Tahun 2015 mungkin adalah tahun dimana semua teknologi yang ada saat ini akan diupdate secara besar-besaran oleh beberapa pengembang PC terkenal seperti contohnya Intel, jika pada tahun sebelumnya terdapat PC yang seukuran hardisk maka sejak Concumer Electronic Show (CES) 2015 dibuka Intel membuat sebuah inovasi baru yang membuat kalangan pengguna smartphone mulai terdiam.

Computer Stick adalah salah satu komputer mungil sebelum Guleek i8 yang dipamerkan pada acara CES tahun ini, salah satu produk intel ini adalah produk yang benar-benar tidak berbohong karena dari namanya PC sudah dapat kita prediksi berukuran seperti stik skrim atau lebih tepatnya seukuran flashdisk.

Seperti Flashdisk ?

Selayaknya flashdisk pada umumnya Computer Stick ini memiliki port HDMI yang kalian dapat gunakan untuk memasukkannya kedalam TV LED selagi terdapat slot HDMI pada TV tersebut, tak hanya itu terdapat juga konektivitas MicroUSB yang memungkinkan pengguna untuk mengisi daya baterai atau mentransfer data.

Spesifikasi Computer Stick ?

Computer Stick dibuat dengan processor Intel Atom Z3735F Bay Trail yang merupakan processor mobile intel namun kinerjanya hanya sebatas tablet, Spesifikasi Computer Stick ini juga bervariasi seperti Computer Stick yang menggunakan sistem operasi Linux yang akan menggunakan RAM 1GB dan Memori Internal 8GB sedangkan yang menggunakan sistem operasi Windows 8.1 akan menggunakan RAM 2GB dan Memori Internal 32GB.

Spesifikasi tersebut dibuat karena kedua OS tersebut memiliki perbedaan yang cukup signifikan dimana Linux hanya menggunakan sedikit memori dibanding Windows yang membutuhkan memori yang lebih besar daripada Linux, akan tetapi semua keterbatasan itu dapat di tutupi dengan adanya fitur konektivitas Bluetooth dan WiFi yang memungkinkan pengguna untuk mentransfer data ataupun menjelajahi internet.

Kekurangan Computer Stick

Computer Stick mungkin akan memiliki kekurangan yang mungkin agak sangat mengganggu yaitu tidak dapat mengisi baterai lewat port HDMI, layaknya sebuah smartphone pengguna juga harus memasang charger dengan kabel MicroUSB dan jika sudah terisi dengan penuh maka pengguna juga harus melepas kembali charger yang terpasang di Computer Stick.

Kapan dijual ?

Compute Stick rencananya akan mulai dijual pada Maret 2015. Versi Windows-nya dibanderol seharga 149 dollar AS atau sekitar Rp 1,8 juta dan versi Linux dibanderol 89 dollar AS atau sekitar Rp 1,1 juta. jadi jika kalian ingin membeli pastikan terlebih dahulu barang ini memang sudah ada di toko pada bulan Maret ataupun 2 bulan sesudah maret.