Komputer dengan yang dapat membantu keinginan penggunanya secara real time adalah salah satu harapan dari semua orang yang ingin memiliki sebuah satu unit komputer, cara mendapatkannya pun tidak serumit membeli sebuah satu sepeda motor. namun tetap saja uang akan berbicara dalam hal mudah untuk mendapatkan komputer yang dapat memproses data secara real time.

Komputer mungkin merupakan benda mati yang dapat berpikir layaknya manusia, namun kita lihat cara berpikir layaknya manusia mungkin tiap orang memiliki ingatan yang berbeda-beda bahkan jika dihadapkan dalam sebuah kasus manusia juga memiliki cara yang unik untuk menyelesaikannya. yang menjadi permasalahan adalah seberapa cepat tiap orang dapat menyelesaikan masalah itu, ini juga terjadi di komputer sendiri yang memiliki processor sebagai otak dari komputer itu sendiri.

Tak jarang komputer yang memiliki processor dengan spesifikasi yang sangat tinggi dapat menembus harga 2 juta bahkan lebih dari angka tersebut, meskipun begitu dia juga mempunyai umur tergantung dari pemakaian dari pengguna itu sendiri.

Lambat adalah salah satu sifat yang tidak biasa dimiliki oleh beberapa komputer ataupun orang seperti kita, banyak hal yang membuat komputer lambat bahkan jika dihitung-hitung itupun terjadi karena kesalahan dari penggunanya. Install Ulang hanyalah cara terburuk yang pernah ditawarkan oleh beberapa toko dan servis komputer, bukan membuat komputer menjadi segar tetapi malah menjadi beban bahkan efek dari keseringan install ulang hanya akan terlihat dalam jangka waktu yang relatif lama.

Apakah software sudah kompatible dengan hardware ?

Bisakah kalian menghitung berapa banyak software yang sudah dirilis di seluruh belahan dunia ini, pasti jawabannya adalah banyak. namun bagaimana jika saya ganti pertanyaannya dengan 'apakah software yang kalian gunakan sudah kompatible dengan hardware yang kalian miliki ?' mungkin 4 dari 5 orang akan kebingungan menjawab pertanyaan ini dan belum tentu pertanyaan yang saya lontarkan sama atau benar dengan apa yang saya pikirkan.

Berbicara tentang Software mungkin tidak akan ada habisnya karena setiap bulan bahkan tahun mereka memperbarui versi software yang dimiliki agar dapat membuat fitur yang baru atau membuat software yang dimilki lebih stabil dari sebelumnya, pada setiap updatenya pasti ada saja yang berubah dan meningkat termasuk spesifikasi minimum penggunaan software. sehingga tak jarang mereka yang melakukan update ataupun upgrade tidak membaca informasi perubahan spesifikasi minimum sehingga apapun yang terjadi nantinya akan jauh lebih berbeda dari versi sebelumnya.

Dalam kasus komputer yang lambat, software dapat menjadi biang keroknya masalah ini bahkan tidak jarang ada software yang memang aktif secara otomatis dalam background process contohnya seperti Anti Virus. ada juga yang software yang memang membutuhkan hardware yang lebih tinggi untuk memproses video misalkan sehingga membutuhkan VGA Card yang contohnya seperti Adobe After Effect.

Bagaimana jika spesifikasi minimum software tidak bisa di raih ?, efek pertama kali yang mungkin dirasakan adalah lambat bahkan tak jarang force close atau program crash sering terjadi sehingga apapun yang kalian buat menggunakan software tersebut akan hilang jika belum disimpan.

Jangan biarkan hard disk space terasa sempit

Terkadang ada suatu software yang membutuhkan beberapa space dari sisa hard disk untuk menyimpan data sementara dalam HDD, dalam hal ini jika program mengalami force close mungkin persentase kembalinya project yang tadi dibuat lalu tertutup karena force close dapat kembali dilanjutkan meraih angka 50% tergantung dari hard disk itu sendiri.

Local Disk C merupakan partisi vital yang sering digunakan untuk menjalankan sistem maka tak heran jika banyak software yang memanfaatkan cache untuk menyimpan file sementara dalam hard disk, semua data yang berkaitan dengan FILE TEMPORARY terdapat di dalam Local Disk C. namun disini kalian perlu tahu bahwa kalian harus menghapusnya secara berkala seperti sebulan sekali atau dua bulan sekali, kenapa begitu ?. karena ada software yang biasanya memanfaatkan cara ini untuk menyimpan file seperti contohnya adalah Internet Download Manager.

Bukan hanya itu saja aplikasi pemroses 3D ataupun Visual Effect seperti Adobe After Effect juga akan memerlukannya untuk keperluan pengamanan jika terjadi force close atau menjadi tempat penyimpanan sementara project yang sedang kita buat.

Cek kesehatan hardware

Hardware bisa jadi penyebab terjadinya lambat pada komputer, tak jarang banyak semua ini terjadi karena kerusakan hardware. Bukan tidak mungkin ini terjadi pada komputer yang baru saja kalian beli mungkin saya adalah salah satu korbannya.

Mungkin ada yang akan bertanya 'Hardware itu kan banyak ?', ya memang banyak namun setidaknya kita harus merawat seluruh hardware yang kita gunakan agar seluruh proses dalam komputer bisa berjalan dengan mulus seperti contohnya pada perawatan processor.

Processor yang kalian gunakan pasti memiliki kipas yang fungsinya membuat dingin atau mempercepat aliran panas keluar dari tubuh processor. pastikan sirkulasi udara dalam komputer lancar tidak boleh ada yang tersumbat, jika ingin lebih enak lagi gunakan fan case dengan ukuran yang sesuai dengan yang ada di casing PC.

Tak hanya itu kebersihan yang merupakan sebagian dari iman kita juga harus diperhatikan, jangan sampai debu menempuk disekitaran daerah mainboard atau motherboard, karena dapat menyebabkan sirkulasi udara tidak lancar atau penghantaran panas jadi tidak merata.