Siapa sangka Windows 7 yang merupakan salah satu OS yang mulai populer belakangan ini di Indonesia ternyata masa mainstream supportnya sudah dihentikan oleh Microsoft, OS yang dirilis 2 tahun ini memang sudah saatnya untuk dihentikan karena dilihat dari 2 tahun lalu Microsoft sudah menghentikan support secara penuh terhadap Windows 7 tanpa service pack.

Mainstream Support merupakan salah satu masa dimana pengguna dapat merequest fitur-fitur baru, mendapatkan update security, mendapatkan support tentang adanya permasalahan tertentu, sampai support yang berbayar. namun setelah mencapai masa Extended Support pengguna hanya mendapatkan update security dan mendapatkan support yang sifatnya berbayar.

Lalu bagaimana pengaruhnya untuk pengguna Windows 7 kebawah ?

Berpengaruhnya masa support Windows 7 juga dapat mempengaruhi pengguna Windows Vista ataupun Windows XP yang pertama kali dihentikan pada tahun lalu, karena pengguna dibawah Windows 7 mau tidak mau harus melakukan Clean Install langsung ke Windows 8.1 karena pembelian online untuk produk Windows 7 dan Vista sudah dihentikan bahkan sudah tidak ada lagi menjualnya.

Clean Install memang tidak bermasalah pada PC yang baru saja di beli namun Clean Install bisa saja menjadi masalah pada PC yang mempunyai data dalam jumlah besar dan proses pemindahan data dari hardisk 1 ke hardisk 2 akan memakan waktu yang sangat lama.

Lalu bagaimana solusi untuk Windows 7 tanpa service pack ?

Pengguna Windows 7 tanpa service pack sudah dihentikan masa supportnya pada tanggal 9 April 2013, Pengguna Windows 7 juga dapat mengupgrade secara gratis Windows 7 Service Pack 1 dari Windows Update atau lewat halaman ini.

Microsoft juga menyarankan untuk selalu mengupdate windows secara rutin karena pada masa ini OS yang sudah dihentikan masa mainstream supportnya tidak akan mendapatkan perbaikan-perbaikan dalam hal tertentu, jadi pastikan update windows kalian sebelum hal-hal yang tidak di inginkan terjadi.