Masih ingatkah dengan Review Lumia 535 yang saya buatkan tahun lalu ?,  mungkin saat itu pengunjung WinPoin meningkat drastis bukan karena harganya yang murah tetapi masalah layar sentuhnya yang dimabuk kepayang. Saat itu Microsoft tengah berusaha untuk memperbaiki layar sentuhnya melalui update baik dari update OS sampai update Firmware yang hanya meringankan masalah bukan menghilangkan masalah.

Ratusan komentar mengenai problem layar sentuh tetap terdengar meskipun Microsoft tetap sedang berusaha untuk mengatasi hal yang membuat pengalaman gaming ataupun chatting menjadi bermasalah, tapi sayang tidak banyak orang yang mampu mengatasi masalah ini sampai - sampai trik mengatasi masalah layar sentuh di lumia 535 pernah di ada dalam google.

Banyak yang merasa kecewa dengan hal ini dan ada juga beberapa orang termasuk saya menjualnya kembali ke Counter HP terdekat dirumah saya namun berujung dengan hasil yang sia - sia karena Lumia Bekas hanya dihargai 500rb.

Akhirnya salah satu ide yang tak pernah terpikirkan datang begitu saja, Klaim Garansi. Kebanyakan smartphone yang dikeluarkan dipasaran baik itu Android, iOS, Windows Phone, sekalipun itu HP Java selalu datang dengan kartu garansi yang katanya kartu ini bisa digunakan untuk memperbaiki smartphone kita tanpa biaya tambahan dengan catatan *Syarat dan Ketentuan Berlaku.

Saat ini NCC masih susah dicari

Masih ingatkah dengan tragedi bersejarah Microsoft membeli perusahaan Nokia pada tahun lalu yang menyebabkan saat ini kita sangat sulit menemukan Smartphone yang masih menggunakan nama brand Nokia tahun ini ?. Hal ini tidak berlaku dengan Devicenya saja tapi dengan Service Centrenya atau biasa disebut Nokia Care Centre (NCC), dalam beberapa tahun lalu hal ini sudah diumumkan melalui Fans Page resmi Nokia Care Global Teleshop dengan isi pengumuman sebagai berikut :

Pelanggan Yth.,
Kami informasikan bahwa pada 31 Desember 2014 Nokia Care Center kami
akan ditutup. Layanan perbaikan selanjutnya dapat dilakukan melalui cabang
Nokia Care Center terdekat lainnya. Silahkan hubungi staf customer service kami
untuk informasi lebih lanjut....
Terimakasih atas kepercayaan anda selama ini.
Hormat Kami,
Management


PT.GlobalTeleshop,Tbk
Jakarta, 11 November 2014

Cukup tragis sekali dimana pada saat itu hampir semua NCC tidak beroperasi seperti biasanya meskipun pada hari - hari kerja NCC tetap buka, hal ini pertama kali saya ketahui sejak 4 bulan yang lalu saat melihat pengumuman yang memiliki inti yang senada dengan fans page tersebut. Hampir sebulan saya meratapi device tersebut dan berpikir "Saya telah menyesal memilih dia sebagai pendamping hidup saya".

Perjuangan belum terhenti sampai disana, saya mencoba-coba untuk mengontak CS Microsoft di halaman support Windows Phone. Tepat tanggal 1 Juni 2015 saya mendapati kabar bahwa NCC akan segera dibuka di tempat yang baru dan dengan sangat gembira saya mengabarkan hal tersebut di forum WinPoin.

Seminggu sebelum acara Gathering WinPoin Regional Bali saya menghubungi kembali pihak Microsoft lewat saluran chat online dan yang terjadi NCC sudah mulai beroperasi pada saat itu juga, bahagia bukan main karena mungkin saya adalah orang pertama yang mendatangi NCC pada saat pertama kali dibuka namun dugaan itu salah :v.

