Wordpress adalah salah satu platform CMS berbentuk blog sekaligus layanan blog terbesar yang pernah ada di seluruh dunia cyber, tanpa disadari Wordpress sudah digunakan oleh banyak situs portal baik yang sudah menjadi perusahaan maupun masih dalam status startup.

Wordpress mungkin menjadi salah satu platform CMS berbentuk blog yang dapat dimodifikasi dengan mudah, karena semua itu dapat kita temui di halaman codex.wordpress.org, tetapi beda halnya bagi pengguna yang masih baru menggunakan Wordpress mereka harus bisa beradaptasi dengan lingkungan yang baru agar dapat membuat situs Wordpressnya berkembang dengan cepat.

Banyak kebutuhan yang belum tercukupi di Wordpress ?

Pada dasarnya Wordpress dibuat dalam bentuk Blog yang berarti CMS jenis ini memanfaatkan artikel untuk mendongkrak aktivitas pengunjung di website yang dikelolanya, maka dari itu pasti banyak sekali kebutuhan yang dibutuhkan masih belum terpenuhi.

Maka dari itu lahirnya plugins-plugins wordpress menjadi salah satu alternatif untuk memenuhi kebutuhan yang masih kosong tersebut, contoh saja seperti SEO (Search Enggine Optimizer) yang menjadi pendongkrak utama dalam mendatangkan pengunjung lewat mesin pencari, lalu ada juga yang lainnya yang pastinya akan dikemas secara bagus. berikut adalah daftarnya.

Jetpack

Jetpack merupakan salah satu plugins yang sangat powerfull dan user friendly di Wordpress, bukan hanya itu saja jetpack juga menghubungkan situs Wordpress yang kalian punya dan terpasang di server hosting di Wordpress.com yang memungkinkan memanage situs kalian lewat layanan Wordpress.com.

Jetpack juga bisa dibilang pusat dari segala plugins yang ada di database plugins Wordpress karena fitur-fitur yang ditawarkan sepeti Mobile Site, Site Performance, Customization, dan lain-lain membuat plugins ini seperti plugins dari segala plugins

Download : Mirror Wordpress.org

Site : Jetpack.me

All In One SEO

Tidak bisa mengatur SEO secara manual plugins ini bisa menjadi solusi yang tepat untuk menghadapi masalah itu, All In One SEO merupakah plugins Wordpress yang sudah didownload oleh 21 juta pengguna dan dipastikan merupakan plugins yang sudah lama eksis di Wordpress.

Fitur-fitur yang ditawarkan juga menarik diantara lain yaitu integrasi dengan google analytics, mengoptimalkan semua judul artikel di mesin pencari, membuat otomatis kode meta yang berguna untuk memasukkan data ke mesin pencari, dan lain-lain.

Download : Mirror Wordpress.org

Disqus Comment System

Bagi yang masih menggunakan shared hosting yang kapasitas penyimpanan di server masih kecil, mungkin kalian dapat menggunakan plugins ini untuk mengatasi masalah itu. sama seperti Disqus yang ada di blogger, disqus versi Wordpress juga memiliki fitur yang sama bahkan ada kemungkinan untuk mengekspor otomatis komentar dari wordpress ke disqus.

Download : Mirror Wordpress.org

Website : Disqus

Semoga artikel ini bisa menjadi referensi untuk kalian pengguna yang masih baru menggunakan Wordpress ataupun pengguna yang masih baru mencoba menggunakan Wordpress.