Setelah mendengar pengumuman tentang dirilisnya Microsoft Office 2016 oleh Microsoft secara resmi, tak lupa pada saat itu juga saya mulai mendownload file instalasinya tanpa mengetahui kalau instalasinya membutuhkan koneksi internet.

Strategi Microsoft untuk membuat instalasi seperti itu memang bukanlah hal yang misterius untuk diungkap karena Microsoft Office 2013 versi instalasi seperti ini juga tersedia.

Janji untuk mereview Microsoft Office 2016 akhirnya kali ini bisa saya penuhi, selain karena unsur kelanjutan artikel sebelumnya tapi ada unsur untuk memperkenalkan kepada para pengguna yang ingin mencicipi Microsoft Office 2016.

Hal - hal yang perlu diperhatikan saat menginstall aplikasi ini

 

Ada beberapa catatan yang mungkin perlu diketahui sebelum kalian menginstall aplikasi percobaan milik Microsoft ini diantara lainya yaitu :

  1. Jika pada umumnya setelah kalian menginstall Office versi terbaru namun kalian telah memasang Office namun memiliki versi rendah atau dibawahnya, Secara otomatis Office versi terbaru tersebut akan secara otomatis mereplace versi yang rendah ke baru. Namun pada versi Office kali ini kalian tidak perlu lagi takut versi Office yang lama terganti dengan versi Office 2016, karena defaultnya Office 2016 tidak akan mengupdate versi lawas Office kalian karena software ini adalah software percobaan.
  2. Microsoft Office 2016 ini tidak dianjurkan untuk digunakan pada kegiatan perkantoran selain digunakan untuk mencicipi, akan tetapi kalian boleh saja menggunakannya dengan resiko yang mungkin kalian tanggung sendiri.

Tampilan Interface yang baru

(Ilustrasi) Office 2016

Tampilan Interface dari setiap versi Office memiliki keunikan tersendiri baik mengikuti gaya dari interface Windows maupun membuat gaya sendiri yang mungkin berbeda dari interface Windows.

Tampilan Interface Microsoft Office 2016 Preview versi 16.06.3930.1008 ini tidak memiliki perbedaan yang cukup signifikan dalam tata letak, namun ada sedikit perubahan pada pewarnaan maupun terdapat garis pemisah.

Tetapi secara menyeluruh tampilan Microsoft Office 2016 ini sangat mirip dengan Microsoft Office 2013 dan sulit sekali menemukan apa perbedaan interface dari kedua versi tersebut.

Fitur searching untuk mencari beberapa fungsi dengan cepat

(Ilustrasi) Office 2016

Ada fitur yang mungkin menjadi daya tarik bagi saya untuk menggunakan Microsoft Office 2016 Preview kali ini, terdapat fitur searching yang mempermudah kalian untuk mencari beberapa fitur yang terdapat didalam Microsoft Office.

Mungkin ini yang baru bahkan fitur ini tidak bisa ditemukan pada Microsoft Office versi lainnya, meskipun sehari-hari kita menggunakan aplikasi Word untuk mengerjakan tugas yang diberikan bos namun fitur ini bisa diandalkan pada aplikasi Excel dalam hal mencari rumus untuk perhitungan matematika.

Bisa dibilang Microsoft ingin mempermudah para pengguna untuk menggunakan Program Office ini. dengan tampilan yang tidak sama dengan Office 2007, tetapi dengan fitur ini pengguna bisa mengetahui dimana letak fitur tersebut bahkan tidak perlu lagi repot-repot mencari pada daftar menu dan tab ribbon.

Tombol Feedback untuk mengirimkan kritik & saran

(Ilustrasi) Office 2016

Seperti ingin mengikuti jejak Windows Technical Preview atau Windows 10 Insider yang merupakan cikal bakal Build 10074, Microsoft Office 2016 disisipkan dengan tombol feedback yang berbeda dari software kebanyakan.

Tombol tersebut terletak pada pojok kanan atas dibawah tombol control window, terdapat icon smile untuk mengekspresikan bahwa kalian puas dengan versi Office 2016 Preview ini dan icon frown untuk mengekspresikan bahwa kalian tidak begitu puas dengan Office 2016 karena bug ataupun berbagai hal yang membuat anda tidak senang dengan versi Office 2016 ini.

Untuk mengirimkan feedback sebaiknya gunakan bahasa inggris untuk mempermudah para tim developer untuk mengembangkan aplikasinya sehingga mereka tidak memerlukan banyak tenaga untuk menerjemahkan setiap kata yang kalian sudah kalian kirimkan lewat fitur ini.

Versi Trial berlaku 180 hari sejak pertama kali di install

(Ilustrasi) Office 2016

Jika pada Windows Technical Preview atau Windows 10 Insider memiliki umur untuk dapat dijalankan pada sistem PC kalian. maka pada Office 2016 kalian diberikan waktu trial selama 180 hari sejak pertama kali menginstall Office 2016 ini.

Sama seperti versi Office pendahulunya, jika versi trial sudah lewat masa percobaannya maka kalian diwajibkan untuk membeli license key pada Microsoft maupun Online Store yang kalian biasa kunjungi.

Namun jika kalian tidak memilikinya kalian cukup menguninstall Office 2016 ini dan menggunakan kembali versi lawas Office kalian karena Office versi lawas kalian tidak diganti oleh Office 2016 jadi jangan uninstall Office versi lawas yang terinstall di PC kalian.

Kesimpulan

Pada akhir artikel saya bisa menyimpulkan ini merupakan salah satu cara microsoft untuk menciptakan universal apps yang nantinya akan di implementasikan pada Windows 10, sehingga kalian bisa menggunakan produk Office dimana saja dan kapan saja tanpa takut adanya perubahan terhadap file dokumen yang kalian buat.