Anda pasti mengetahui jenis printer seperti ini,ya printer jenis Ink Jet ini merupakan Printer yang memiliki kelebihan dibandingkan Printer-printer jenis lainnya termasuk Laser Jet. di Indonesia printer ini menjadi populer bukan karena harganya murah pengisian tintanya pun tergolong cukup mudah. namun disamping kemudahan dan kemurahannya tersebut ternyata Printer jenis Ink Jet ini menyimpan banyak kekurangan yang menyebabkan Printer ini gampang sekali rusak,bagaimana cara merawatnya agar printer jenis Ink Jet ini tidak mudah rusak berikut daftar-daftar yang sudah saya rangkum menjadi satu.

1. Jepit selang jika ingin mengisi tinta.

Sebelumnya jika anda mengisi tinta dengan cara langsung memasukannya kedalam wadah itu akan menyebabkan udara masuk kedalam wadah tersebut dan masuk kedalam selang,itu dapat menyebabkan Tinta yang masuk menjadi tersendat saat keluar untuk mencegah hal tersebut sebaiknya anda harus menjepit selang saat mengisi tinta. namun jika terdapat alat yang berfungsi sama sebagai penjempit dan sudah terpasang didalam printer sebaiknya anda gunakan saja karena untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

2. Anda harus sering mencetak dalam menggunakan Printer jenis ini.

Printer jenis ini harus digunakan secara terus-menerus setiap harinya minimal sekali dan direkomendasikan lima kali cetak dalam satu hari karena printer jenis ini tidak cocok untuk model rumahan,kenapa anda harus sering mencetak ? dikarenakan untuk mencegah terjadinya udara yang masuk kedalam selang.

3. Atur posisi Wadah tinta.

Sebelum melakukan pencetakan anda harus mengatur posisi wadah tinta karena nantinya selang-selang yang akan digunakan akan bergerak dengan cepat,meskipun tidak ada gunanya namun ini sangat berfungsi untuk mencegah selang putus saat melakukan pencetakan.

4. Selamatkan printer anda dari debu.

Printer ink jet dengan jenis lainnya sangat berbeda jika pada printer jenis lainnya kemasukan debu biasanya anda hanya perlu membersihkan cartridgenya saja,tetapi untuk printer jenis Ink Jet ini bukan saja masuk kedalam cartridgenya tetapi bisa masuk keselangnya dan bisa membuat selang anda tersumbat.

5. Lakukan pembersihan rutin.

Printer jenis ini sangat diharuskan untuk melakukan pembersihan entah itu dari hasil cetakan yang kurang rapi,terdapat huruf yang putus-putus dan warna yang tidak tercetak dengan sempurna.anda dapat melakukan pembersihan tersebut dengan menggunakan Tool yang ada di Control Panel.

Sebelum anda membeli Printer jenis ini sebaiknya anda harus mempertimbangkan lagi karena Printer jenis ini sangat tidak cocok untuk rumahan,jika anda ingin penggunaan untuk dirumah sangat disarankan untuk menggunakan printer jenis Cartridge atau Laser.

Semoga Bermanfaat !!.