Siapa yang tidak mengenal kedua platform blog yang memiliki Popularitas yang tinggi,ya Blogger dan Wordpress merupakan platform yang digunakan untuk membuat blog namun keduanya memiliki perbedaan yang cukup kuat. Blogger dikembangkan oleh Google dan Wordpress dikembangkan oleh Wordpress sendiri,di kedua platform tersebut memiliki kekurangan dan kelebihan dan itu sendiri telah menjadi perbandingan yang sudah saya rangkum menjadi satu berikut daftar-daftarnya :

1. Blogger tidak menggunakan modal sama sekali dibandingkan Wordpress.

Untuk persoalan biaya Blogger memiliki keunggulan karena pembuatannya tidak dipungut biaya apapun meskipun wordpress juga bisa begitu,namun untuk wordpress sendiri anda diharuskan untuk membayar agar bisa menggunakan semua fasilitas yang ada di Wordpress tetapi anda sudah bisa mendapatkan Domain TLD.

2. Blogger memiliki Security yang tinggi dibandingkan Wordpress.

Beda juga untuk yang satu ini Security Blogger justru lebih tinggi dibanding WordPress,entah mengapa Blog yang bernama WordPress ini selalu saja mempunyai celah keamanan yang cukup serius bahkan sampai kehilangannya data sekalupun.

3. Wordpress dapat terintergrasi dengan Platform jenis yang lain daripada Blogger.

Kelebihan Wordpress merupakan Blog yang dapat terintergrasi dengan Platform yang lain dan memungkinkan untuk dibuat sejenis CMS,namun untuk blogger platform ini tidak memiliki data-data yang bisa disupport platform lain ini akan membuat susahnya untuk berintergrasi dengan platform lain.

4. Wordpress bisa digunakan dengan Hosting tetapi Blogger tidak.

Wordpress dapat digunakan menggunakan Web Hosting sampai Server sendiri ini bisa membuat keuntungan untuk memerger database dengan platform yang tidak sejenis,namun untuk Blogger tidak dapat dijalankan menggunakan Hosting namun Blogger sudah dapat digunakan karena telah memiliki server sendiri dan hanya membeli domain saja.

5. Wordpress Cocok untuk keperluan Bisnis.

Wordpress sangat cocok sekali untuk keperluan bisnis karena blog tipe ini bisa disulap menjadi CMS namun harap dimaklumi saja jika anda tidak bisa menggunakan Google Ads karena wordpress tidak diperbolehkan untuk menggunakan layanan tersebut. Sebaliknya blogger meskipun blog jenis ini dapat disulap jadi apa saja namun karena anda tidak bisa mengendalikannya lewat Hosting sendiri maka untuk keperluan Bisnis sangat kurang sekali fiturnya.

6. Plugins Wordpress lebih banyak dibandingkan Blogger.

Plugins-plugins Wordpress sebenarnya cukup banyak dan sangat berfungsi sekali dibandingkan blogger,karena Plugins wordpress ditulis menggunakan bahasa PHP dibandingkan dengan Blogger yang masih menggunakan javascript untuk membuat plugins tersebut.

Setelah melakukan pertimbangan Wordpress memiliki keunggulan yang lebih banyak namun rentan atas pembobolan dengan aksi Hacking atau Deface,namun Blogger memiliki keunggulan dalam tingkat keaamanannya namun minim dengan fitur.

Bagaimana anda ingin Blogger atau Wordpress semua keputusan ada ditangan anda.