Sudahkah kalian mendownload Windows 10 Preview Build 9926 ?, lalu bagaimana kesan pertama kali kalian menggunakan Windows 10 Preview Build 9926. mungkin hal ini yang mungkin menjadi pertanyaan besar bagi calon pengguna Windows Technical Preview atau Windows 10 Preview.

Windows 10 Preview merupakan salah satu OS terbaru dalam Windows Technical Preview, namun ada kabar kalau Windows 10 merupakan salah satu OS terakhir Microsoft dan ingin mengikuti jejak kompetitornya seperti Apple dan Google.

Namun perlu kalian ingat Windows 10 Preview Build 9926 merupakan OS yang tidak wajib diinstall pada penggunaan komputer sehari-hari, jadi jika terdapat kerusakan atau cacat fitur pada OS ini maka kalian harus bisa bersabar dan setidaknya mengirim feedback ke Microsoft tentang adanya kerusakan atau adanya cacat fitur dalam OS tersebut.

Namun bagaimana kesan pertama menggunakan Windows 10 Preview Build 9926 ?, kali ini saya akan memberikannya kepada kalian dan inilah daftarnya.

Interface semakin mengarah ke Flat UI

Kalian pasti atau sering mendengar kata Flat UI, Flat UI (User Interface) merupakan salah satu gaya tampilan yang menggunakan warna, ukuran serta jenis font, dan keseimbangan menjadi faktor atau point utama dari bagusnya Flat UI. namun Windows 8x juga sudah menggunakan konsep Flat UI, tetapi gaya interfacenya juga lebih mengarah ke Metro yang menggunakan konsep kotak-kotak dan scroll secara horizontal.

Animasi semakin lebih terasa dari versi sebelumnya

Beda dengan Windows versi sebelumnya, Windows 10 Preview memiliki animasi yang sangat lengkap bahkan sampai lengkapnya efek animasinya sangat halus dari sebelumnya. dengan begitu tampilan Interface yang semakin mengarah ke Flat UI juga akan didukung dengan animasi yang halus dan banyak sehingga membuat tampilannya menjadi interaktif.

Banyak menghabiskan kapasitas hardisk

Jika pada versi sebelumnya, Windows Technical Preview masih bisa bernafas lega karena ukuran file systemnya sama dengan Windows 8x kebawah. maka pada Windows 10 Preview Build 9926 kalian mungkin akan sedikit tercekik, tidak tanggung-tanggung hampir setengah dari ukuran penuh 1 partisi 100GB digunakan untuk Windows 10 Preview. namun itu tidak bermasalah pada pengguna yang memiliki partisi diatas 100GB namun bagaimana jika dibawah ?.

Mirip Windows Phone ?.

Ada yang lain dari Windows 10 Preview, ternyata Windows 10 Preview memiliki tampilan yang hampir mirip seperti Windows Phone. hal itu dapat kalian lihat pada Action Centre dan daftar aplikasi pada Continuum. meskipun begitu, tampilan tersebut tidak mengurangi fungsi dari fitur yang ditawarkan.

Masih tidak cocok untuk pengguna rumahan

Windows 10 Preview memang tidak didesign untuk pengguna rumahan atau sehari-hari, karena memang masih ada bug atau cacat fitur yang masih terdapat pada Windows 10. hal itu terasa saat saya membuka Google Chrome dan membuka Continuum, jika banyak aplikasi yang terbuka maka apapun yang dibuka dan tidak compatible dengan Windows 8 akan hang dan lebih parahnya lagi jika Windows kalian hang maka kalian diharuskan untuk merestart PC.

Semoga artikel ini menjadi sumber referensi atau pertimbangan bagi calon pengguna Windows 10 Preview Build 9926.