Tepat pada akhir tahun yang lalu Microsoft merilis update Rollout pada Microsoft Lumia 535, namun sayangnya Microsoft tidak dapat memperbaiki permasalahan terbesar pada device tersebut yaitu sensitivitas layar yang terlanjur bermasalah. Cara mengatasinya layar yang bermasalah ini memang cukup beragam dari mematikan ease of access, menggunakan aksesoris asli nokia atau microsoft, hingga menggunakan antiglare atau anti gores pada Lumia 535.

Namun hal itu hanya dapat mengurangi gejala permasalahan layar sentuh pada Lumia 535 sehingga pada 5 Maret 2015 pembaruan firmware diluncurkan dan kali ini seluruh pengguna bisa berbahagia karena kerusakan sensitivitas pada layar Lumia 535 sudah mulai membaik meskipun pada hal-hal tertentu saja sensitivitas lumia 535 terasa tidak lincah.

Meskipun begitu update kali ini hanya mengurangi kerusakan sensitivitas bukan memperbaiki secara utuh. berbicara dengan update kali ini ternyata terdapat fitur-fitur yang baru pada versi ini dan itu mungkin tidak akan dirasakan jika pengguna tidak melihat halaman pengaturan.

Fitur-fitur baru pada Microsoft Lumia 535

  1. Cadangan
    • Fitur ini digunakan untuk membackup semua data-data yang terdapat pada Lumia 535 kalian ke akun onedrive secara otomatis, pada default pengaturan cadangan ini diatur agar dapat mengupload data secara otomatis jika ada pembaruan.
  2. Temukan Telepon Saya
    • Fitur ini digunakan untuk menemukan telepon kalian jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti kehilangan smartphone, sebelumnya fitur ini memang sudah ada secara default dan smartphone yang kalian gunakan dapat dilacak di WindowsPhone.com dengan cara melakukan login dan verifikasi smartphone. akan tetapi pengaturan yang berhubungan dengan smartphone itu sendiri seperti pemberitahuan push ataupun simpan lokasi secara berkala tidak terdapat pada pengaturan pada versi sebelumnya.
  3. Selaraskan Pengaturan Saya
    • Fitur ini hanya berguna untuk menyelaraskan pengaturan di device lain yang terhubung dengan akun microsoft, fitur ini hanya berfungsi jika pengguna telah menggunakan Akun Microsoft yang terdapat pada device lama ke device yang baru.
  4. Mode Mengemudi
    • Fitur ini sangat berguna jika kalian sedang dalam perjalanan yang memang tidak bisa menggunakan smartphone karena alasan keamanan pengendara. fitur ini memang secara otomatis diaktifkan jika kalian memiliki device headset bluetooth, jadi setelah kalian terhubung dengan device headset bluetooth tersebut maka seluruh panggilan akan direject dan dibalas SMS.

Bukan fitur baru dan bukan Windows Phone 8.1 Update 2 ?

hal yang terpenting fitur ini bukanlah fitur baru pada Microsoft Lumia 535 karena keempat pengaturan tersebut dahulunya hanya dapat digunakan oleh wilayah tertentu dan versi ini bukan versi Windows Phone 8.1 Update 2 atau GDR2.

Cara melakukan update

Update kali ini memang cukup menguras banyak data dan hampir 800MB quota data paket internet yang saya gunakan tersedot dalam melakukan update ini. Update ini membutuhkan konektivitas WiFi dan kapasitas memori internal smartphone hingga 1,2 GB.

Jika persyaratan diatas sudah dipenuhi maka kalian hanya cukup mencari :

  • Pengaturan
  • Pembaruan Telepon
  • Periksa Pembaruan

Update Release Version Note :

  • OS: 14234 (8.10.14234.375)
  • Firmware: 15053 (02060.00000.15053.2400x)