama, karena halaman yang dimuat memasang musik player yang dimainkan otomatis dan selalu yang pastinya tampil pertama kali pada website kalian adalah suara musik bukan isi konten yang sebenarnya (tergantung dari peletakan kode).

Maka dari itu hindari pemasangan musik player yang dimainkan secara otomatis, namun jika itu diperlukan setidaknya kalian harus memasangnya dengan kontrol player secara manual. jadi pengunjung dapat menikmatinya hanya dengan mengklik tombol play dan pengunjung dapat berselancar dengan lancar tanpa khawatir adanya gangguan dari musik player.

2. Animasi Loading Website

Komponen ini memang agak mengganggu pada pengguna yang memiliki koneksi data yang sangat kecil bahkan karena terlalu berat websitenya sampai tidak dapat dibuka dalam jangka waktu yang sangat lama, penggunaan animasi loading website selain website dalam bentuk swf memang sangat tidak diperlukan.

Karena Animasi Loading Website setidaknya harus menunggu semua source code yang ada di website termuat secara utuh, namun jika tidak maka animasi loading ini akan selalu ada di browser si pengunjung ataupun si pemiliknya sekalipun.

Untuk mengatasinya hindari juga Animasi Loading Website yang agak berlebihan, kalian dapat mengurangi bebannya dengan mengurangi source code yang tidak perlu dan lebih baik lagi jika Animasi Loading Website juga dihilangkan.

3. Iklan Melayang

Iklan Melayang adalah salah satu komponen yang sangat dibenci oleh pengunjung apalagi iklan tersebut menutupi seluruh konten website kalian dengan popup yang mengharuskan pengunjung untuk mengklik tombol like atau follow pada akun sosial medianya agar popup tersebut dapat hilang.

Namun hal itu adalah salah jika kalian memasangnya pada setiap halaman website dan dimunculkan berkali-kali, untuk mengatasi masalah ini kalian dapat memasangnya namun pastikan iklan tersebut tidak menghalangi konten. karena iklan adalah sumber pendapatan dari website maka gunakanlah sesuai dengan petunjuk dan ketentuan agar kalian dan pemilik layanan akan merasa saling diuntungkan.