Dijaman serba modern ini kalian dapat melakukan sesuatu yang instan tanpa capek yang berlebihan untuk mendapatkan sesuatu, salah satu contohnya adalah Belanja Online atau biasa disebut oleh Online Shopping atau Ol Shop.

Dengan berbelanja online kalian tidak perlu lagi ngantri lama - lama di toko untuk mendapatkan barang yang baru dirilis, bukan hanya itu saja kalian bisa mendapatkan harga yang jauh lebih murah dari harga di toko - toko fisik di sekitar rumah kalian.

Tapi terkadang sayapun bingung dengan beberapa orang yang mengatakan bahwa belanja online itu jelek atau bahasa kerennya lebih menyeramkan daripada beli ke toko yang sudah ada tempat dan barangnya serta bisa dicoba sebelum membeli. Memang berbelanja online itu ibarat kita membeli tiket pertunjukan teater yang tidak kita ketahui apa jalan ceritanya, tapi kadang kala berbelanja online itu juga bisa dijadikan jalan utama untuk mendapatkan barang yang tidak ada di sekitar lingkungan kita.

Sebagai contoh yaitu seperti produk smartphone yang baru keluar yaitu Infinix Hot 2 yang merupakan brand Android One, produk ini masih langka dicari karena memang saya pun tidak kebagian meskipun itu sudah membeli secara online. tapi memang berbelanja online tidak perlu dilakukan jika memang terdapat barang yang serupa dijual di sekitar lingkungan kamu dengan harga yang tidak jauh berbeda.

dan pada akhirnya kita akan bertanya kenapa sih emak gue takut beli di online shop ?, kan barangnya baru terus sudah pasti barang itu sampai jika kita lebih teliti dalam membeli.

Maraknya penipuan

Online Shop selalu dibayangi dengan tindakan penipuan yang selalu saja hadir di tengah - tengah transaksi online shop, baik itu dari situs yang sudah dipercaya sampai situs yang tidak dipercaya sama sekali.

Tapi tahukah kamu, kalau kasus penipuan di Indonesia berkedok online shopping ini masih terjadi setiap harinya bahkan mirisnya lagi pihak berwajib seperti tutup mulut dan tidak mau ikut campur dalam masalah yang sudah merajalela di Indonesia.

Dengan alasan ini banyak orang sekitar kita takut untuk berbelanja online, mereka memilih untuk membeli dari toko fisik daripada toko online. memang hal ini bagus namun pelaku penipuan membuat seluruh toko online shop akan menjadi kesepian pelanggan jika kasus ini terus bertambah sampai angka tertinggi.

Salah Kirim Pesanan (Pesan A tapi dapat B)

Bagi pedagang online ini adalah masalah yang serius dan jarang terjadi, bahkan dalam sebuah situs online pedagang diwajibkan untuk memeriksa apakah pesanan tersebut sudah benar atau belum dan ini memang sudah dilakukan oleh seluruh pedagang online yang ada di Indonesia.

Namun semua itu berubah setelah salah satu situs online shop menyerang yang tidak lain adalah beli iPhone dapat Sabun, iya beli iPhone dapat sabun bukan beli iPhone dapat cabe - cabean. kasus ini menjadi perdebatan paling hot pada saat itu bahkan banyak spekulasi yang berkembang sehingga dijadikan bahan guyonan.

Tidak diketahui kenapa hal ini bisa terjadi, pihak dari situs online tersebut sudah mau bertanggung jawab atas kasus telah terjadi pada saat itu. tapi kasus ini membuat seluruh rakyat kita menjadi sangat ketakutan dalam membeli barang di situs online shop, karena nanti barang yang dikirim tidak sesuai dengan pesanannya.

Pengiriman barangnya lama

Salah satu alasan yang tidak ada kaitannya dengan si pemilik online shop adalah pengiriman barangnya sangat lama bahkan bisa sampai berbulan - bulan, ini sudah pasti bukan salah dari online shop melainkan dari kurir yang digunakan untuk mengirim barang tersebut.

Ya ini karena kurir bukan karena saya, belum lagi jika barang tersebut dikirim dari luar negeri bisa anda bayangkan lamanya barang anda disimpan di BEA CUKAI dan tidak diurus dengan baik oleh pegawainya.

Jadi jika kamu membeli barang dari toko online lebih baik gunakan kurir dengan jasa pengiriman yang cepat, apalagi barang tersebut kamu pakai keesokan harinya.

Barang bekas atau barang baru ?

Broo aku beli hp di l****a itu barang bekas atau barang baru ya ?, ya ini adalah pertanyaan paling sering ditanyakan oleh orang yang tidak begitu mengenal situs toko online yang beroperasi di Indonesia. percaya atau tidak emak saya juga pernah mengklaim bahwa barang dibeli dari toko online adalah bekas semua padahal barang baru juga ada kok di toko online.

Disini ketelitian anda akan diuji dalam membaca sebuah deskripsi sebuah item yang dijual, dimana didalam deskripsi tersebut terdapat informasi barang yang menunjukkan bahwa barang tersebut barang bekas atau barang baru. ada juga toko online yang tidak menjual barang bekas jadi pastikan apakah kamu sudah membeli barang di toko online yang tepat atau belum ?.

Kesimpulan

Di akhir artikel saya ingin menyimpulkan bahwa tidak semua toko online itu bagus dan jelek, pasti ada saja yang berusaha untuk nakal. tapi harap di ingat seluruh poin yang saya jelaskan itu tidak akan terjadi jika kamu teliti dalam membeli barang di toko online, jadi harap teliti kalau membeli barang di toko online.