Dunia website selalu khususnya blog tidak pernah putus dengan yang namanya menulis artikel ataupun konten, ya menulis artikel itu adalah salah satu hal yang positif untuk melatih kita untuk membuat sebuah cerita berdasarkan fakta yang ada di sekitar kita atau bersifat fiktif (tidak nyata) berdasarkan imajinasi kita untuk membuat sebuah konten.

Membuat artikel dalam sebuah situs web atau khususnya blog adalah salah satu kegiatan yang gampang - gampang susah, karena hal ini lebih susah dilakukan daripada olahraga. Ya karena membuat artikel itu lebih susah karena kita harus mengetahui apakah artikel yang kita buat itu bisa diterima oleh publik atau tidak, berbeda dengan olahraga meskipun dia tidak bisa olahraga berat tapi hasilnya pasti tetap sama yaitu akan membuat badan kita sehat.

Jika anda sebuah penulis dalam sebuah situs megazine terbesar di Indonesia, mungkin saja kamu akan mengalami hal - hal ini saat pertama kali mencoba untuk menulis artikel yang bermanfaat dalam jumlah yang tidak sedikit.

Bingung mencari tema

Ya tantangan pertama dalam kasus ini adalah, mencari tema sebuah artikel. ya mencari tema itu susahnya luar biasa jika kita tidak membaca referensi dari berbagai situs yang ada di mesin pencari. Dalam pelajaran Bahasa Indonesia, Tema bisa dibilang sebagai salah satu ruang lingkup dalam suatu pokok bahasan yang biasa kita sebut sebagai judul.

Tema itu bervariasi dari dongeng, lingkungan sekitar, informasi teknologi, dan lain sebagainya. sehingga jika kita mengetahui temanya maka kita hanya cukup mencari judul atau suatu pokok yang akan dibahas pada sebuah artikel,

Memang menentukan sebuah tema itu susahnya luar biasa daripada menentukan sebuah judul, namun tema ini bisa kita gunakan sebagai acuan dalam website yang memiliki gayanya tersendiri. seperti contohnya situs kompas yang menghadirkan berita dari mana saja atau yang lebih kompleks seperti winpoin situs yang membahas mengenai teknologi informasi.

Kebingungan dalam menentukan kalimat

Kualitas sebuah artikel akan dinilai dari baris kalimat yang digunakan oleh si penulis, semakin baik kalimat yang dia buat maka semakin berkualitasnya artikel yang telah dia buat. tak jarang banyak penulis pemula yang mungkin tidak menghiraukan hal ini dan tidak mau tahu masalah ini, kenapa ?. karena menentukan sebuah kalimat yang pas dalam sebuah artikel itu susah, ya susah tidak seperti mendesain website.

Namun setelah terbiasa menulis artikel pada sebuah laman, mungkin kamu sudah mulai lancar dalam menentukan kalimat bahkan tidak tanggung - tanggung kamu bisa menjadi penulis yang professional dalam hal ini.

Akan tetapi menentukan kalimat yang tepat dalam sebuah artikel tidak akan memberikan sebuah jaminan apakah artikel itu berkualitas atau tidak, karena kalimat adalah faktor pendukung untuk kita agar bisa menjelaskan apa yang sedang dibahas pada artikel tersebut. pastikan kamu tidak salah dalam menentukannya, karena jika salah sedikit mungkin artinya sudah berbeda dari apa yang kamu pikirkan.

Cenderung terburu - buru dalam membuatnya

Mengatasi orang yang marah - marah memang hal yang tidak mudah, apalagi itu hal tersebut berkaitan dengan kata 'sabar'. bagi mereka yang baru pertama kali menulis artikel dalam website atau blognya, salah satu misi yang pasti dilakukan termasuk saya sendiri adalah membuat konten atau artikel sebanyak - banyaknya.

Ya ini adalah cara terburuk yang pernah saya lakukan atau kamu lakukan, terburu - buru dalam membuat sebuah artikel itu juga tidak baik, apalagi itu dalam jumlah yang tidak sedikit. contoh anda ingin membuat sebuah 5 artikel dalam satu hari, namun kalian tidak memiliki waktu yang banyak untuk melakukan hal itu. maka anda akan memutuskan untuk ngebut pada hari itu, padahal masih ada banyak hari untuk membuat sebuah artikel.

Jika data atau sumber dari artikel tersebut sudah ada dan itu didapatkan dari hasil riset, itu bukanlah sebuah masalah karena membuat artikel seperti itu adalah hal yang sangat wajar. tapi bagaimana jika yang lain, itu mungkin menjadi sebuah masalah bagi diri kamu.

Cobalah untuk besabar dalam membuat sebuah artikel, cek kembali apakah ada yang salah dalam artikel yang kamu buat. jika dirasa sudah pas, publikasikan dan coba cari referensi lagi di mesin pencari jika ingin membuat artikel baru.