Pelayanan yang cepat dengan proses yang agak lama

Ada informasi yang sangat penting sekali untuk diketahui saat diberitahu oleh CS Microsoft, "Silahkan menghubungi pihak TAM, nanti agar mereka yang mengurus masa garansinya". Mungkin dalam hal tertentu ini mungkin cukup menjanggal tetapi karena masalah darurat ini bisa jadi keuntungan yang tidak bisa ditolak kedatangannya.

Cukup lama saya menunggu karena lokasinya di Erafone Mega Store Teuku Umar Denpasar, jadi saya harus mengantri dengan produk smartphone lainnya yang garansinya di urus oleh pihak TAM. Disana saya langsung di sapa dengan mbak-mbak yang manis sampai gak bisa fokus ngisi formulir garansi.

Nah jika kalian ingin melakukan klaim garansi khususnya pihak TAM, nantinya kalian akan diberikan formulir yang tentunya harus kalian isi seperti Nomor Telepon yang bisa dihubungi, Kartu Identitas (SIM/KTP), dan yang terakhir sekaligus terpenting jangan lupa membawa nota pembelian serta kartu garansi.

Masa garansi tergantung dari jarak NCC ke kantor pusat, kalau saya karena dari Bali ya mungkin memang membutuhkan waktu yang agak lama yaitu sebulan dan memang itu adalah hal yang wajar jika ingin melakukan klaim garansi.

Proses garansi selesai tapi..

Tanggal 20 Juli 2015 dimana saya sudah siap-siap mau mudik hari esok tiba-tiba ada seorang wanita yang menelepon dengan nomor yang agak misterius bagi saya, "Mas, Lumia 535nya sudah selesai proses perbaikannya nanti sore harap datang ya untuk mengambil perangkat tersebut" kata si telepon. tanpa basa - basi saya langsung mengatakan "iya" dan menutup teleponnya tanpa kata-kata "salam hangat".

Saat itu mungkin saya bisa dibilang beruntung karena sehari sebelum mudik Lumia 535 saya sudah selesai dan saat itu juga saya sudah terlanjur membeli Smartphone Asus jadi karena sudah dibayar ya tidak masalah karena ini punya saya :v.

Sesampainya ditujuan saya langsung menemui orang yang menelepon saya tadi dan mempersilahkan saya duduk, pada saat itu saya dijelaskan bahwa masa garansi Lumia 535 saya diperpanjang jadi jika ada kerusakan pabrik bisa datang ke NCC lagi dengan menunjukkan kartu garansi dan bukti garansi pada saat kita melakukan klaim garansi pertama kali. Tidak basa-basi lagi saya langsung pulang karena Lumia 535 saya sudah dicoba dan tidak bermasalah, jadi daripada malu mending saya pulang saja.

Sesampainya dirumah saya hanya berharap Lumia saya datang dengan keadaan selamat dan sehat jasmani rohani, namun harapan itu menjadi mimpi yang tidak pernah terwujud karena masalah tersebut masih saja ada meskipun sudah 40% lebih bagus dari pertama kali mengupdate firmware.

Tidak ada perubahan yang berarti dari seluruh permukaan layar, meskipun bekas beret pada layar sudah hilang namun masalah Layar Sentuh yang masih bermasalah masih saja terjadi khususnya jika saat perangkat ini melakukan pengisi daya.

Kesimpulan

Di akhir artikel saya sebenarnya sangat kecewa dengan apa yang saya alami, disini ada bukti bahwa Microsoft melepas Lumia 535 secara sengaja karena smartphone ini sudah sangat jarang ditemui bahkan sudah digantikan dengan Lumia 540. Saya mungkin hanya berharap dengan adanya artikel ini setidaknya Microsoft mau memperbaiki atau bahkan mengganti seluruh kerugian yang telah dialami seluruh pengguna Lumia 535, disini saya tidak menutut fitur yang bagus namun Performa yang stabil tanpa adanya kerusakan yang disebabkan oleh proses pembuatan Smartphone.