Windows 10 adalah sistem operasi teranyar yang pernah dirilis oleh Microsoft dan diklaim sebagai sistem operasi paling aman dari sistem operasi Windows sebelumnya, sampai terlalu amannya Windows 10 harus memerlukan bandwith koneksi internet yang agak besar bahkan bisa mengganggu kinerja berselancar pada browser ataupun bermain game online.

Pengguna ISP yang masih menggunakan sistem kuota mungkin akan sedikit menderita bahkan menangis setelah melihat kuotanya terkuras habis karena sistem Windows 10, hal ini mungkin harus terjadi karena mengingat pengguna Windows bajakan sangat besar di Indonesia dan untuk menekan angka pembajakan maka bukan tidak mungkin Microsoft menerapkan sistem ini agar tidak rugi.

Jika kalian tidak memiliki lisensi windows asli dan ingin berpartisipasi dalam pengembangan Windows 10 maka kalian bisa mendaftar menjadi anggota insider, cukup menggunakan akun outlook ataupun akun Microsoft kalian bisa mendapatkan Windows 10 dengan versi build yang lebih tinggi dari Windows 10 RTM.

Tapi permasalahannya baik Windows Insider maupun pengguna Windows 10 RTM akan merasakan kuota yang cepat berkurang bahkan dalam seharinya bisa menghabiskan 1GB per harinya, hal ini terjadi karena Microsoft memonitoring apapun yang kita lakukan namun Microsoft tidak pernah menyentuh data pribadi yang kita miliki seperti transaksi internet banking ataupun lainnya yang bersifat pribadi.

Ada sedikit trik dari saya bagaimana cara menghemat kuota pada Windows 10 agar kalian tidak bersedih setelah melihat sisa kuota yang Anda miliki berjumlah 0kb.

1. Matikan fungsi peer to peer

Screenshot (21)

 

Peer to peer adalah salah satu fungsi untuk mengambil data dari satu komputer ke komputer lain dalam satu jaringan atau jaringan berskala besar seperti contohnya Internet, Peer to Peer sering kali kita temui di Torrent yang dimana kalian bisa mendapatkan beberapa file dan dapat membagikan file tersebut secara otomatis.

Salah satu kelebihan dari fitur ini yaitu server tidak akan terbebani bahkan kalian akan mendapatkan kecepatan akses maksimum jika jarak satu komputer ke komputer lain saling berdekatan, tapi ada kekurangan dibalik semua ini yaitu kita akan memerlukan bandwith yang cukup besar baik dari download ataupun upload.

Jika kalian sudah selesai mendownload maka file yang kalian download tadi akan diupload atau dibagi ke komputer lain yang membutuhkan file tersebut, ini bukan masalah jika kita tidak tinggal di Indonesia yang dimana beberapa ISP selain milik telkom menerapkan sistem kuota.

Maka dari itu kalian bisa mematikan fungsi peer to peer dengan mengubah status on menjadi off pada window "Update from more than another place" pengaturan ini bisa kalian temui pada Windows Update > Advance Option > Choose how updates are delivered.

Dengan menonaktifkan fungsi peer to peer ini kalian bisa menghemat bandwith sekitar 30% pada jam-jam tertentu yang pastinya sesuai dengan wilayah masing-masing.

2. Menonaktifkan OneDrive Sync

Screenshot (22)

OneDrive adalah salah satu layanan komputasi awan yang sangat berguna untuk menyimpan data didalam server Microsoft, dengan menggunakan OneDrive kalian tidak perlu lagi repot-repot menggunakan flashdisk karena cukup terkoneksi kedalam Internet maka seluruh OS Windows, Windows Phone, ataupun Aplikasi OneDrive pada Android dan iOS dapat membuka file tersebut.

Namun ada sedikit masalah jika kalian mempunyai data yang cukup besar pada OneDrive apalagi ukuran total semua file tersebut adalah lebih dari 2GB, akan tetapi proses sync akan berlangsung berkali-kali dan puncaknya terjadi pada saat kalian menggunakan akun Microsoft untuk user default pada Windows 10.

