Nahh bagi kalian PC/Laptop sudah menjadi kebutuhan utama yang tidak boleh ditinggalkan,namun apa jadinya jika PC/Laptop anda bekerja sangat lambat bahkan lambat sekali dan membuat waktu anda terbuang sia-sia hanya untuk menunggu PC/Laptop anda merespawn.kali ini saya akan mensharring tentang mengapa PC/Laptop anda terasa lambat bahkan anda bisa sampe pusing untuk menunggunya.

1. Spesifikasi rendah.

Masalah spesifikasi adalah menjadi masalah utama dalam PC/Laptop anda,karena spesifikasi yang rendah dapat membuat PC/Laptop anda menjadi lambat dan PC/Laptop anda harus bekerja lebih keras lagi. Untuk PC/Laptop spesifikasi rendah sebaiknya anda harus menggantinya dengan yang baru namun untuk Laptop anda harus mengganti Laptopnya bukan spare partnya karena Laptop sudah termasuk Built-in tidak bisa diganti dengan Spare part lainnya selain spare part yang pertama kali digunakan.

2. Perhatikan Memory atau RAM.

Memory atau RAM juga bisa menjadi masalah yang cukup serius karena jika spesifikasi PC/Laptop anda sudah besar namun RAM tidak mendukung maka kinerja PC/Laptop anda harus terpaksa melambat karena tidak ada ruangan lagi.untuk masalah satu ini sebaiknya anda harus pintar-pintar memilih Software yang dirasa muat untuk RAM anda.

3. Selalu pastikan Saluran Udara baik.

Saluran udara pada PC/Laptop anda tidak boleh dianggap remeh karena PC/Laptop yang bekerja optimal adalah PC/Laptop yang memiliki saluran udara yang baik,jangan sekali-kali menutupi saluran udara yang ada di PC/Laptop karena akan menyebabkan berkurangnya umur hardware yang ada didalamnya.

4. Jaga Hardware agar selalu baik.

Hardware yang dalam kondisi buruk atau memiliki kualitas yang sangat jelek dapat membuat PC/Laptop anda rusak,dan lebih parahnya juga bisa merusak komponen-komponen lainnya jika hardwarenya rusak parah.

5. Gunakan OS yang Original.

OS atau Operating System yang original merupakan awal yang baik karena seluruh keamanan PC/Laptop anda sudah disupport pemilik OS,jika anda menggunakan OS original biasanya akan mendapatkan update tambalan keamanan dan penambahan fitur jadi anda tidak akan ketinggalan jaman.

6. Gunakan AntiVirus yang Original.

AntiVirus yang original merupakan anti virus yang lebih aman karena akan mendapatkan support selama license itu ada,dengan itu anda dapat mengupdate database virus anda di PC/Laptop anda daripada anda menggunakan yang bajakan dan tidak mendapatkan update.

7. Hapus Startup (Program yang berjalan otomatis saat pertama kali hidup) yang tidak diperlukan.

Startup yang terlalu banyak dapat menyebabkan PC/Laptop anda terasa lambat bahkan dapat menyebabkan BSOD (Blue Screen Of Death) anda dapat mengaturnya lewat msconfig.exe yang dapat diakses melalui Run atau bisa langsung menghapus lewat Add or Remove Programs.