Bagi kalian yang biasanya sering ke warnet untuk download baik itu berupa file musik ataupun program sebaiknya perlu waspada dengan adanya virus di warnet, bukan untuk menakut-nakuti namun ini sudah mulai menyebar secara perlahan. meskipun virus-virus tersebut menginfeksikan PC lewat perantara Flashdisk namun PC yang digunakan secara umum juga memiliki kemungkinan adanya virus jika PC tersebut tidak ada antivirus atau OSnya bajakan.
Ada beberapa virus yang mungkin menjadi primadona PC di warnet-warnet diantaranya :
  1. Ramnit
  2. Sality.H
  3. Virut.NBP
  4. Autorun.gen
  5. LNK/Autostart.A
Jika anda tidak mau virus tersebut masuk ke dalam flashdisk dan menginfeksikannya ke PC kamu ada baiknya untuk mengikuti cara yang saya berikan :
  1. Pastikan Sistem Operasi pada Warnet kamu sudah diatas Windows 7, pada umumnya Warnet yang tersebar di Indonesia menggunakan Windows XP untuk menjadi sistem operasinya. meskipun OS ini terbilang ringan namun anda tidak mengetahui bahwa kerentanan keamanan pada OS tersebut sangat besar. Jika sistem operasi yang digunakan pada warnet tersebut asli itu memang tidak masalah namun bagaimana yang bajakan mungkin pelanggan tidak tahu apakah windows tersebut asli atau tidak.
  2. Matikan fitur sharring yang berjalan pada Windows, ini bertujuan untuk menghindari penyebaran virus melalui sambungan LAN. bukan tidak mungkin jika ini terjadi tapi ada beberapa warnet yang melarang pelanggannya untuk menghidupkan fitur ini dan ada juga yang tidak.
  3. Jika anda sudah terlanjur memasukan flashdisk kamu dan pada akhirnya flashdisk yang kamu gunakan  sudah terinfeksi dengan virus, langkah pertama adalah update database virus pada antivirus yang kamu gunakan dan jangan gunakan file-file yang ada di flashdisk terlebih dahulu karena itu hanya menyebabkan virus menyebar secara mudah.
  4. Jika cara ketiga tidak berhasil dan PC yang kamu gunakan sudah terinfeksi virus, gunakan tools dari microsoft yang bernama Malicious Software Removal Tool karena tool ini sangat berguna untuk menghapus virus yang ada. namun sebenarnya ini sudah tidak perlukan lagi jika sering melakukan update pada Windows Update.
Bagaimana mudah bukan ??.
Sekarang tergantung pada anda sendiri dan lebih baik lakukan update setiap hari dan rutin pada Windows Update sehingga PC yang kamu gunakan tidak terserang oleh virus-virus yang siap menghancurkan semua file dan program.