Introduction

Tahun mulai berganti, hampa rasanya jika tahun baru kita malah menggunakan semangat yang sama di tahun lalu apalagi untuk masalah barang yang sudah mulai ketinggalan jaman dan wajib diganti pada tahun ini. pada tahun lalu saya sempat mengikuti event Harbolnas yang memang itu diskon yang memang ada, namun pada sisi lain ada juga pedagang nakal yang tega memasang diskon palsu hingga 90% namun harganya bisa lebih mahal dari aslinya.

Memang tidak disangka kalau ternyata pada event Harbolnas banyak yang menggunakan cara nakal ini untuk menipu para pembelinya, bahkan tak jarang banyak yang terjebak karena sudah terlanjur membeli.

[caption id="attachment_4186" align="alignnone" width="640"]diskon-palsu-2 Ilustrasi Diskon Palsu di Lazada[/caption]

Pada tahun ini saya kembali mendapati diskon palsu yang marak di situs e-Commerce terbesar di Indonesia yang sering kita kenal dengan nama Lazada. tragedi ini saya temukan pada saat saya ingin membeli Acer Liquid M220 yang memang dikenal dengan HP Windows Phone murah, tak disangka harga Acer Liquid M220 yang seharga kisaran 700 - 800rb ini dijual dengan harga normal satu juta keatas dan diskon 19% keatas dengan harga yang akan didapat yaitu kisaran 780rb.

Untuk menghindar dari diskon palsu yang mulai marak di situs e-Commerce. kali ini saya akan memberikan sedikit tips untuk kalian yang hobbi belanja disaat tahun baru tiba dan mencari diskon yang memang benar - benar harganya dipotong dari harga aslinya, agar pada saat kalian membeli anda tidak perlu khawatir dan merasa percaya diri saat menjawab berapa harga barang yang kamu beli.

Ketahuilah harga dipasaran !

diskon-bodong-2

Satu hal yang paling penting disaat kamu ingin membeli barang di situs e-Commerce adalah ketahuilah harga barang yang akan kamu beli, apapun itu mulai dari Smartphone, Tablet, PC Rakitan, VGA Card, sampai Voucher Isi Ulang Pulsa kamu harus ketahui karena jika kamu tidak mengetahui maka kamu akan menyesal dikemudian hari.

Harga barang pasaran merupakan harga barang yang sudah pasti ditawarkan dan tidak bisa lebih mahal atau lebih murah dari harga tersebut, jika kamu mendapati harga yang murah pastikan selisihnya hanya sedikit ya mungkin 10rb - 200rb aja. tapi gimana kalau selisihnya satu juta lebih murah atau satu juta lebih mahal dari harga aslinya, mungkin ini patut untuk dipertanyakan !.

Banyak sekali puluhan brand produk yang mulai mematok harga pasaran sampai berani menjual online di situsnya sendiri karena takut terjadi perbedaan harga meskipun selisihnya hanya sedikit, tapi ya harga pasaran memang sulit untuk ditebak jadi cobalah untuk mengetahui harga pasarannya atau rata - rata berapa harga barang ini dijual di pasaran agar kamu bisa memutuskan bahwa diskon ini asli atau palsu ?.

Ketahuilah barang jenis apa yang dijual !

diskon-bodong-1

Dalam memberikan diskon apalagi diskon sampai 90% pasti ada saja tipe - tipe barang yang dijual, di situs e-Commerce diskon akan diberikan jika barang tersebut adalah barang pre-order, barang Clearance (Cuci Gudang), promo event hari besar, sampai spesial ulang tahun.

Jika anda membeli barang yang seperti itu sudah dipastikan kamu akan mendapatkan diskon yang sangat besar dan tidak mungkin sama dengan harga pertama kali dijual ke publik, namun barang - barang seperti ini juga memiliki kelemahan yang sangat luar biasa mulai dari tidak adanya garansi pada produk - produk tertentu, barang akan dikirim pada saat tertentu (Pre-Order), dan syarat - syarat lainnya yang harus kamu penuhi.

Jika kamu membeli barang diskon pastikan barang - barang tersebut sudah termasuk pada kategori tersebut, karena jika tidak kamu hanya diberikan harga pasaran yang sudah berlaku di daerah kamu sehingga jika ada teman kamu bertanya soal harga dan harganya sama dengan harga di toko sebelah maka teman kamu akan menjawab "Mending beli di sebelah, harganya sama barangnya langsung dapat".

Jangan lewatkan feedback atau review dari suatu produk

diskon-bodong-3

Terakhir yang merupakan poin terpenting sekaligus penutup dari artikel ini adalah jangan sekali - kali untuk menghiraukan feedback atau review yang telah dikirimkan oleh si pembeli yang sudah membeli barang di salah satu pedagang, feedback atau review merupakan salah satu pesan yang dikirimkan dari si pembeli untuk pedagang yang sudah berhasil melakukan transaksi berdasarkan proses yang benar :D.

Saat barang telah diterima oleh pembeli atau konsumen, mereka akan membukanya dan mulai mencoba apakah barangnya sudah sesuai dengan harapan atau malah tidak sesuai dengan harapan. ini akan sangat terlihat pada bagian feedback atau review karena pedagang yang sukses berawal dari feedback atau review yang positif.

Nah bagi kamu yang ingin membeli barang diskon tapi ragu dengan kualitasnya, coba cek feedback atau review dari orang yang sudah membeli barangnya. jika tidak terdapat feedback atau review yang positif sudah bisa dipastikan orang tersebut sangat puas, namun jika tidak maka penjual tersebut sudah gagal menjual produknya dan penjual tersebut harus memperbaiki pelayanannya.