Ini terasa sedikit menjengkelkan, tapi lama-kelamaan hal ini tidak akan terjadi secara otomatis pada setiap harinya. bagi kalian yang tidak mau mensync OneDrive dimana foto pada Windows Phone juga akan diupload otomatis maka kalian bisa menghilangkan centang "Start OneDrive automatically when I Sign in to Windows" pada tab Settings dan menghilangkan centang pada "Improve upload speed by uploading files in batches" pada tab Performance di pengaturan Microsoft OneDrive.

Dengan menggunakan trik ini kalian bisa menghemat kuota sampai 20% dan itu tergantung dari besarnya file yang akan disync dari OneDrive ke Windows 10.

3. Ganti pengaturan email sync

Screenshot (23)

Email Sync adalah fitur yang digunakan untuk mengambil email yang baru masuk ataupun aktivitas perpesanan dalam email, fitur ini benar-benar membuat saya sangat terbantu karena tidak perlu lagi membuka browser untuk melihatnya dari website.

Namun sayangnya tidak semua pesan email hemat quota dan memaksakan banyak bandwith untuk mendownload setiap satu pesannya, namun ada sedikit trik bagaimana agar kalian bisa menghemat kuota sampai 20% dan tergantung dari isi email itu sendiri.

  1. Buka aplikasi outlook
  2. Klik icon gear atau menu pengaturan
  3. Lalu pilih email yang akan diatur
  4. Cari pilihan sync settings
  5. Hilangkan checklist Always downloads full message and internet images untuk mengatur agar tidak mendownload seluruh konten dalam email.
  6. Atur jangka waktu sync minimal adalah 15 menit.

4. Gunakan Quiet Hours

Screenshot (24)

Quiet Hours adalah salah satu fungsi yang berguna untuk mematikan seluruh pemberitahuan yang didapat oleh berbagai aplikasi, pada dasarnya pemberitahuan aplikasi berguna sekali untuk mengetahui apa yang sedang terjadi di dalam aplikasi tersebut.

Bahkan kita juga dapat mengetahui siapa yang mengomentari kiriman Facebook kita, mengetahui apakah ada email masuk atau tidak, dan sampai update windows yang tidak tahu kapan datangnya. Fungsi ini hanya meringankan bandwith sebanyak 5% sampai 20% saja karena notifikasi pemberitahuan bersifat realtime dan tidak bisa diganggugugat..

Untuk mengaktifkan fitur Quiet Hours kalian bisa membuka Action Centre, lalu klik Quiet Hours untuk menonaktifkan segala pemberitahuan yang membuat papah marah saat melihatnya.

5. Menonaktifkan Live Tiles

Screenshot (25)

Masalah ini sebenarnya sudah ada sejak Windows 8 dirilis bahkan tidak heran juga Windows 8x akan lebih sering menghabiskan bandwith jika sering mengakses Start Screen, tapi ini Windows 10 yang merupakan adeknya Windows 8x.

Sebenarnya ini bukan masalah akan tetapi fitur ini akan membuat pengguna ISP yang menerapkan sistem Kuota sangat terkuras habis jika sering mengakses Continuum, meskipun datanya tidak besar namun hal ini terjadi secara realtime.

Ada cara agar kita tidak menggunakan koneksi data untuk mengupdate live tilesnya setiap mengakses continuum, yaitu dengan menonaktifkan live tiles dengan cara mengklik kanan aplikasi yang ingin dimatikan lalu pilih Turn live tiles off

Kenapa beberapa trik lainnya tidak masuk artikel ?.

Jika kalian sudah membaca artikel ini maka akan ada pertanyaan mengapa metered connection tidak masuk dalam artikel ini ?, sebelumnya kalian harus mengetahui lagi kenapa metered connection tidak masuk. hal itu terjadi karena opsi metered connection masuk dalam kategori offline maps yang berarti jika kalian mengaktifkan metered connection aplikasi maps pada Windows 10 yang akan terlihat pengaruhnya dan tidak terlihat di aplikasi atau sistem lainnya.

Screenshot (26)

Ada hal lain seperti Windows Update yang dimatikan fungsi update otomatisnya, pada dasarnya setiap edisi Windows 10 memiliki beberapa perbedaan termasuk pada Windows Update. ada beberapa edisi Windows yang mengijinkan agar Windowsnya tidak diupdate secara otomatis namun ada juga yang tidak diijinkan. Jika dipaksakan maka konsekuensi ditanggung pemenang.