Windows OEM (Original equipment manufacturer) dan Windows Retail dua-duanya adalah sama-sama produk dari Microsoft hanya saja jenis dari kedua versi Windows ini memiliki perbedaan yang sangat signifikan dalam urusan aktifasi, namun kedua jenis produk ini biasanya dikeluarkan dengan cara yang berbeda seperti Windows OEM yang biasanya sudah bundling dengan laptop-laptop tertentu dan Windows Retail yang dikemas dalam bentuk DVD.

Namun dimata penggunanya Windows OEM dan Windows Retail ternyata dianggap sama kenapa bisa begitu ?, karena kedua Windows ini tidak memiliki fitur yang berbeda apalagi fitur yang sangat spesial. kali ini saya akan memberikan sebuah perbedaan antara Windows versi OEM dan Windows versi Retail.

Windows OEM

Windows OEM (Original equipment manufacturer) adalah OS Windows yang biasanya sudah satu paket dengan laptop-laptop tertentu karena adanya kerjasama antara si pembuat laptop dengan Microsoft, uniknya tidak semua laptop yang memiliki Windows OEM memiliki kelengkapan software yang sama karena itu tergantung dari vendor. bukan hanya itu Windows OEM juga tidak lagi memerlukan DVD Windows untuk melakukan recovery atau reset ulang Windows, cukup mengikuti instruksi dari buku panduan kalian bisa melakukan hal-hal itu.

Kelebihan :

Kelebihan OS jenis OEM adalah kalian tidak perlu menginstall aplikasi yang sudah ada didalam laptop kalian, bukan hanya itu keaslian dari software-software yang sudah ada di laptop tersebut telah dijamiin oleh vendornya sendiri dan itu mampu menghilangkan rasa takut akan adanya software bajakan di dalam laptop yang baru kalian beli.

Kekurangan :

Kekurangan OS jenis OEM ini adalah kalian tidak bisa sembarangan melakukan upgrade hardware berskala besar, contohnya kalian ingin mengupgrade HDD yang sudah mulai penuh. Kalian tidak bisa melakukan itu dan mempraktekkannya dirumah, namun hal itu bisa diatasi dengan memberikan laptop tersebut ke vendor kalian lalu beritahu kepada pegawainya bahwa kalian ingin mengupgrade kapasitas HDD.

Windows Retail

Windows Retail adalah OS Windows yang dijual terpisah dari laptop atau PC tidak ada yang istimewa dari OS satu ini dan pastinya harganya lebih mahal dari Windows OEM, Windows Retail selalu dijual dalam bentuk DVD jadi untuk kalian yang masih awam untuk menginstall Windows sebaiknya kalian bisa langsung menggunakan jasa install Windows kepada penjual dengan menggunakan Windows Retail.

Kelebihan :

Windows Retail dapat diaktifasi berkali-kali dengan batasan yang sudah ditetapkan oleh Microsoft, jadi jika kalian ingin mengupgrade atau bahkan mengganti Komputer kalian dapat menggunakan DVD ini untuk menginstallnya dan langsung mengaktifkannya secara online.

Kekurangan :

Windows Retail hanya berisi OS tidak kurang dan tidak lebih bukan hanya itu saja drivernya pun kalian harus menyiapkannya sendiri sebelum menginstall OS ini.

Bagaimana apakah artikel ini bermanfaat untuk kalian ?, jika ada sedikit pertanyaan kalian bisa mereply artikel ini atau bergabung di Forum Kolombaru.