Membuat desain memang bukanlah hal yang gampang bagi si pemilik design, apalagi beberapa design yang mungkin dianggap mudah seperti design logo Microsoft juga memerlukan konsep dan pemikiran yang sesuai dengan produk-produk yang dikembangkannya seperti Windows 8 maupun Microsoft Office 2013.

Itu hanyalah beberapa design dengan gaya flat atau minimalis yang mungkin sudah populer di tahun 2013 lalu, pembaruan-pembaruan pada gaya flat atau minimalis sudah mulai terlihat di pertengahan tahun 2014 dan semakin diminati oleh orang-orang yang memiliki usaha dalam bidang design.

Era kerumitan mungkin sudah mulai hilang dari tahun ini, namun design dengan gaya flat atau minimalis juga tidak boleh sembarangan di tempatkan pada design yang dianggap penting. design flat atau minimalis paling sering ditonjolkan dengan typography dan pewarnaan yang pas selain itu juga icon yang simple menjadi faktor pendukung keberhasilan pembuatan design flat atau minimalis ini.

Sabtu ini saya akan memberikan sedikit tips untuk kalian para designer pemula yang ingin sekali membuat design flat atau minimalis yang mungkin sedang populer di tahun lalu dan tahun ini, tips ini dibuat berdasarkan pengalaman jadi jika ada perbedaan pendapat maka jadikan saja artikel ini sebagai sumber preferensi dan pembanding dari pendapat kalian.

Jenis font menjadi faktor utama keberhasilan

Dalam hal mendesign baik dalam bentuk web design maupun design vektor, font merupakan salah satu faktor utama keberhasilan pembuatan design bergaya flat atau minmalis ini. banyak sekali font yang menggunakan model seperti itu bahkan tak jarang terdapat beberapa design yang memiliki objek yang minim tetapi unsur keindahan itu sudah di isi oleh font yang minimalis.

Warna menjadi penentu harmonisnya design

Meskipun font yang digunakan sudah memiliki unsur gaya flat dan minimalis namun warna yang kalian berikan akan menjadi pemanis untuk design yang kalian buat. penggunaan warna tipe RGB hanya cocok digunakan untuk design web dan yang berhubungan dengan dunia digital, lalu penggunaan warna tipe CMYK sangat cocok sekali digunakan untuk kepentingan percetakan seperti advertising.

Capture 1

Untuk memberikan warna yang harmonis setidaknya kalian harus bisa membandingkan antara warna terang dan warna gelap. lalu usahakan kalian menggunakan warna yang sesuai dengan urutan gradasi seperti contoh pada bagian kiri.

Warna biasanya menjadi salah satu faktor kegagalan jika pewarnaan dari suatu design tidak harmonis, jadi usahakan pikirkan warna yang digunakan sebelum melanjutkan design ke tahap selanjutnya.

Namun pemberian warna yang baik akan dapat menambah kesan harmonis pada suatu design, bahkan dengan pewarnaan yang baik harga jual dari suatu design akan menjadi lebih mahal dari sebelumnya.

Perhatikan tata letak objek pada design

Tata Letak yang seimbang menjadi salah satu dari sekian banyak faktor yang membuat design menjadi lebih pas dan nyaman untuk dilihat, bukan hanya itu saja tata letak juga bertujuan untuk memperjelas apa isi dari konten tersebut sehingga pesan yang disampaikan oleh si pemilik design bisa tersampaikan oleh orang yang melihatnya.

Namun kalian perlu berhati-hati dengan bermain tata letak. karena tata letak design yang buruk akan membuat pesan yang disampaikan tidak tersampaikan dengan baik dan bahkan artinya akan melenceng dari arti sesungguhnya sejak pertama kali dibuat, jadi pastikan sebelum kalian masuk tahap final lihat terlebih dahulu design yang kalian buat dan pikirkan apakah design tersebut telah seimbang atau tidak.