Tidak pernah ada impian dalam diri saya untuk menjadi full time blogger, namun itulah diri saya saat ini. Tanpa sengaja saya terjerumus ke dunia blogging hingga blogging menjadi profesi utama bagi saya saat ini.

Saya mulai mengenal blog sekitar awal tahun 2006, jadi sudah lebih dari 8 tahun lamanya saya bergelut di dunia ini. Blog pertama saya adalah pusatgratis.com (Gratisan Terbaik Setiap Hari) yang kini memiliki kurang lebih 350.000 pengunjung per bulannya. Sedangkan blog kedua saya adalah WinPoin.com (#1 Windows Portal Indonesia) yang tanpa saya duga saat ini sudah memiliki sekitar 600.000 pengunjung setiap bulannya.

Namun seperti blogger lainnya, saya juga pernah menjadi pemula yang cukup sering melakukan berbagai kesalahan. Melalui artikel ini saya akan berbagi beberapa kesalahan fatal yang dulu sering saya lakukan. Saya juga akan membagikan sedikit tips agar kamu tidak melakukan kesalahan yang sama seperti yang saya lakukan dulu.

Terlalu Memusingkan Berbagai Teknis

Berbagai hal teknis seperti SEO, keywords, backlink, keyword density, page authority, domain authority, page rank, dsb memang penting. Tetapi sebagai pemula saya dulu sering memusingkan hal ini, mempelajari dengan sangat mendalam, membandingkan trik ini dan itu, sampai akhirnya melupakan elemen yang sangat penting dari kegiatan blogging yaitu posting. Kalaupun posting hasilnya juga tidak begitu bagus karena terlalu dipusingkan dan diatur oleh berbagai aturan teknis.

Untuk itu jika kamu baru saja mulai membuat blog, jangan terlalu memusingkan berbagai hal teknis. Menulis saja..posting saja..menulis terus. Di sela-sela waktu posting, kamu bisa mempelajari dan memahami hal-hal teknis tersebut bagian demi bagian secara perlahan. Seiring berjalannya waktu kamu akan terbiasa dan mulai memahami alurnya.

Kemampuan menulis kamu akan terasah, sekaligus skill dan pengetahuan teknis kamu di bidang blogging.

Jadi menulis saja..posting saja. Lakukan belajar sambil jalan, dan jangan pusingkan berbagai hal teknis untuk di awal.

Menunggu Kesempurnaan

Saya teringat ketika akan menambahkan sebuah Forum Diskusi di pusatgratis.com. Saat itu saya merencanakan semuanya dengan sangat matang. Saya juga menyiapkan segala hal yang diperlukan, mulai dari membeli lisensi platform VBulletin, add-on VBSEO, template forum, dsb. Saya juga menyusun dan menyiapkan kategori ini itu, mendesain semua icon dan logo, dan semua hal yang diperlukan.

Tetapi sampai saya menulis posting ini, forum tersebut tidak pernah dibuka. Saya terlalu mengharapkan kesempurnaan. Saya ingin forum tersebut sempurna baru dibuka, dan kesempurnaan yang saya nantikan itu tidak kunjung datang.

Berdasarkan pengalaman ini, saya akhirnya tidak lagi menunggu kesempurnaan tiba. Ketika memutuskan untuk membuka Forum Diskusi di blog kedua saya, yaitu Forum WinPoin (Forum Diskusi Pengguna Windows & Windows Phone), saya langsung mengeksekusinya.

Pagi ada ide, siang langsung install platform forum. Saya tidak menunggu ada uang untuk membeli lisensi platform yang bagus, saya cukup menggunakan platform gratisan, template default, dan icon ala kadarnya.

Kurang dari 12 jam setelah saya punya ide tersebut, akhirnya Forum WinPoin sudah live. Perbaikan saya lakukan secara berkala sambil jalan, tidak lagi menunggu sempurna baru dibuka. Hasilnya sekarang forum tersebut sudah memiliki member terdaftar lebih dari 10.000 orang, dengan jumlah pengunjung lebih dari 200.000 orang setiap harinya.

See..??

Jika saja saya menunggu kesempurnaan seperti yang saya lakukan dulu, mungkin Forum WinPoin juga belum dirilis, seperti Forum Pusatgratis yang tidak pernah dirilis sampai sekarang.

Melakukan Hal-hal yang Tidak Produktif

Tahu tidak apa yang paling menyita waktu saya ketika masih awal blogging dulu? Yup..melihat berbagai data statistik!

