Setelah selang 3 minggu sejak perilisan Windows 10 untuk PC maka untuk kali ini Microsoft memberikan kesempatan pada anggota insider untuk mencoba Windows 10 for Smartphone. syarat untuk mencicipi Windows 10 untuk Smartphone ini hanyalah memiliki device Microsoft ataupun Nokia yang berjalan di sistem operasi Windows Phone 8x.

Selain syarat tersebut kalian juga perlu mengantri jika ingin kebagian sistem operasi Windows 10 for Smartphone ini, karena Microsoft hanya baru meluncurkannya pada beberapa device saja. untuk melihat device apa saja yang dapat mensupport Windows 10 saat ini, kalian dapat memasuki halaman ini.

Hal-hal yang harus dilakukan sebelum melakukan upgrade ke Windows 10 For Smartphone

  1. Pastikan smartphone kamu telah disupport, untuk mengetahuinya kalian dapat melihat pada halaman ini.
  2. Sebelum mendownload ataupun mengupgrade sangat disarankan untuk membackup seluruh data yang ada pada smartphone, baik gambar maupun file dokumen office.
  3. Sistem operasi ini hanya digunakan untuk percobaan dan kepentingan pengembangan, jika kamu bukan seorang developer ataupun geek sebaiknya jangan menginstall Windows 10 for Smartphone.
  4. Tidak ada jaminan garansi atas penggunaan sistem operasi ini, maka dari itu backup harus dilakukan sebelum mendownload Windows 10 For Smartphone.

Cara mendownload Windows 10 For Smartphone ?

Dalam mendownload Windows 10 For Smartphone. Microsoft telah memberikan dua kategori yang pertama merupakan Technical Preview khusus untuk anggota insider yang terdaftar, sedangkan yang lain Developer Preview ditujukan kepada para developer dan mewajibkan kamu untuk memilih salah satu opsi yang ada pada halaman ini.

Perbedaan Technical Preview dengan Developer Preview sangat jelas karena kegunaan dari Developer Preview adalah untuk pengembangan aplikasi, sedangkan Technical Preview di fokuskn untuk lingkungan sistem operasi.

Cara mendownloadnya pun cukup mudah diantaranya :

  1. Mempersiapkan konektivitas Wi-Fi
  2. Mendownload aplikasi Windows Insider
  3. Instalasi akan berjalan otomatis jika proses download telah selesai

Video Review

Windows Central beberapa waktu ini juga sudah menyediakan Video Review Windows 10 For Smartphone pada Nokua Lumia 830 dan telah diupload ke youtube.

[youtube https://www.youtube.com/watch?v=gwNAGnaw1nQ]