Di dunia ini seluruh makhluk memiliki kelebihan dan kekurangan yang tidak bisa diganggu gugat dan tidak dapat dipaksakan agar sesuai dengan apa yang kita inginkan, mulai dari berpikir, mengingat mantan, bersabar menghadapi dompet yang kosong, sampai menunjukkan skill yang kita miliki ke masyarakat.

Hal itu juga berlaku untuk seluruh barang yang pernah diciptakan oleh manusia, tidak ada barang elektronik yang sempurna di pasaran tapi jika barang tersebut ada pasti barang tersebut akan dikembangkan lagi agar lebih sempurna dari pendahulunya.

Disini kita akan bercerita mengenai komputer yang merupakan barang multifungsi yang hampir bisa mengerjakan seluruh hal yang berkaitan dengan pekerjaan yang dilakukan oleh manusia, kita sebagai manusia juga harus bersabar menghadapi cobaan seperti komputer lambat karena jika hal ini terjadi pada diri anda maka kamu tidak boleh marah - marah dan melakukan sesuatu yang membahayakan komputer milikmu.

komputer adalah alat untuk menyelesaikan sesuatu bahkan dalam pengertian lain komputer adalah pembantu manusia yang bisa mengerjakan apa saja, seperti manusia komputer juga bisa berpikir dalam bentuk barisan kode yang akan siap untuk mengerjakan semua tugas yang kamu berikan.

Tapi komputer masih memiliki keterbatasan jika hardware yang digunakan masih minim, kamu tidak diperbolehkan untuk melakukan kekerasan terhadap komputer (:v) karena masalah performanya yang lambat.

Kamu harus tahu kenapa komputer saya lemot, mengapa hal ini harus terjadi, dan kapan saya bisa berpacaran dengan komputer saya ?. tapi sebelum kita membahas hal tersebut kita harus tahu apa - apa saja yang kita tidak boleh lakukan pada saat komputer kita lambat atau lemot atau ngelag atau macet.

Mematikan paksa

Hal yang sangat tidak disarankan dan sering dilakukan oleh kebanyakan orang termasuk pegawai PLN yang senang melakukan pemadaman bergilir adalah mematikan paksa, mematikan paksa adalah salah satu kesalahan paling terbesar yang pernah ada di dunia karena itu menyangkut ke beberapa komponen yang sangat sensitif dengan hal ini.

Dengan mematikan paksa kamu sudah membuat HDD kamu secara mendadak berhenti berputar dan menyebabkan ada beberapa data yang tidak ditulis dan terjadilah bad sector di kemudian hari, belum lagi jika kamu memasang perangkat lainnya seperti modem, atau sedang lagi proses rooting tapi tiba - tiba mati lampu.

Jadi bagi kamu para gamers yang memiliki spesifikasi gak terlalu tinggi dan gak terlalu rendah, kalau gamenya macet lebih baik jangan dimatikan paksa apalagi di restart. cukup tunggu sampai force close baru kamu bisa memainkannya.

Kalau not responding di kill

Kesalahan kedua yang masih memiliki efek yang serius tapi tidak seserius mati listrik adalah memaksa program untuk ditutup dengan cara Ctrl + Alt + Del lalu cari prosess program, klik kanan dan end process.

Cara itu tidak terlihat ribet namun cukup membahayakan jika program yang kamu gunakan membutuhkan media penyimpanan dan RAM yang tidak sedikit, apalagi programnya sedang kamu gunakan.

Efek dari cara ini memang agak cukup serius jika program kamu sedang membutuhkan file untuk mengerjakan pekerjaannya seperti Microsoft Office lalu tidak sengaja kamu end process, mungkin saja dalam sekejap file tersebut tidak akan bisa dibuka dan hal itu pasti terjadi.

Mematikan ServiceĀ Sistem Operasi

Hal yang sering terjadi bahkan menyebabkan sistem operasi tidak berjalan dengan semestinya adalah mematikan service terpenting dari sebuah sistem operasi, ya contohnya seperti windows yang mengandalkan explorer.exe untuk menampilkan antarmuka yang sudah familiar bagi kita.

Mematikan service sistem operasi juga dapat menyebabkan sistem operasi tidak berfungsi dengan sebagai mestinya, bahkan sistem operasi juga akan crash jika terdapat service yang tidak berjalan karena bergantung pada satu service.

Namun kita sebagai orang yang sabar biarkanlah hal itu terjadi, jika kamu memiliki dana yang lebih maka upgradelah hardwarenya tapi jika masalahnya karena terdapat virus maka gunakanlah anti virus atau install ulang sistem operasimu dengan prosedur yang benar dan bersertifikat resmi.