Microsoft Office Preview baru saja merampungkan versi smartphone yang bisa kalian gunakan pada Windows Technical Preview minggu lalu. tidak sama seperti versi sebelumnya yang masih memiliki tampilan yang sederhana dan tidak begitu lengkap, Microsoft Office Preview versi Smartphone ini adalah bentuk kecil dari versi PCnya bahkan fitur-fitur yang kita temukan di PC sudah dapat kita lihat di versi Smartphone.

Ini adalah salah satu contoh Universal Apps yang mulai ramai dibicarakan oleh beberapa pihak baik dari situs berita teknologi hingga para anggota insider yang telah mendapatkannya lewat aplikasi Store (beta). tak ketinggalan juga aplikasi pencatat bernama OneNote juga dihadirkan untuk mengurangi rasa kekurangan setelah mengupgrade ke Windows Technical Preview ini.

Namun bagaimana kesan pertama kali menggunakan Microsoft Office Preview di versi Smartphone kali ini ?, hari ini kita akan mereview aplikasi perkantoran ini secara mendetail yang terdiri dari Word, Excel, dan Powerpoint menjadi satu artikel sehingga kalian bisa menarik kesimpulan apakah aplikasi ini lebih baik dari versi sebelumnya atau lebih buruk dari versi sebelumnya.

Pada review kali ini saya menggunakan Device Microsoft Lumia 535 yang masih mengalami masalah pada layar sentuhnya, bisa jadi hasil review yang ditulis berbeda dengan device yang lain jadi artikel ini bisa dijadikan patokan.

Hadir dengan fitur yang sama dengan versi PC

wp_ss_20150522_0003

Jika pada versi sebelumnya yang sudah built in dengan Windows Phone 8.1 memiliki fitur yang sangat begitu minim bahkan kita tidak mungkin mengubah dokumen tertentu, nah pada Microsoft Office Preview versi smartphone ini kalian bisa mendapati beberapa fitur yang ada di PC.

Memang hal ini agak menyulitkan para pengguna karena letaknya dibawah dan resolusi layar yang begitu sempit untuk melakukan navigasi ke fitur lainnya, akan tetapi ini tidak akan salah jika dilakukan secara mendadak. mungkin Microsoft akan mengembangkannya lagi namun belum diketahui pasti apakah akan selamanya seperti ini atau tidak, akan tetapi kalian bisa memberikan saran yang terbaik untuk Microsoft tentang aplikasi ini lewat Windows Feedback.

Terintegrasi dengan Office 365

 

 

wp_ss_20150522_0001

Kabar baik mungkin akan menyelimuti para pengguna Office 365 karena pada versi preview yang dikeluarkan bersamaan dengan build baru pada Windows Technical Preview versi Mobile, License Office 365 yang digunakan di PC dapat di gunakan pada versi mobile kali ini.

Meskipun penggunaan Office 365 memiliki keunggulan namun jika saya membandingkan dengan versi sebelumnya hal ini mungkin dianggap biasa saja karena pada versi sebelumnya kalian bisa menyimpan file dokumen pada akun onedrive.

Saya belum mengetahui apakah Microsoft akan mengeluarkan Microsoft Office versi mobile dalam 2 jenis yaitu versi gratis dengan versi berbayar layaknya Office 365 atau Microsoft Office versi mobile ini akan dijual layaknya pembelian Microsoft Office 2013 Professional ataupun lainnya.

Yang pasti hal itu akan diketahui oleh Microsoft jadi jika kalian masih mengandalkan Microsoft Office yang sudah built in pada Windows Phone 8 sangat saya sarankan untuk menabung karena mungkin saja Microsoft akan menjualnya.

Bagikan dokumen kepada teman kalian

wp_ss_20150522_0004

Jika pada versi sebelumnya kalian membagikan file dokumen melalui OneDrive secara manual, kini kalian tidak perlu repot - repot menggunakan cara tersebut untuk membagikan file dokumen ke teman kalian. cukup mengklik icon share yang ditandai dengan gambar seseorang dengan simbol plus (+) lalu masukkan akun teman kalian disana.

Tidak repot dan simple jika teman kalian memang memiliki akun Microsoft namun jika teman kalian tidak memilikinya maka kalian harus menggunakan cara manual atau membujuk teman kalian untuk membuat akun Microsoft yang baru.

Takut terjadi force close, office akan simpan data backupnya

wp_ss_20150522_0005

Penyakit aplikasi bahkan sistem operasi yang belum sepenuhnya jadi atau belum mencapai final release adalah sering terjadinya crash bahkan force close membuat penggunanya menjadi brutal, memang pada kesempatan tertentu kita bisa bahagia mendapatkan aplikasi yang baru saja dirilis namun mirisnya statusnya masih beta ataupun preview.

banyak kendala yang pastinya akan dialami baik adanya bugs yang masih meradang pada aplikasi tersebut, adanya error yang menyebabkan beberapa fitur tidak berfungsi, sampai - sampai jika kita tidak beruntung force close akan terjadi.

Mendengar kata force close mungkin akan membuat kalian akan ketakutan mencoba aplikasi ini akan tetapi jangan takut dulu karena Microsoft sudah membuat fitur menyimpan otomatis jika kalian dihadapkan dengan salah satu hal -hal yang tidak diinginkan.

Hal ini tidak berlaku pada penggunaan normal namun hal ini dapat berlaku jika terjadi hal - hal yang tidak di inginkan sehingga langkah penyelesaiannya berakhir pada force close. Apakah ini begitu kejam ?, tidak karena aplikasi yang masih dalam status beta atau preview akan terlihat sangat wajar jika terlihat hal - hal yang seperti ini.

Satu aplikasi untuk seluruh device

[gallery type="slideshow" ids="1918,1919,1920,1921,1922" orderby="rand"]

Lalu apa spesialnya si Microsoft Office Preview versi Smartphone ini ?, mungkin kebanyakan mereka menyadari kalau versi Office pada Windows Phone 8x berbeda jauh dengan Windows Technical Preview. namun jika mereka meniliti lebih jauh apa istimewanya maka mereka akan beranggapan bahwa tidak ada bedanya dengan versi PC.

Yap jawaban tersebut memang benar namun jika kalian membandingi dengan versi sebelumnya maka menurut saya inilah versi Office terbaik yang pernah ada pada Windows Phone, ini bisa terwujud berkat Universal Apps yang disinyalir dapat membuat aplikasi dengan satu code untuk seluruh device yang menjalankan Windows 10.

Hal ini memang tidak begitu terlihat pada Windows Technical Preview karena belum begitu mirip seperti versi Desktop dan belum ada salah satu contoh aplikasi yang dibuat dengan cara ini, namun saya bisa mengatakan bahwa ini adalah versi Universal Apps pertama yang pernah saya coba meskipun performa tidak begitu baik karena masalah layar sentuh.

Kesimpulan

Microsoft Office Preview versi mobile ini adalah salah satu contoh dari Universal Apps yang sudah dibuat oleh Microsoft, Mungkin para developer akan tertarik membuat Universal Apps pada Windows setelah melihat hasil kerja microsoft lewat Office Preview kali ini. namun perlu diperhatikan segala hal yang berkaitan dengan kerusakan mungkin akan terjadi karena ini adalah aplikasi percobaan.