Printer Inkjet biasanya berguna untuk penggunaan printer dalam jangka waktu yang lama dan digunakan secara terus-menerus pada tiap harinya, namun kita terkadang sudah berpikir jauh-jauh akan habisnya tinta pada Printer jenis ini kali ini saya akan sharing tentang cara mengisi tinta pada printer inkjet yang aman.

1. Kosongkan tinta pada tangki

Jika ada sisa tinta dalam tangki penampungan tinta maka sebaiknya anda harus mengosongkan atau menghabiskannya sampai benar-benar tidak ada, ini bertujuan untuk mengurangi kerusakan pada catridge akibat tinta yang bercampur dan akhirnya mengendap di head.

2. Jepit selang yang tersambung

Untuk menghindari printer masuk angin sebaiknya jepit selang yang tersambung ke printer dengan penjepit jemuran ataupun sejenisnya, karena angin sangat gampang masuk ke dalam selang saat kita mengisi tangki printer.

3. Gunakan tinta original

Tinta original juga menimalisir terjadinya pengendapan tinta dalam head printer karena masing-masing tinta memiliki nilai pH yang berbeda dan pastinya tidak semua catridge bisa beradaptasi dengan tinta.

4. Lakukan Clean Head secara terus menerus

Jika tinta yang sudah anda beli sudah dimasukkan ke dalam printer sebaiknya lakukan clean head secara terus menerus ini bertujuan untuk membersihkan head dari bekas tinta yang lama dan mengurangi kerusakan dalam catridge.

Semoga bermanfaat.