Anda bingung membeli smartphone cadangan atau bingung membelikan anak anda smartphone yang murah tapi bisa diandalkan untuk keperluannya, saya punya solusi untuk kalian yang bingung mencari smartphone jenis ini karena Smartfren baru-baru saja merilis Andromax C3SI seharga 800rb.

Iya bro 800rb serebunya pake bayar parkir dan sudah termasuk pajak pastinya, tapi jika beruntung kalian bisa mendapatkannya dengan harga 600rb. ini bukan harga cuci gudang tapi harga promosi dan bisa kalian dapatkan diseluruh galeri smartfren yang tersedia di kota kesayangan kalian.

Ngomongin Andromax mungkin kalian berpikir smartphone ini adalah smartphone termurah yang pernah kalian ketahui dalam suatu kehidupan, tapi pikir-pikir bisa juga dipake untuk belajar beradaptasi di enviroment Android yang makin populer pada tahun ini.

Dalam hal smartphone cadangan Andromax C3SI ini bisa diandalkan untuk keperluan normal namun karena keterbatasan hardware yang memang juga karena harganya yang murah, jadi smartfren tidak mungkin memberikan hardware yang tinggi pada smartphone kisaran dibawah satu juta kebawah.

Tapi jika kalian ingin yang lebih bisa saja kalian membeli Android One atau Oppo Redmi 2 yang harganya memang agak menembus angka satu juta, tapi demi performa sah-sah saja kalian membeli kedua smartphone tersebut. back to topic Andromax C3SI ini ternyata memiliki spesifikasi yang hampir mirip dengan Andromax C3S tanpa I namun ada sedikit perbedaan yang mencolok sehingga Andromax C3SI ini lebih unggul dari kakaknya, berikut adalah spesifikasi Andromax C3SI :

Smartfren Andromax C3Si

Jaringan
Teknologi EVDO Rev. A (3.5G) / CDMA2000-1X
Dual Mode On
GSM Yes, phone and SMS only
Kecepatan 3.1 Mbps
Pengumuman
Pengumuman 2015, April
Status Available, April 2015
Bodi
Dimensi  –
Berat  –
SIM Dual SIM (CDMS + GSM)
Layar
Tipe WVGA
Ukuran 4 inches
Resolusi 480 x 800 pixels
Multitouch Yes
Dapur Pacu
CPU Snapdragon Dual-Core 1.2 GHz Cortex A7
GPU Andreno 302
OS Android KitKat 4.4
Memori
Internal ROM 4GB, RAM 512MB
MicroSD slot Extended up to 32GB
Kamera
Kamera Belakang 5 MP with LED Flash
Kamera Depan 3 MP with LED Flash
Suara
Alert type Vibration; MP3, WAV ringtones
Loudspeaker Dolby Digital Plus
Audio Snapdragon Audio
3.5 mm jack Yes
Konektivitas
WLAN WiFi and Hot Spot capability
Bluetooth A2DP support
Fitur
Sensor Accelerometer, proximity, Ambient Light Sensor
Navigasi Built in GPS with A-GPS
Baterai
Li-Ion 1500 mAH

Spesifikasi yang sama seperti Andromax C3S

Andromax C3SI mungkin bisa dibilang produk perbaikan dari Andromax C3S yang memiliki dapur pacu yang sama yaitu Snapdragon Dual-Core 1.2 GHz Cortex A7, penyimpanan internal 4GB dan penyimpanan external yang bisa diupgrade sampai 32GB tidak mempunyai perbedaan dengan Andromax C3S.

Dari kamerapun dua device ini memiliki spesifikasi yang sama namun ada perbedaan pada peletakkan flash kamera dibagian depan, jika pada Andromax C3S flash tersebut terletak pada bagian kanan namun pada Andromax C3SI flashnya terletak pada bagian kiri.

Lalu dilanjutkan dengan komponen lain sepertinya tidak ada perbedaan yang mencolok akan tetapi ada sedikit perubahan pada bagian baterai dan fitur soundnya.

Lama baterai bertahan

Dalam penggunan sehari-hari Andromax C3SI ini bisa bertahan sampai 12 jam tergantung dari penggunaan data bahkan penggunaan aplikasi, mungkin hasil review dari artikel ini akan berbeda dari kalian namun itu tergantung dari si pemilik smartphone sendiri.

Namun jika kalian ingin membeli Andromax C3S, saya mungkin sangat menyarankan untuk membeli yang Andromax C3SI saja dikarenakan spesifikasi baterai yang terdapat pada kedua device tersebut hanya beda 100 mAH. maka dari itu meskipun harganya sama tapi beli saja yang C3SI karena performanya akan terlihat saat kalian berusaha untuk menghabiskan baterainya.

Sudah menggunakan Dolby Sound

Perbedaan kedua Andromax C3S dengan C3SI adalah fitur sound yang dihadirkan, jika pada Andromax C3S tertanam fitur DTS Sound nah pada Andromax C3SI ini tertanam fitur Dolby Digital Plus yang dapat menghadirkan suara yang lebih nyata dan lebih enak didengar (apa bedanya :D).

Meskipun begitu itu hanya sebatas fitur saja, setelah saya mencoba mungkin saya tidak bisa mengatakan bahwa kualitas sound ini lebih bagus atau lebih buruk (netral). jika dibandingkan dengan Lumia 535 sudah dipastikan kualitasnya lebih baik Lumia 535 dibanding Andromax C3SI ini.

Kesimpulan

Mungkin dalam kisaran harga 700rb - 800rb Andromax C3SI ini cocok bagi kalian yang mau mencoba-coba menikmati enviroment Android apalagi sudah menggunakan Android Kitkat pasti fiturnya akan terlihat bagus. bagi kalangan enterprise mungkin tidak akan membeli smartphone ini meskipun sudah dibeli pasti tidak akan cocok.