Masa support Windows XP sudah habis nahh bagi kamu yang masih menggunakannya sebaiknya pikir-pikir dulu kalau memang ingin bertahan pada OS jadul satu ini, Windows XP bisa dibilang OS paling terbagus dibanding OS lainnya karena pengguna awam tidak perlu belajar menggunakan Interfacenya yang sudah User Friendly dan OS terbarunya seperti Vista sampai 8.1 harus dipelajari lagi hingga benar-benar bisa.

Nahh jadi ada beberapa alasan kenapa orang masih tetap tinggal di Windows XP :

  1. User Interface yang sudah familiar membuat OS ini sangat susah untuk dimatikan.
  2. Jika User Interface pada Windows setelah Windows XP sama maka pengguna akan berpikir untuk tetap menggunakan Windows XP karena sangat ringan untuk dijalankan.
  3. Komputer yang digunakan tidak sesuai dengan spesifikasi untuk OS setelah Windows XP, ini bisa jadi penyebab utama kenapa orang tidak mau Upgrade ke Windows XP.
  4. Pengguna tidak mau lagi merasa rugi pasca terjadinya kasus pada Windows Vista, parahnya kejadian ini hampir terulang pada Windows 8.

Namun jika anda tidak meninggal Windows XP dan OS tersebut asli mungkin akan mendapatkan konsekuensi seperti layaknya menggunakan Windows XP Bajakan :

  1. Tidak akan mendapat support teknis dari Microsoft.
  2. Tidak akan ada lagi Update Patch untuk lubang keamanan.
  3. Support untuk Software akan mulai tidak ada dan lama-kelamaan hanya sedikit yang bisa mensupport Windows XP.

Jika anda tidak segera mengupgrade maka pengaruhnya akan sangat besar seperti contohnya :

  1. Virus akan mudahnya masuk ke lubang keamanan yang belum ditambal oleh Microsoft.
  2. Resiko kehilangan data 10x lebih besar daripada Windows 7 ataupun keatasnya.
  3. Bahkan jika semakin parah Komponen pada PC akan mati satu persatu.

Jadi jika anda ingin mengupgrade hal-hal yang mungkin anda persiapkan yaitu :

  1. Windows Original langsung dari Microsoft atau membeli pada Toko PC yang sudah dipercaya atas keaslian barang-barang yang diperjual belikan.
  2. Biaya untuk Upgrade komponen seperti RAM sampai Processor namun itu semua tidak akan ada artinya jika Motherboard tidak mensupport komponen tersebut.
  3. Jika anda tidak mengerti tentang cara mengupgrade sebaiknya serahkan kepada ahlinya dan memberikan semuanya kepadanya, namun saya sarankan untuk melihat proses mengupgradenya karena untuk mengurangi hal-hal yang tidak dinginkan seperti mengcopy data Windows sampai mensadap beberapa komponen,

Menggunakan OS yang tidak disupport oleh pembuatnya bisa di ibaratkan seperti seekor kucing yang tidak memiliki majikannya, jika kucing itu tidak diurus maka kucing tersebut seperti binatang yang tidak pernah mandi dan terkesan memberi penyakit oleh orang lain. sama halnya dengan Windows XP jika anda PC anda tidak sering diupdate maka banyak virus yang akan berdatangan lewat celah keamanan Windows XP.