Windows 10 adalah salah satu OS teranyar yang baru saja dirilis ke publik sudah membuat popularitas Windows 8 lengser dari data statistik yang pernah dilansir oleh beberapa media, bahkan ini mengalahkan Windows 7 yang sebenarnya memang lebih populer dibanding Windows 8.

OS ini mendatangkan sejumlah fitur yang diinginkan oleh penggunanya melalui Windows Insider, Start menu yang sebelumnya dihapus dari peradaban Windows kini mulai dikembalikan dengan tampilan dan nama baru yaitu Continuum.

Windows 10 secara interface dan performance mampu menggabungkan dua ekosistem OS yang berbeda yaitu Windows 7 dan Windows 8 dalam satu OS, tapi semua itu tidaklah mudah untuk digunakan bahkan tidak sedikit banyak yang belum mengetahui bagaimana cara mengupgrade Windows 10 dengan benar.

Banyak cara yang dapat dilakukan namun tidak sedikit memang ada yang membuat pengguna justru rugi karena mencoba Windows 10, maka dari itu sebelum kalian rugi ataupun agak ragu saat mengupgrade Windows 10 ada beberapa hal yang harus kalian ketahui bahkan tidak boleh ditinggalkan.

1. Memiliki lisensi Windows 7/8.1

Memiliki lisensi Windows 7 yang sudah built in dengan SP1 serta Windows 8.1 juga menjadi pembahasan yang sangat hangat dikalangan pengguna Windows, ada salah satu inti yaitu pengguna diberikan gratis upgrade selama jangka waktu setahun dimana upgrade tersebut hanya bisa dilakukan oleh pengguna yang memiliki lisensi yang masih aktif. jika terdapat pengguna tidak memiliki lisensi yang aktif contohnya menggunakan server aktivasi selain Microsoft yaitu KMS mungkin saja dapat melakukan upgrade namun konsekuensinya akan datang setelah akhir bulan Agustus.

Microsoft sendiri baru akan menjual Windows 10 RTM ini kepasaran pada pertengahan bulan ini, namun belum diketahui kapan hal itu bisa terjadi mengingat itu hanyalah perkiraan kapan Windows 10 dijual kepada konsumen secara resmi.

2. Perhatikan spesifikasi minimum

[caption id="attachment_1982" align="alignnone" width="800"]Spesifikasi minimum Windows 10 Spesifikasi minimum Windows 10[/caption]

Windows 10 hadir dalam interface dan fitur yang modern tidak mungkin dia datang tanpa ada persyaratan spesifikasi minimum, ada beberapa hal yang mungkin tidak diketahui oleh para pengguna Windows kenapa spesifikasi minimum itu sangat penting.

Spesifikasi Minimum merupakan salah satu patokan yang dijadikan pedoman apakah PC/ Laptop/ Tablet yang digunakan dapat berjalan dengan baik diperangkatnya sehingga OS yang digunakan bisa berjalan dengan baik. syarat spesifikasi minimum juga dapat menjadi tolak ukur berapa biaya yang saya butuhkan untuk membeli PC yang berjalan di Windows 10.

Jika spesifikasi minimum sudah terlampaui maka kalian tidak perlu cemas apalagi spesifikasi yang kalian miliki sudah jauh dari kata minimum.

3. Apakah driver hardware sudah mendukung ?

Driver memiliki peranan penting dalam menjaga stabilitas sistem operasi, karena berkatnya mungkin kita tidak akan bisa menghitung bagaimana keuntungannya. Hardware boleh tinggi-tinggi tetapi apakah sudah tersedia driver yang mendukung Windows 10 mengingat OS ini baru saja dirilis minggu lalu

Jika kalian tidak memiliki driver yang mendukung, sangat tidak disarankan untuk melakukan Upgrade sebab itu dapat menyebabkan kerusakan didalam sistem operasi dan mungkin saja kalian bisa menginstall ulang secara rutin sebulan sekali atau seminggu sekali karena masalah ini.

4. Selalu terhubung dengan Internet

Hal yang harus diperhatikan bahkan menjadi sorotan sejak Windows Insider pertama kali diperkenalkan adalah pengguna harus selalu terhubung dengan Internet agar Windowsnya selalu up to date. dulu sekali ini hanya berlaku untuk komputer server, namun saat ini Windows 10 sepertinya menginginkan bahwa penggunanya harus dilindungi dari serangan berbahaya maka dari itu kebijakan ini diterapkan pada Windows 10.

Memang ini sangat berat bagi negara kita khususnya Indonesia yang masih memiliki tarif Internet yang terbilang mahal, namun dengan seiring perkembangan jaman kita tahu bahwa tarif ini akan berangsur-angsur turun karena diikuti dengan kemajuan teknologi.

Jika Anda sangat keterbatasan dengan internet maka kalian bisa mengaktifkan opsi metered connection untuk mengatur bahwa koneksi internet yang Anda miliki sangat terbatas dan tidak mungkin untuk melakukan update setiap saat.

Bagaimana apakah kalian siap menerima Windows 10 menjadi tamu spesial perangkat kamu ?, pastikan kalian tidak  mengetahui hal yang sepenting ini.