Seperti yang kalian ketahui sebelumnya Microsoft sudah meluncurkan Windows 8.1 Update pada tanggal 8 April 2014 bertepatan pada hari kematian Windows XP pada tahun ini. nah bagi kalian yang belum mencoba Windows 8.1 Update kalian dapat mengupdate lewat Windows Update ( Pada Windows 8.1 ) dan Upgrade lewat Windows Store ( Pada Windows 8 ) tanpa perlu update kembali di Windows 8.1.

Ada beberapa fitur yang sebenarnya tidak ada bedanya dengan Windows 8.1 dan Windows 8 namun fitur ini memiliki fungsi yang bisa memperkuat intergrasi antara Metro Apps dengan Desktop Apps diataranya :

1. Windows Store on Taskbar

f2f02-screenshot_14
Metro Apps yang sudah terintergrasi dengan Taskbar

Sekarang kalian tidak perlu lagi menekan shortcut Win + Tab atau Alt + Tab atau mengarahkan kursor ke bagian pojok, kalian dapat menggunakan taskbar untuk mengganti-ganti apps secara bebas bukan hanya itu kalian juga bisa melihat tampilan apps saat di minimize dengan Peek.

2. Perubahaan Start Screen

9c168-screenshot_15
Penambahan Tombol Shutdown dan search

Microsoft memang sudah semakin pintar dengan produknya sendiri, karena mungkin kebanyak dari semua pengguna Windows 8 masih bingung dengan cara melakukan shutdown dan search, padahal pengguna dapat melakukan shutdown menggunakan charmbar dan menggunakan fitur search dengan cara langsung mengetik apa yang kita inginkan.

3. Perubahan pada Daftar Aplikasi di Start Screen

3f157-screenshot_16
Perubahan pada daftar aplikasi di start screen

Disamping penambahan tombol shutdown dan search pada Start Screen, Microsoft juga merubah beberapa fitur pada Daftar Aplikasi di Start Screen, yaitu mengubah filter berdasarkan tanggal menginstall, nama, aplikasi yang sering digunakan sampai Kategori.

4. Penambahan Konteks Menu

0355b-screenshot_17
Penambahan Konteks menu pada Windows 8.1 Update

Konteks menu pada start screen juga di ubah kembali, pada awalnya jika kalian mengklik kanan salah satu tile entah itu Metro Apps sampai Desktop Apps nanti akan muncul menu dibagian bawah dari Open App sampai Unpin from Start. Namun pada Windows 8.1 Update fitur tersebut diganti dengan konteks menu disamping untuk memudahkan konteks menu ini juga bertujuan untuk mempercepat saja.

5. Perubahan pada PC Settings

531f6-screenshot_18

PC Settings juga mengalami perubahan seperti adanya link yang mengarahkan ke Control Panel hingga tombol Search yang berguna untuk mencari pengaturan pada PC Settings, meskipun tidak ada perubahan yang segnifikan tetapi ini sangat membantu untuk pengguna awam.

6. Penambahan Title Bar pada Metro Apps

8eff6-screenshot_19

Ada sebuah kemajuan pada Windows 8.1 Update kali ini, unsur terpenting seperti title bar dimasukan pada Metro Apps dan memungkinkan pengguna melakukan minimize dan close apps. sama seperti title bar Dekstop Apps jika kalian mengklik kanan ikon apps maka akan muncul konteks menu Snap Left, Snap Right, Minimize, Maximize hingga Close. namun perlu anda ketahui jika anda menutup aplikasi lewat Title Bar sebenarnya Apps itu tidak benar-benar sudah tertutup namun disimpan dalam suatu proses, lalu ketika kalian ingin membuka apps tersebut yang diclose lewat Title Bar. Aplikasi tersebut seperti sangat cepat terbuka dan data-data yang belum tersimpan masih ada, namun saya yakin fitur ini tidak akan bertahan jika cara kerjanya seperti itu.

7. Auto Detect TouchScreen

Ada yang berbeda pada Windows 8.1 Update kali ini, jika pada sebelumnya saat kalian menghidupkan PC secara default pengguna akan diarahkan pada Start Screen. namun pada update kali ini pengguna yang tidak memiliki fitur touchscreen pada PCnya yang akan diarahkan terlebih dahulu pada Start Screen namun jika tidak menggunakan fitur touchscreen pengguna akan diarahkan langsung ke tampilan desktop.

Bagaimana review saya kali ini cukup menarik bukan, jika anda ingin mencoba silahkan langsung Upgrade PC anda yang menggunakan Windows 8 lewat Store atau jika sudah memiliki Windows 8.1 kalian bisa langsung update pada Windows Update.

Ayo buruan ini gratis dan jika anda tidak mengupdate kalian tidak akan bisa mengupdate Windows lagi sebelum terdapat file update yang belum di download dan di install.