Bagi kalian pengguna Microsoft Lumia 535 yang mungkin agak diganggu oleh salah satu masalah yaitu sensitivitas layar tidak responsive yang menyebabkan terjadinya salah sentuh ataupun tidak mau merespawn apa yang akan kita sentuh.

Microsoft sudah mengkonfirmasi adanya kerusakan pada layar dan ini adalah murni dari kesalahan OS, maka minggu lalu Microsoft mengeluarkan rolling update pada lumia 535 di seluruh wilayah yang ada di asia pasific termasuk Indonesia.

Namun tidak semua pengguna dapat menikmati update baik karena tidak bisa melakukan update karena kendala ukuran file yang sangat besar hingga dibutuhkan koneksi wifi, ada juga yang sudah melakukan update akan tetapi terjadi kerusakan yang lebih parah lagi dari yang sebelumnya, dan ada juga yang berjalan dengan lancar namun kerusakan sensivitas pada layar belum teratasi.

Kali ini saya akan memberikan sedikit tips bagaimana cara mengurangi kerusakan sensitivitas pada layar Lumia 535 dan ini dapat digunakan pada saat kalian menunggu update terbaru yang mungkin lebih banyak perbaikannya daripada update pertama kali.

1. Nonaktifkan pembesar konten web otomatis.

Menonaktifkan pembesar konten web juga akan membantu kalian saat terjadi masalah pada sensitivitas layar, ini hanya berguna saat kalian membuka halaman website pada Internet Explore selebihnya kalian dapat melakukan zoom dengan cara manual yaitu multi touch. Kalian dapat menonaktifkannya pada pengaturan kemudahan akses atau ease of access lalu cari izinkan perbesar / perkecil di semua konten web.

2. Gunakan aksesoris resmi Microsoft

Menggunakan aksesoris smartphone yang bukan dari Microsoft juga mempengaruhi sensitivitas layar meskipun itu tidak kita sadari bahwa itu sedang terjadi, mungkin kalian dapat menganggap ini adalah hal yang tidak masuk akal karena sambungan yang ada diaksesoris sama dengan di smartphone tetapi ini dapat menyelamatkan smartphone kalian dari kerusakan yang tidak diinginkan.

3. Pastikan layar bersih dari apa saja

Terkena cipratan air ataupun terkena debu juga membuat layar Lumia 535 ini menjadi sangat tidak responsive, bahkan tingkat kesalahan respawn pada lumia 535 makin meningkat. jadi jika kalian ingin tidak ingin diganggu dengan masalah ini sebaiknya sering-sering membersihkan layarnya meskipun tidak ada debu sekalipun.

4. Gunakan AntiGlare jika diperlukan

Beda cerita untuk pengguna yang tangannya sering kotor ataupun sering digunakan diluar ruangan, layar bersih akan menjadi mitos jika digunakan dengan tangan yang tidak bersih ataupun basah. jika kalian sering mengalami itu gunakan AntiGlare yang memiliki kualitas yang bagus dan pastinya tidak abal-abal, pemasangan AntiGlare tidak boleh dilakukan oleh orang yang masih awam atau tidak mengerti tentang cara pemasangannya jadi pasang oleh orang yang sudah mengerti tentang produknya.

Catatan !

Mohon diingat artikel ini hanya membantu kalian untuk mengurangi kerusakan sensitivitas layar pada lumia 535, jadi jika kalian mengalami masalah yang tidak bisa diatasi dengan empat poin diatas atau malah lebih parah lagi kalian bisa mengklaim garansi yang kalian punya di galeri Nokia ataupun ditempat kalian pertama kali membeli Microsoft Lumia 535 dengan memberikan bukti pembelian dan kartu garansi.