Anti Virus adalah salah satu software security yang paling penting untuk digunakan agar dapat bertahan oleh serangan virus yang  datang dari media apapun baik flashdisk, DVD, hingga melewati jaringan Internet. banyaknya varian Anti Virus yang tersedia dipasaran membuat sedikit pengguna khususnya orang awam agak kurang begitu paham dengan anti virus pilihannya.

Pasalnya ada anti virus yang di desain untuk penggunaan rumahan sehingga anti virus tersebut sangat ringan untuk digunakan, ada juga anti virus yang di desain untuk penggunaan kantoran sehingga agak membutuhkan biaya ekstra untuk membeli 1 licensenya, tak hanya itu ini juga berlaku pada Anti Virus yang dapat didownload secara gratis atau free.

Lalu bagaimanakah cara untuk memilih sebuah software Anti Virus yang cocok terhadap kegunaannya untuk PC maupun Laptop dan seberapa mungkin anti virus yang kalian gunakan dapat berjalan secara maksimal atau sesuai dengan kemampuan yang dimiliki oleh PC maupun Laptop. kali ini saya akan memberikan sedikit tips untuk memilih sebelum menggunakannya.

Kamu pengguna rumahan ?

Untuk pengguna PC atau Laptop yang sering menggunakan perangkatnya untuk kegiatan yang berhubungan dengan tugas rumah, maka kalian tidak perlu membeli license Anti Virus yang harganya dapat menyentuh 500rb per bulan misalnya. dalam berbagai hal pengguna rumahan memang sangat sedikit untuk mempunyai kemungkinan tentang datangnya virus, namun virus ini bisa datang karena penggunanya sendiri yang secara tidak sengaja memasukan data penyimpanan eksternal yang mengandung virus kedalam PC maupun Laptop.

Jika kamu adalah pengguna rumahan, kamu dapat menggunakan AntiVirus yang memang sudah disediakan gratis bahkan sudah banyak tersedia di Internet. setelah itu tugas kalian hanyalah duduk manis bekerja dengan PC atau Laptop dan selalu mewaspadai seluruh media penyimpanan yang tersambung kedalam perangkat.

Untuk para Netizen

Pengguna rumahan memang hampir mirip dengan netizen (sebutan untuk orang yang sering beraktivitas di dunia maya), bedanya hanya terletak pada tersedianya koneksi internet dan tidak tersedianya koneksi internet. penyebaran virus didalam dunia maya atau internet ini memang sangat berbeda dari pengguna rumahan, biasanya penyebaran virus ini bisa datang lewat iklan-iklan yang mengandung spam maupun konten yang tidak pantas serta sering mendownload downloader jika ingin mendownload sebuah file lewat situs berbagi file.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan bahkan mengatasinya, kalian dapat menggunakan AntiVirus yang gratis dengan catatan antivirus tersebut telah memiliki proteksi terhadap internet atau bisa juga disebut dengan Internet Security.

Bagaimana jika specsnya rendah ?

Spesifikasi rendah memang hal yang tidak dapat dihindari karena ini dapat terjadi karena penggunanya membeli perangkat yang salah untuk suatu tujuan. beda tujuan memang memiliki perbedaan pada setiap spesifikasinya contohnya seperti PC Gaming, PC Multimedia, Bahkan PC Perkantoran. semuanya memiliki spesifikasi yang sudah ditentukan bahkan ada juga standar pada tiap-tiap jenis PC ataupun Laptop.

Jika hal ini terjadi maka pilihlah antivirus yang ringan untuk spesifikasi yang pas-passan, ini dimaksudkan agar seluruh process yang terjadi pada PC ataupun Laptop tidak berfokus ke Anti Virus saja.