Pernahkah anda memperhatikan bahwa setiap kali anda membeli produk, sudah pasti yang pertama kali anda lihat ada cover dari produk tersebut. apapun bentuknya baik itu dari sebuah bungkus dari suatu produk ataupun kotak kaset sebuah film yang anda telah beli. perhatikan covernya, jika anda telah membelinya berarti anda sudah dirayu oleh garis - garis yang membentuk sebuah objek, namun jika anda membeli karena telah merasakan produk tersebut maka itu tidak termasuk dalam bahasan kali ini.

Apa itu gambar cover

Gambar Cover salah satu objek berupa bungkusan ataupun box yang memiliki desain yang telah dibuat sedemikian rupa untuk mewakili sebuah produk yang dijual, ada alasan kenapa sebuah produk tersebut bisa laris karena dari covernya yang sangat menggoda. belum lagi jika ditambah dengan produknya yang berkualitas, hmm mungkin ini adalah suatu kewajiban yang harus dilakukan oleh seluruh pengusaha yang memajang produknya ke pasar.

Fungsi dibuatnya gambar cover hanyalah satu. untuk menggoda seseorang agar mencicipi sebuah produknya atau mengajak seseorang untuk bergabung di dalam komunitasnya. semakin menarik covernya maka semakin banyak orang yang akan tergoda, namun jika covernya saja yang di buat menarik mungkin produk anda tidak akan laku bahkan banyak orang yang tidak akan tertarik setelah mencobanya, tapi kenapa sih gambar cover itu sangat penting untuk kita buat ?.

Untuk menjelaskan apa yang kita promosikan

Gambar cover bisa dijadikan sebagai media promosi untuk menjelaskan apa tujuan kita untuk mempromosikan sebuah produk ataupun organisasi agar orang lain mau ikut, gambar cover ini bisa dijadikan sebagai gambaran dari promosi yang telah kita lakukan.

Membuat sebuah gambar cover itu tidak mudah, bahkan gambar cover tersebut harus mengikuti dengan keadaan sebuah produk atau organisasi itu sendiri. jadi tidak heran membuat sebuah logo itu lebih sulit daripada membuat sebuah cover.

Contoh suatu kasus yang berhubungan dengan poin ini yaitu ada seseorang yang ingin membuat sebuah produk, produk tersebut merupakan produk makan ringan. namun makanan ringan tersebut memiliki beberapa varian rasa yang berbeda - beda. Jika orang tersebut ingin menjualkan barangnya tanpa menggunakan bungkusan, maka orang tersebut mungkin akan bingung saat menjual produknya karena tidak ada label yang menjelaskan bahwa makanan tersebut rasa manis atau rasa pedas. namun jika orang tersebut memberikan bungkusan yang berisi objek gambar yang menjelaskan nama dari makanan tersebut dan rasa yang terdapat pada makanan tersebut. maka orang tersebut akan tidak kesulitan dalam menjualkan produknya.

Membuat gambar cover itu gak mudah

Seperti yang saya bilang pada poin kedua, membuat sebuah gambar cover itu tidaklah seperti membuat logo. logo merupakan sebuah objek yang melambangkan sebuah perusahaan ataupun sebuah usaha, namun gambar cover adalah sebuah objek yang menjelaskan kegiatan dari perusahaan tersebut.

Kesulitannya pembuatan gambar cover ini adalah dari pembuatannya berdasarkan keadaan suatu produk atau kegiatan, jika produk atau kegiatan tersebut telah berubah dari sebelumnya maka gambar cover tersebut harus diganti karena nanti akan terkesan tidak nyambung dari apa yang di informasikan dari gambar cover yang telah dibuat.

Jadi, apakah perlu kita membuat sebuah gambar cover ?

Dalam keadaan tertentu, membuat sebuah gambar cover dari sebuah produk atau organisasi adalah perlu, bukan karena untuk gaya - gaya tapi untuk menjelaskan apa yang sebenarnya kita lakukan dan kita jual pada sebuah produk. akan tetapi membuat sebuah gambar cover juga terkadang tidak diperlukan karena beberapa hal seperti produk tersebut adalah tester, kegiatan dari sebuah organisasi belum terealisasikan, sampai belum siapnya informasi yang kita kumpulkan untuk mempromosikan sesuatu.