Penyimpanan flash dengan standar koneksi USB 3.1 rencananya akan dirilis di ajang Consumer Electronic Show 2015 awal tahun 2015. Vendor pertama yang akan merilisnya adalah Adata.

Belum ada informasi resmi berapa kapasitas penyimpanan yang akan dirilis oleh Adata dengan standar port penyimpanan flash terbaru ini, namun banyak pihak yang memprediksi kapasitasnya berkisar antara 128 GB hingga 1 TB.

Flashdisk yang dibuat oleh Adata dikatakan akan memiliki koneksi Bluetooth sehingga bisa dipasangkan dengan perangkat mobile.

Bluetooth tersebut juga berfungsi untuk kunci pengaman perangkat mobile seperti smartphone dan sebagainya.

Standar USB 3.1 diumumkan pertama kali pada Juli 2013 lalu. Standar koneksi baru tersebut diklaim mampu memberikan kecepatan transfer hingga 10 Gbps. Kecepatan tersebut tiga kali lebih kencang dibanding standar USB 3.0 yang mulai populer saat ini.

Selain itu, kecepatan standar USB 3.1 juga akan menyamai rerata transfer standar koneksi Thunderbolt yang dikembangkan oleh Intel.

Selain kecepatan yang lebih kencang, standar USB 3.1 juga memiliki port bolak-balik universal yang bisa menggantikan baik port USB dan microUSB, dan bisa mengalirkan arus daya hingga 100 Watt yang cukup untuk menghidupkan laptop atau monitor tertentu.

USB 3.1 juga akan kompatibel ke belakang dengan perangkat USB yang beredar saat ini. USB 3.1 diharapkan bisa menarik minat pengguna perangkat mobile sekaligus komputer desktop.

Via TechRadar