Hampir seluruh aktivitas yang ada di dunia ini sudah berhubungan dengan yang namanya layanan Internet, bukan untuk berfungsi sebagai tempat interaksi antar pengguna atau media hiburan seperti video dan musik tapi juga sudah berfungsi untuk pekerjaan kantoran seperti penggunaan Office 365 maupun fasilitas Video Call.

Akan tetapi banyak juga orang yang masih belum bisa menyetarakan kecepatan internet yang didapat dari pembelian paket internet dan kebutuhan, belum lagi hardware juga mempengaruhi batas maksimal kecepatan internet.

Jika saja banyak orang yang bisa menyetarakan kecepatan internet yang diperoleh dari pembelian paket internet dan penggunaan sehari-hari, maka tidak akan ada pelanggan yang akan mengeluh kecuali terdapat oknum tidak bertanggung jawab yang mengiming - imingkan bahwa paket internet yang sebenarnya kelas bawah diklaim sebagai kelas atas.

Agar para pengguna tidak ingin ditipu lagi tentang variasinya paket internet berdasarkan kecepatan internet yang didapat, kali ini saya akan memberikan sedikit tips yang mungkin bisa jadi bahan referensi untuk membeli sebuah paket internet. disini saya akan menjadi 3 tips berdasarkan rentang kecepatan internetnya jadi jika ada pertanyaan bisa langsung ditanyakan pada form yang telah disediakan.

512 Kbps - 1 Mbps

Rentang kecepatan paket internet antara 512 Kbps sampai 1 Mbps hanya dapat digunakan untuk penggunaan normal ataupun rumahan, mengakses elemen multimedia seperti video mungkin akan menjadi sedikit masalah pada pengguna yang memilih paket internet dengan kecepatan 512 Kbps.

Meskipun begitu penggunaan internet dengan rentang kecepatan 512 Kbps sampai 1 Mbps hanya dapat digunakan untuk browsing, streaming audio, bahkan chatting. menjalankan game online pada kecepatan 512 Kbps memang masih bisa dilakukan tapi perbedaan itu akan jelas terlihat jika kalian menggunakan paket internet pada kecepatan 1 Mbps.

Untuk budget paket internet ini sangat bervariasi bahkan lebih murah dari yang lain, rata - rata layanan internet dengan rentang kecepatan 512 Kbps sampai 1 Mbps ini dapat dikenakan harga sekitar Rp. 50.000 sampai Rp. 200.00 itu juga tergantung dari ISPnya apakah paket tersebut bersifat shared (dibagi) atau dedicated (sendiri).

Kelebihan :

  1. Harga terjangkau
  2. Cocok untuk pengguna rumahan

Kekurangan :

  1. Sedikit lambat ketika mengakses video
  2. Tidak cocok untuk kegiatan download / upload

2 Mbps

Kecepatan internet 2 Mbps mungkin bisa dibilang paket yang cocok untuk pengguna rumahan yang sering melakukan kegiatan streaming di youtube ataupun pekerja kantoran yang senang berurusan dengan penyelesaikan project seperti pengiriman file dokumen atau file project tertentu.

Disamping itu jika kalian memainkan sebuah game online maka performanya akan sangat terasa dan sudah pasti akan jarang menemui kasus lag kecuali memang server dari gamenya yang sedang bermasalah.

Rentang biaya yang kalian mungkin keluarkan pada kecepatan internet 2 Mbps ini sekitar Rp. 250.000 sampai Rp. 600.000 itu juga tergantung dari ISPnya apakah paket tersebut bersifat shared (dibagi) atau dedicated (sendiri). Jika kalian ingin membangun bisnis warnet kecil-kecilan yang tidak begitu banyak PCnya maka ini adalah pilihan yang tepat namun paket tersebut harus bersifat dedicated.

Kelebihan :

  1. Kecepatan internet yang relatif stabil
  2. Sudah dapat mengakses berbagai elemen dengan cepat
  3. Harga tidak begitu mahal

Kekurangan

  • Tergantung dari kebutuhan pengguna dan paket apa yang diambil oleh pengguna.

3 Mbps keatas

Kecepatan 3 Mbps keatas adalah kecepatan internet yang sudah terlalu mewah untuk pengguna rumahan bahkan bisa saya katakan kecepatan internet ini tidak begitu cocok oleh pengguna rumahan karena cukup membuang - buang sisa bandwith jika paket ini diambil.

Kecepatan 3 Mbps keatas ini sangat cocok diambil oleh para pemilik website yang setiap hari melakukan update terhadap websitenya baik dari konten teks maupun multimedia, bahkan ini sangat cocok digunakan pada orang yang sedang berbisnis dalam bidang cloud.

3 Mbps bukanlah kecepatan internet yang bagus untuk pemilik server besar namun jika sudah lebih misalkan 10 Mbps maka server tersebut mungkin sudah dibilang berhasil menciptakan jaringan meskipun masih juga sulit untuk diakses.

Biaya menggunakan kecepatan internet diatas 3 Mbps itu lebih mahal dari 2 paket diatas, bahkan harganya pun bisa berpuluh - puluhan juta jika kalian serius bergelut di usaha ini.

Kelebihan :

  1. Cocok untuk pengusaha berbasis cloud
  2. Dapat mendownload / upload dengan lancar.
  3. No more lag 

Kekurangan :

  1. Biaya sangat mahal
  2. Spesifikasi hardware yang dibutuhkan cukup tinggi

Bagaimana apakah artikel ini sudah bisa menjadi sumber referensi untuk kalian ?