Video pada definisi umumnya adalah gambar yang bergerak atau jika lebih spesifiknya adalah gabungan dari tiap - tiap frame yang dimana setiap frame memiliki gambar dengan pergerakan objek yang berbeda, Video merupakan sesuatu hal yang wajib kita buat jika ingin membuat sebuah film dokumentasi atau sejenisnya namun disini ada kita akan membahas tentang effect dari video tersebut.

Dalam membuat video khususnya video dokumentasi ada beberapa dari setiap orang yang request ke saya untuk dibuatkan semacam efek agar video tersebut terlihatan menarik, tapi disini saya tidak menjelaskan apakah efek tersebut harus bagus atau tidak yang perlu dipertanyakan apakah video tersebut membutuhkan efek untuk faktor pendukung atau tidak.

Video Effect adalah sebuah pemanis

Kembali ke topik sebelumnya, pemberian effect dalam video bersifat opsional dan hanya dibutuhkan pada saat - saat tertentu. penggunaan effect yang berlebih akan membuat video kita tidak menarik untuk dilihat jadi sebelum menambahkan sebuah effect dalam video pastikan apakah video yang kamu buat membutuhkan effect atau tidak ?.

Penggunaan transisi gambar

Selain itu video effect juga berlaku saat kita ingin melakukan perpindahan video dari video satu ke video dua atau bisa disebut dengan transisi gambar, disini kita akan mencari cara bagaimana agar video tersebut terlihat menyambung dari video pertama.

Pada kasus - kasus tertentu kamu tidak perlu menggunakan efek - efek berat dalam membuat transisi gambar jika video yang pertama masih ada kaitannya dengan video kedua, namun jika video kedua sudah tidak ada kaitannya dengan video ketiga sangat mungkin kamu membutuhkan penggunaan efek transisi gambar yang berat yang kurang lebih contohnya seperti ini.

[youtube https://www.youtube.com/watch?v=IW1Wl9Ek2GY]

Menggunakan video effect dalam memanipulasi objek

Video effect seperti transisi gambar ataupun menampilkan objek tertentu untuk memperjelas isi dari video adalah sesuatu yang biasa dan hampir semua orang dapat melakukannya, namun berbeda dalam video effect yang bisa memanipulasi objek yang sebenarnya ukuran objek tersebut kecil menjadi sangat besar.

Contoh video effect yang seperti ini adalah membuat sebuah effect tembakan hingga menembus orang, membuat sebuah karakter yang terlihat tidak jelas menjadi jelas, atau mengubah ruangan dengan latar hijau menjadi ruangan pesawat terbang.

[youtube https://www.youtube.com/watch?v=4M4jKqoXY88]

Jika kamu menggunakan video effect yang dapat memanipulasi objek maka dibutuhkan sebuah dukungan baik dari pemeran dalam film, properti film yang mendukung, sampai peralatan apa saja yang digunakan dalam membuat effect ini.

Jadi perlukan membuat sebuah effect dalam sebuah video ?

Diakhir artikel saya akan menyimpulkan apakah kira perlu membuat sebuah effect baik itu effect transisi, objek, dan lain sebagainya di dalam video yang kita akan buat ?, jawabannya adalah tergantung dari teknik pengambilan gambar atau kebutuhan akan effect itu sendiri.

Jika anda membuat film yang menggunakan adegan kekerasan maka membuat sebuah effect dalam video ini sangat perlu, karena dimana - mana jika terdapat kekerasan dalam suatu kegiatan hingga orang tersebut mati maka kamu akan dipenjara. jadi jika kamu tidak ingin dipenjara maka buatlah sebuah effect yang seolah - olah orang di dalam video itu mati dan pastinya pemeran harus bisa berakting layaknya orang yang mati sungguhan.

Bagaimana apakah anda punya bayangan untuk membuat sebuah effect dalam video buatan anda sendiri ?