Di setiap komputer yang ada di seluruh dunia baik di perkantoran maupun di rumah pasti kalian tidak asing lagi dengan yang namanya sistem operasi dan software, namun sangat disayangkan masyarakat kita tidak mau lagi berurusan dengan license yang menunjukkan bahwa software atau sistem operasi yang kita gunakan asli atau tidak.

Ini mencerminkan bahwa para pengguna tidak begitu menghawatirkan keamanan yang ada di PC serta banyaknya virus yang mungkin tidak terlihat dan terselip di software atau sistem operasi berbayar yang didapatkan secara gratis di internet.

PC Kita akan diawasi oleh orang yang tidak bertanggung jawab

Dengan kita menggunakan Software atau Sistem Operasi bajakan maka kemungkinan kita akan diawasi oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab akan mengintai, ini memang tidak bisa dideteksi oleh anti virus biasa dan ini akan dirasakan jika terdapat salah satu data informasi yang raib bahkan hilang.

Namun hal ini tidak akan terjadi jika PC tersebut tidak terkoneksi dengan Internet, meskipun begitu kita pasti akan banyak berususan dengan Internet bahkan tidak menyadari hal ini akan terjadi.

Virus akan berdatangan dengan kompak

Hal terburuk yang memungkinkan untuk terjadi adalah Virus Komputer. Virus Komputer memiliki banyak bentuknya seperti dalam bentuk aplikasi, crack, iklan, bahkan lainnya yang mungkin pengguna tidak mengetahuinya. jika virus ini tidak segera ditangani dengan baik maka setiap kali ada kesempatan virus untuk berkembang dalam sistem komputer, maka pada saat itulah komputer akan menjadi tambah rusak bahkan file-file yang pentingpun bisa dirusak olehnya.

Anti Virus bukan obat paling ampuh dalam mengatasi virus yang sudah mulai ganas, apalagi antivirus tersebut juga bajakan. maka jangan berharap akan ada yang melindungi sistem komputer kalian dari serangan virus yang ganas selain mengubah kebiasaan buruk tersebut.

Tidak diakui sebagai pelanggan oleh pemilik software

Pemilik software bajakan secara langsung tidak diakui oleh pemilik software sebagai pelanggan yang terdaftar baik dalam bentuk langganan pertahun maupun keanggotan permanen, hal ini pasti terjadi karena pemilik software tersebut memperoleh softwarenya dari salah satu sumber yang tidak bertanggung jawab.

Kemungkinan besar jika kalian tidak diakui sebagai pelanggan diantara lain yaitu :

  1. Tidak akan mendapat pembaruan versi
  2. Tidak ada pembaruan sekuriti yang akan dirilis oleh pemilik software
  3. Tidak mendapat support atau bantuan dari pemilik software
  4. Dapat diblokir oleh pemilik software
  5. Dan masih banyak lagi

Jika kalian tidak berusaha menggunakan Software atau Sistem operasi yang asli maka kalian harus bersiap-siap untuk 3 kemungkinan yang akan terjadi dan ingat pembajakan adalah salah satu cara kotor yang dilakukan untuk pihak perusahaan atau salah satu usaha, hal ini masih sah-sah saja dilakukan oleh pengguna rumahan namun bahaya tersebut mungkin akan mengintai seiring dengan perkembangan jaman yang sangat cepat dan tidak ada habisnya.