Windows 10 merupakan salah satu OS terbaru Microsoft yang masih dalam tahap perkembangan dan kita dapat menyicipinya lewat Windows Technical Preview, namun ada yang unik dari sistem operasi baru besutan Microsoft ini dan berbeda dari sistem operasi lainnya.

Windows 10 kini hadir di semua perangkat yang mensupport produk Microsoft seperti PC All In One, PC Rakitan, Notebook, Smartphone, hingga game konsol xbox. hebatnya lagi Microsoft menggunakan konsep Universal Apps yang memungkinkan pelanggannya untuk menggunakan aplikasi di berbagai perangkat.

Microsoft HoloLens

Dalam acara Windows Briefing pada halaman Windows 10 : The Next Chapter banyak menghadirkan teknologi baru yang sangat luar biasa seperti Microsoft HoloLens, Teknologi Microsoft HoloLens memiliki bentuk dan teknologi yang sama seperti Google Glass namun pengguna akan masuk dunia digital secara penuh yang memungkinkan untuk berinteraksi dengan perangkat lainnya.

Berikut adalah video demonstrasi penggunaan Microsoft HoloLens :

[youtube https://www.youtube.com/watch?v=aThCr0PsyuA]

Meskipun bentuknya tidak seperti kacamata biasa namun pengalaman yang akan diberikan akan lebih nyata tanpa adanya kekurangan, untuk memantau perkembangan tentang Microsoft HoloLens kalian dapat melihatnya pada website Microsoft pada link ini.

Game Konsol xbox

Mungkin pengguna Game Konsol xbox saat ini boleh berbahagia saat Windows 10 dirilis, karena aplikasi xbox dapat kalian temukan pada versi desktop maupun versi mobile, semua pengalaman bermain game akan terasa jika kalian menggunakan aplikasi xbox karena game yang ada di game konsol xbox akan tersingkronasi dengan desktop maupun smartphone dengan menggunakan 1 akun yang sama. sayangnya fitur ini belum masuk ke Indonesia untuk saat ini jadi kalian harus sedikit bersabar.

Menghadirkan start menu dan start screen yang baru

Windows 10 juga menghadirkan start menu yang baru dengan penggabungan konsep start menu Windows 7 dengan start screen Windows 8x, pengguna yang masih ingin terus menggunakan Start Screen juga dapat merubah start menu ke mode full screen. bagi pengguna Windows Phone mungkin tidak akan merasakan sedikit perubahan namun perubahan itu akan sangat membantu dalam mengubah background saja yang sebelumnya background pada start screen hanya berfungsi untuk mengisi background tile yang kosong.

Hadir dengan browser Spartan

Microsoft mungkin akan mengubah sedikit sejarahnya dalam hal aplikasi browser default pada sistem operasi, pada versi terdahulunya, Microsoft hanya menghadirkan Internet Explore pada Windows dan hanya pada saat perilisan Windows 8x, Microsoft merilis Internet Explore dalam versi modern apps dan tampilannya hampir mirip seperti browser pada Windows Phone.

Upgrade ke Windows 10 tetap gratis.

Kabar gembira ini memang sangat dinanti-nanti oleh pengguna Microsoft, pengguna Windows 7, Windows 8x serta Windows Phone 8x akan diberikan kesempatan upgrade ke Windows 10 secara gratis tanpa perlu ganti hardware lagi. namun disamping kabar tersebut ternyata ada isu yang menyatakan bahwa pengguna PC yang upgrade ke Windows 10 akan diberikan pelayanan gratis selama 1 tahun dan setelah lewat 1 tahun support tidak akan diberikan jika kalian tidak berlangganan produk Microsoft.

Anda bingung dengan Windows 10 ?

Jika kalian bingung dengan Windows 10 atau bingung dengan isi artikel ini, mungkin video penjelasan singkat Windows 10 yang diterangkan oleh Joe Belfiore akan membantu kalian untuk mengenal Windows 10. bagaimana apakah kalian siap menggunakan sistem operasi generasi terbaru milik Microsoft.

[youtube https://www.youtube.com/watch?v=teoZk3QEc40]