Senang download aplikasi atau video dari youtube ?, pasti kalian akan membutuhkan software downloader agar file yang di download aman dari segala jenis gangguan khususnya dalam masalah lambatnya koneksi internet yang kalian miliki.

Untuk urusan seperti ini banyak orang yang mengetahui lebih baik menggunakan IDM daripada download menggunakan browser, tapi tunggu dulu apakah IDM yang digunakan itu adalah versi asli atau versi bajakan ?. dari hasil pengamatan yang saya dapatkan baik dari melihat langsung dari laptop teman ataupun facebook, rata - rata adalah raja download ini menggunakan IDM versi bajakan.

Kita pasti tahu bahwa penggunaan versi bajakan adalah sebuah pelanggaran hak cipta yang mungkin sangat berat sanksinya, meskipun di Indonesia masih begitu longgar hukum mengenai penggunaan aplikasi bajakan namun jika hal ini sudah diterapkan maka siap - siap untuk ditindak.

Daripada kita menggunakan IDM versi bajakan lebih baik kita menggunakan software downloader sejenis IDM, banyak sekali software downloader tersebut yang bertebaran di google dan tak sedikit ada juga downloader yang masih perlu perbaikan.

disini saya akan memberikan 3 aplikasi downloader yang menurut saya lebih baik dari IDM agar bisa menjadi sumber referensi untuk kalian yang masih menggunakan IDM versi bajakan.

Free Download Manager (FDM)

[caption id="attachment_1844" align="alignnone" width="767"]FDM Window Tampilan Free Download Manager[/caption]

Free Download Manager adalah daftar pertama dalam aplikasi download selain IDM yang paling sering saya gunakan untuk mendownload berbagai jenis file baik dari server website maupun server torrent, yang paling menarik dari aplikasi ini yaitu fitur pemberian pendapat pada FDM.

Jika pada torrent aplikasi ini berfungsi untuk memberikan komentar terhadap file yang di download maka di FDM fitur ini juga hampir sama dengan yang ada di torrent, kabar baiknya adalah aplikasi ini menggunakan license GNU General Public License yang berarti aplikasi ini bersifat open source.

Free Download Manager sangat berfungsi sekali jika kalian menggunakan Google Chrome karena file yang akan di download secara otomatis di direct ke Free Download Manager, namun pada Mozilla Firefox hal itu masih jarang terjadi dan tak sekali kalian harus mencopy link downloadnya terlebih dahulu sebelum memulai proses download pada Free Download Manager.

Kelebihan :

  1. Mendukung pengunduhan uTorrent
  2. Terdapat preview file pada file yang sedang dalam proses download
  3. Fitur komentar pada file yang di download

Kekurangan :

  1. Belum terintegrasi kuat dengan mozilla firefox

Flash Get

[caption id="attachment_1848" align="alignnone" width="900"]FlashGet Window Tampilan Interface FlashGet[/caption]

Jika Free Download Manager menjadi software downloader pengganti IDM yang paling baik menurut saya, maka FlashGet datang menjadi software downloader teraman dari FDM dan software yang mendukung lebih dari dua jenis download protokol selain torrent.

Fitur yang menjadi FlashGet menarik yaitu memanggil anti virus untuk menscan file yang telah selesai di download, mungkin ini menjadi lebih berguna jika anti virus yang kita gunakan adalah anti virus premium yang memiliki fitur yang baik.

Kelebihan :

  1. Fitur memanggil anti virus untuk menscan file yang telah selesai di download
  2. Support lebih dari 2 protokol download

Kekurangan :

  1. Belum terintegrasi baik dengan browser

Download Accelerator Plus (DAP)

[caption id="attachment_1849" align="alignnone" width="900"]Tampilan Download Accelerator Tampilan Download Accelerator[/caption]

Download Accelerator Plus atau biasa disebut DAP ini merupakan software buatan speedbit yang memiliki berbagai macam fungsi bahkan dapat mengalahkan kedua software downloader diatas, disamping fungsinya sebagai downloader DAP ini juga dapat mendownload file video dari youtube atau menconvertnya langsung dari youtube ke file mp3.

Bukan hanya itu saja pilihan AddOns pada DAP ini juga begitu banyak sampai - sampai kita tergoda untuk mencobanya. meskipun begitu ini adalah versi gratis dari versi berbayarnya jadi pasti ada saja fitur yang sengaja dimatikan agar pengguna mau melakukan donasi untuk mendapatkan versi premiumnya.

Kelebihan :

  1. Tersedianya AddOns
  2. Terdapat opsi download video atau convert mp3 dari youtube
  3. Fitur keamanan yanng terjamin

Kekurangan :

  1. Terdapat fitur yang dimatikan karena ini adalah versi free

Bagaimana apakah ada salah satu software yang kalian ingin coba ?