Tak terasa sudah 4 bulan sejak perilisan Windows Technical Preview atau bisa juga disebut Windows versi beta dari Windows 10 maupun versi terbaru yang ingin dikeluarkan oleh Microsoft telah berjalan dengan mulus, hal ini bisa dilihat dari jumlah penggunanya yang meledak melalui data trafik yang di informasikan oleh Microsoft sendiri.

Angka 1 juta pengunduh bisa menjadi pacuan terhadap berapa orang yang telah menginstall Windows 10 ini. dengan teraihnya rekor pengguna terbesar untuk versi percobaan ini, mungkin Microsoft diharuskan untuk merilis Windows 10 yang sesuai dengan harapan seluruh penggunanya.

Namun dari beberapa pengguna yang menggunakan Windows Technical Preview, ada yang masih belum paham tentang tujuannya dirilis Windows Technical Preview. sehingga sistem operasi percobaan ini secara tidak sengaja menjadi sistem operasi utama untuk penggunaan sehari-hari, meskipun Microsoft sudah memperingati tentang tujuan dari dibuatnya Windows Technical Preview.

Mungkin para pengguna Windows Technical Preview hendaknya harus mengetahui hal ini untuk berjaga-jaga jika Windows Technical Preview yang digunakannya sedang crash maupun error

Microsoft tidak memberikan garansi untuk Windows Technical Preview

Hal pertama yang harus diperhatikan yaitu Microsoft tidak bisa secara langsung maupun tidak langsung untuk memberikan garansi untuk Windows Technical Preview, ini dikarenakan Windows Technical Preview merupakan sistem operasi yang dibuat dengan tujuan percobaan.

Berbeda dengan versi pendahulunya yang telah memasuki versi RTM (Release To Manufacturing) dan Retail. Windows versi ini datang dengan fitur yang masih dalam tahap pengembangan, jadi jika terjadi kesalahan atau kerusakan pada salah satu fiturnya maka kalian harus memakluminya karena Windows Technical Preview adalah Windows versi percobaan.

Tidak semua aplikasi berjalan lancar

Tidak semua aplikasi baik berupa aplikasi perkantoran seperti Microsoft Office maupun aplikasi browsing seperti Google Chrome yang berjalan lancar pada sistem operasi ini. Aplikasi yang berjalan pada Windows 8x pasti ada saja yang tidak dapat berjalan pada Windows Technical Preview, meskipun dapat berjalan namun proses dari aplikasi tersebut mungkin saja tidak dapat berjalan dengan mulus seperti dipasang pada Windows 8x.

Maka tugas untuk para pengguna Windows Technical Preview adalah selalu sabar untuk menunggu versi final dari Windows 10 dirilis dan tidak lupa juga untuk developer aplikasi untuk segera melakukan pembaruan terhadap aplikasinya lewat Windows Technical Preview.

Windows Technical Preview harus selalu update

Karena Microsoft tidak memberikan garansi dan Tidak semua aplikasi berjalan dengan lancar maka hal-hal yang harus diperhatikan saat menggunakan Windows Technical Preview adalah harus selalu mengupdate file systemnya lewat Windows Update.

Memang hal ini sering dianggap sepele oleh para penggunanya namun perlu kalian ketahui Windows Technical Preview atau Windows versi percobaan dapat melakukan update dengan cepat dari Windows yang sudah menginjak versi RTM maupun Retail. hal ini dapat terjadi karena banyaknya laporan pengguna dari Windows Technical Preview yang merasakan adanya kerusakan atau kesalahan, lalu respon tersebut mungkin akan diterima oleh Microsoft dan pada akhirnya datang semua pemberitahuan update yang mengharuskan penggunanya untuk melakukan update.

Tidak ditujukan kepada penggunaan sehari-hari

Hal terakhir yang menjadi poin utama dari ketiga poin diatas adalah penggunaan Windows Technical Preview tidak ditujukan kepada pengguna rumahan atau penggunaan PC/Laptop/Smartphone untuk kegiatan sehari-hari. Windows Technical Preview hanya ditujuan kepada developer ataupun para geek yang selalu mencari apa letak kesalahan dari sistem operasi ini lalu hasilnya akan dikirimkan kepada Microsoft.

Windows Technical Preview juga dapat digunakan pada pengguna yang hanya sekedar atau hanya ingin mencoba sebentar ataupun sebagai bahan review. biasanya pengguna ini akan menggunakan sistem Dual Boot untuk menjalankan Windows Technical Preview agar Windows 8x atau Windows 7 tidak terhapus karena Windows Technical Preview, dan ada juga yang menginstall Windows Technical Preview pada software Virtual seperti VMWare maupun VirtualMachine.

Artikel ini dibuat berdasarkan hasil pengamatan yang ditelusuri dari situs komunitas berbasis forum maupun blog dan grup facebook.