Beberapa menit sekali saya melihat besarnya statistik trafik, lalu melihat statistik iklan, lalu melihat statistik ini, statistik itu, dsb. Melihat perkembangan blog kita memang sangat menyenangkan, bahkan mampu membuat kita puas. Tetapi kalau kita terlalu sering melakukannya, maka waktu kita akan habis untuk hal-hal yang tidak produktif.

Jadi alih-alih melihat berbagai data statistik, postinglah...atau belajarlah hal-hal baru yang bakal mengasah skill blogging kamu.

Membuat Blog Tidak Sesuai Passion

Jujur saya pernah mencoba mengembangkan blog dengan tema unik seperti resep masakan, gosip artis, lirik lagu, dsb. Tetapi ternyata semua blog tersebut tidak bertahan lama. Kenapa? Karena saya tidak menyukai tema dasarnya.

Saya membuat blog tersebut karena tahu bahwa tema-tema itu ramai pengunjung dan banyak dinikmati. Tetapi tanpa kecintaan terhadap hal yang dibahas ternyata membuat blog tersebut seolah hidup tanpa jiwa. Kosong.

Tidak perlu menunggu waktu lama bagi blog tersebut untuk tidak terurus dan akhirnya kandas di tengah jalan.

Blog yang berhasil ramai? Tentu saja yang tema nya benar-benar saya sukai, yaitu seputar komputer dan teknologi.

Berharap Hasil Instan

Jika kamu berharap blog kamu ramai secara instan, populer secara instan, dan mendapatkan penghasilan secara instan, sebaiknya kamu mencari hobby / profesi lain selain blogging. Hal itu karena tidak ada yang instan di dunia blogging. Semua perlu waktu, kesabaran, dan ketekunan.

Ketika masih awal ngeblog dulu saya berharap blog saya bisa ramai dan populer dalam waktu singkat. Sekarang posting, bulan depan harus ramai! Hasilnya? Nihil.

Blog pertama saya baru ramai setelah tiga tahun saya kembangkan, sedangkan blog kedua saya baru ramai setelah berjalan hampir dua tahun. Itupun masih belum benar-benar ramai dan populer seperti yang saya harapkan.

Namun saya kini menyadari bahwa tidak ada hasil yang instan. Semua yang saya capai itu ada karena saya tekun dan benar-benar bekerja keras dalam menjalaninya. Terlebih lagi saya punya passion didalamnya. Tanpa itu semua, mungkin full time blogger tidak akan menjadi profesi saya.

Jadi jangan pernah bermimpi hasil yang instan.

Tergiur dengan Penjual Mimpi

Seberapa sering kamu menemui produk-produk penjual mimpi di internet? Pasti sering sekali bukan?

Cara dapat ratusan juta dalam sebulan, cara dapat milyaran tanpa modal, meraup kekayaan online dengan super mudah, dsb.

Semua hal itu banyak bertebaran di internet, dan bagi saya itu hanyalah mimpi kosong cukup berbahaya. Berbahaya karena hal itu bisa menggerogoti ketekunan kita, membuat kita menganggap semua hal di online ini mudah untuk didapatkan.

Ketika masih awal terjun ke dunia blogging dulu, saya sering tergiur dengan imin-imin seperti itu. Bahkan saya pernah membeli ebook senilai ratusan ribu yang menyatakan bisa membuat saya kaya dalam waktu singkat. Namun ketika dibaca isinya hanya menyuruh kita untuk menjual kembali ebook tersebut dengan komisi tertentu.

Ada banyak penjual mimpi bertebaran di internet, dengan produk-produk mimpinya yang bombastis. Tetapi berhati-hatilah, jangan mudah tergiur karena imin-iminnya.

Percayalah bahwa setiap hal membutuhkan ketekunan dan kerja keras, tidak ada sesuatu yang instan. Tidak ada magic di dunia blogging.

 

Itulah 6 hal yang sering saya lakukan ketika masih menjadi blogger pemula dulu. Seiring berjalannya waktu saya semakin dewasa dalam menyikapi berbagai hal seputar dunia blogging ini.

Sebenarnya masih ada banyak hal lagi yang ingin saya bagikan, namun entah kenapa kog aliran kata-kata yang terlintas di otak saya sudah mulai macet. Mungkin karena rasa ngantuk yang sudah tak tertahankan. Hehehe..

Untuk itu sekian dulu tips dari saya, mungkin akan saya lanjutkan di lain waktu. Kalau ada saran dan masukan silahkan dituliskan melalui kolom komentar. Terima kasih banyak :D