Windows Phone sebuah smartphone yang mungkin bisa dibilang berbeda dari yang lain karena memiliki antarmuka tiles pada start screennya yang membuat smartphone ini dibilang sangat susah untuk digunakan, namun ada beberapa kelebihan yang mungkin tidak sedikit orang tahu bahwa kelebihan tersebut akan memudahkan kita dalam melakukan sebuah pekerjaan.

Tepat kemarin hari senin yang lalu ada teman saya yang bertanya "apa sih kelebihan windows phone ?" lalu saya menjawab "kelebihan windows phone itu sangat cocok untuk alat pendamping saat kita bekerja" dan diapun kembali bertanya "Kenapa ?". sesungguhnya jawaban dari pertanyaan "Kenapa ?" itu susah untuk dijawab karena susah sekali untuk menjelaskan karena penjelasannya cukup banyak dan tidak mungkin teman saya mengerti.

1. Terhubung dengan OneDrive

Siapa yang tidak tahu dengan layanan milik microsoft yang satu ini, selain tugasnya untuk membackup semua data-data penting baik yang ada di PC dan Smartphone tetapi dia juga punya keistimewaan untuk seluruh aplikasi yang ada di Windows Phone baik itu Office maupun Onenote. Kalian mungkin tidak perlu lagi menggunakan kabel data untuk mengirim file dokumen ke smartphone, ataupun membuka catatan yang baru saja dibuat dengan Onenote pada PC.

karena semua file tersebut kita dapat temukan pada OneDrive, cukup bermodalkan koneksi internet dengan kecepatan normal selanjutnya kita simpan file tersebut pada akun Microsoft yang telah kita buat, setelah selesai menyimpan kalian hanya cukup menekan refresh lalu buka file yang tadi kalian buat di PC pada smartphone kalian.

2. Bisa mengubah atau membuat dokumen di Windows Phone

Jika pada saat terdesak kalian diharuskan untuk mengubah dokumen, maka jika kalian sudah menyimpan file dokumen tersebut pada OneDrive maka secara otomatis isi file dokumen tersebut dapat kalian ubah langsung dari Windows Phone kalian tanpa takut tidak bisa dibuka pada PC.

Dokumen seperti word yang berisikan proposal, atau file excel yang biasanya digunakan untuk mencatat uang bulanan yang mungkin setiap hari keluar dari perusahaan kalian, atau mengubah file powerpoint dari Windows Phone kalian pasti bisa.

Selain mengubah dokumen kalian juga bisa membuatnya di Windows Phone sehingga setelah kalian menyimpan file tersebut di OneDrive kalian hanya cukup melakukan sedikit revisi lalu mencetaknya lewat mesin printer.

3. Lupa bawa buku catatan, Onenote bisa mengatasinya.

Buku Catatan mungkin adalah salah satu benda yang amat penting dalam hidup kalian akan tetapi jika kalian tidak membawanya bisa jadi kalian akan mendapatkan sebuah petaka jika kalian tidak dengan segera mencatat hal - hal yang dianggap penting dan tidak boleh dilupakan itu.

Jika kalian menggunakan Windows Phone maka bukalah aplikasi OneNote yang bisa kalian gunakan untuk menggantikan buku catatan baik secara temporary (sementara) ataupun permanent, maka dengan cara itu kalian bisa menunda petaka tersebut sebelum terjadi. namun ingat sesampainya dirumah kalian buka lagi catatan tersebut agar besoknya tidak dimarahi oleh bos kalian :v

4. Atur jadwal pekerjaan kalian di aplikasi kalender

Ada hal yang mungkin beda dari Windows Phone dengan smartphone lainnya, Aplikasi kalender yang terdapat pada Windows Phone bisa tersingkronasi dengan baik di aplikasi Microsoft Outlook. sehingga apa saja yang terdapat dalam Smartphone saya juga ada di PC jika saya membuka aplikasi Microsoft Outlook tersebut.

Akan tetapi karena saya mensingkron aplikasi Facebook pada Windows Phone dengan aplikasi Kalender yang juga ada di Windows Phone tersebut, banyak sekali jadwal - jadwal yang menurut saya tidak begitu jelas karena pasti ada saja reminder hari ulang tahun.

Namun jika kalian tidak teledor seperti saya tadi yang mensingkron aplikasi Facebook dengan Aplikasi Kalender, mungkin pengalaman kalian menggunakan aplikasi yang satu ini sangat bagus tanpa harus melihat papan kalender kalian yang terpasang dirumah.

5. Cortana siap membantu kamu

Jika Apple memiliki asisten bernama Siri maka Windows Phone punya asisten bernama Cortana, Salah satu aplikasi built in milik Windows Phone ini cukup bisa diandalkan jika kalian sedang ada dalam perjalanan atau tidak sempat untuk memegang smartphone kalian.

Banyak hal yang bisa ditawarkan seperti menyuruh cortana untuk menelepon seseorang yang kita sayangi, menyuruh cortana untuk membuat catatan lengkap dengan waktu pengingatnya, serta menyuruh cortana untuk menemukan jalan pintas saat kita tersesat.

Hal itu yang membuat para pengguna Windows Phone ingin sekali mencicip fitur Cortana pada smartphonenya, namun sayangnya ini tidak bisa kita lakukan di negara kita dikarenakan Cortana hanya mensupport beberapa bahasa dan tersedia untuk beberapa negara saja dan Indonesia tidak ada dalam daftarnya. namun tenang saja Cortana mungkin akan dihadirkan pada Windows 10 dengan daftar support yang lebih banyak.

Kesimpulan

Ya memang tidak semua smartphone dirancang untuk alat pendamping pekerjaan produktif, namun ada juga smartphone yang memang dirancang untuk hal yang satu ini sehingga menurut anak muda jaman sekarang ibarat benda kuno yang sering dibawa-bawa karena fungsinya tidak sesuai dengan yang diinginkan.

Mungkin menurut saya Windows Phone itu sangat cocok untuk kegiatan produktif ataupun photography meskipun spesifikasi yang ditawarkan jauh berbeda dengan smartphone yang lain dan fungsi photography yang tidak pernah saya gunakan karena ada alat yang lebih canggih lagi untuk menghandle hal itu.